Tips Cara Simple Rawat Motormu

image

Macantua.com – Punya motor memang sangat membantu mobilitas sehari hari. Tapi jangan SALJU alias “asal maju” juga dong…. Kita wajib buat jaga kondisinya akan bisa dipacu buat cari uang, antar ngampus atau sekedar main keliling kota. Nah ane mau kasih tips simple buat rawat kuda besimu….

Cek kondisi oli

Oli mesin memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk melumasi berbagai komponen mesin mulai dari piston, camshaft, ring piston hingga gear gear kecil dalam mesin. Check kondisi oli secara berkala dan pastikan bahwa oli tidak berwarna kehitaman. Jika warna oli sudah kehitaman dan kekentalannya sudah berkurang, sebaiknya segera ganti oli. Atau simplenya sih hitung km pada odometer. Jiga sudah melampaui batas tempuh oli sebaiknya ganti. Kalau ane sekitar 1000km atau sekitar 1 bulan sekali wajib ganti oli.

Cek kondisi aki

Aki memang kadang sering terlupakan,.motor tiba tiba sulit distarter, klakson pun lurang lantang sampai nyala lampu meredup. Padahal caranya buat ngecheck aki gampang, cukup lihat batas maksimum dan minimun air aki dan pastikan bahwa kondisi aki ente tidak melewati batas-batas tersebut. Karena itu dapat mempercepat kerusakan pada sel aki, juga mengakibatkan kerusakan pada bagian lain.

Cek kondisi rantai

Buat yang pake motor berpenggerak rantai. Check kondisi rantai dan pastikan agar rantai motor ente tidak terlalu kencang karena dapat membuat rantai putus tiba-tiba, ataupun terlalu kendur karena dapat membuat rantai lepas dari roda gigi. Jika rantai sudah kering, gunakan chain lube atau lubrikasi lainnya seperti oli yang masih bagus.

Cek kondisi roda gigi (gear)

Meski ini sebenarnya bisa dikatakan berbarengan dengan pengecheckan sebelumnya sih. Pastikan kondisi roda gigi (gear) masih baik dan belum tajam. Ganti gear yang sudah mulai tajam karena dapat mengakibatkan rantai putus tiba-tiba saat dikendarai.

Cek kondisi busi

Busi, ini ibarat kata pecutan nya buat pembakaran. Kalau boleh ane bilang sebagai bagian yang sangat penting pada motor, kondisi busi harus Anda periksa secara berkala. Kalau ente sudah melalui jarak 12.000 km, sebaiknya ganti busi,nangan dilama lama daripada mogok di jalan.

Periksa kabel koil

Ini pasti jarang banget dilakuin bikers, ane pun jarang banget, tapi sempet jadi tamparan.ketas saat motor tiba tiba mati, eh ternyata kabel koil lepas dari cangklong busi. Cara ngechecknya padahal simple.
Cukup pastikan tidak ada retakan pada kabel koil yang menyambungkan listrik ke busi. Kalau menemukan retakan akibat sudah terlalu lama dipakai, sebaiknya ganti kabel koilnya sob….

Rawat filter udara

Setiap service dibengkel biasanya mekanik melakukan pembersihan bagian ini. Jika motor menggunakan menggunakan filter basah maka bersihkan dengan bensin dan oli, sedangkan untuk filter kering semprot dengan kompresor sudah cukup.

Periksa selang bensin

Ini bahaya tapi sering terlupakan. Selang bensin yang sudah tidak lentur dan mulai mengeras dapat menyebabkan hambatan pada saluran bensin, jadi pastikan selang bensin pada motor masih lentur dan tidak ada retakan di titik-titik tertentu. Resikonya bisa bocor dan kebakaran.

Jangan terlalu lama memanaskan mesin

Kalau menurut buku manual setiap motor. Memanaskan mesin sebelum memakai motor bebek untuk waktu 2-5 menit saja. Hal ini dilakukan untuk menaikkan oli dan melumasi komponen mesin yang akan bekerja secara sempurna.

Periksa tekanan angin ban

Ini sudah ane bahas kemarin, tekanan angin pada ban mesti pas, tidak terlalu keras  dan tidak kurang juga karena dapat mengakibatkan ban cepat retak.

Periksa kondisi rem

Nah ini sudah pasti bagian yang harus di check. Baik rem depan maupun rem belakang. Periksa kondisi kanvasnya agar bisa menghentikan motormu dari kondisi bergerak.

Simple kan? Yah kalau dilakukan pengecheckan rutin dijamin ga bakalan bikin kaget dompet sob… ciao….

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, mesin, motor, perawatan, perbaikan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

37 Balasan ke Tips Cara Simple Rawat Motormu

  1. ardiantoyugo berkata:

    Saya sering banget cek oli… Agak ngowos kaya lokomotip…

    Wisata kebun teh Nglinggo, Kulon Progo: http://wp.me/p1eQhG-1o4

    Disukai oleh 1 orang

  2. Supono Wahyudi berkata:

    Saya sudah merasakan akibat tidak merawat motor
    Sudah dan masih rusak 😥

    Suka

  3. cek dompet. kade tinggaleun

    Suka

  4. dimensiontripper berkata:

    motormu cerminan dirimu

    Suka

  5. udin gambut berkata:

    nanya dong.. ane pake castrol, pas d tuangin warnanya kuning, pas d tap diwadah warnanya item, tp pas kececer d lantai tuh oli, warnane agak kehijauan…normal ga tuh? ane pake sinchan

    Suka

  6. mbah_anom berkata:

    Cek kondisi BPKB juga 😀
    apa masih layak jual atau enggak 😀

    Suka

  7. metomnulis berkata:

    Biker nya gk perlu dicek jg kang?

    Suka

  8. An_Syahri berkata:

    Juoosss… Sekarang ga pernah gituan mas.. Asal pancal aja..

    Suka

  9. ninja150ss berkata:

    Wah kl ane gnt oli gk liat odometer mang,,kabelnya tk cabut 😀 ,kl 1bln 1x gnt bs tekor deh 😆
    Aki,,1thn 1x cek&tambahin aer
    Pie jal? :mrgreen:

    Suka

  10. felitokia berkata:

    Oli: ga pake oli mobil mang? Cobain dech, bisa smp 2500km jthnya jd lebih murah!
    Busi: busi standar mah kasihan atuch smp 12000km mah, saya dulu pake plg mentok di 5000km, skrg pake iridium celah businya lbh awet! Tp kl pk premium sich bentar jg koit, wajib pertamax.
    Filter udara: yg dimaksud basah? Kl sama yg dengan yg saya maksud, ga bisa dibersihkan tp ganti antara 10000-15000km, entah yg after market.

    Suka

  11. wsc biolo berkata:

    kadang suka di sepelekan

    Suka

  12. SuRyA berkata:

    manesin mesin yang masih banyak salah kaprah. manesin harus berjam2 seperti dahulu kala

    http://otomags.com/index.php/2015/10/08/ada-apa-dengan-audi-r8-ini/

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.