Nyobain Tol Lampung : Bakauheuni-Terbanggi, Mudik Makin Cepat!!!




Macantua.com – Edisi bahas perjalanan mudik akhir tahun 2018 dimana tahun ini ane berkesempatan menikmati salah satu ruas jalan tol Lintas Sumatera yang sedang dalam proses pembangunan. Yup Tol Lampung yang terbentang dari Bakauheuni Lampung Selatan sampai ke Terbanggi Lampung Tengah. Bagaimana impresi melewati tol Lampung Bakauheuni-Terbanggi ini? Hayu ah kita bahas.

Jalan tol Lampung, Bakauheuni-Terbanggi merupakan jalan sepanjang 140km yang dibangun sebagai salah satu ruas dari total Tol Sumatera yang diprakarsai sejak 2012 lalu oleh menteri BUMN saat itu pak Dahlan Iskan dan diperkuat dengan Perpres tentang percepatan pembangunan jalan tol Sumatera 2014 lalu oleh pak SBY kemudian pembangunan dilakukan setelah melalui revisi perpres oleh pak Jokowi. Peresmian pembangunannya dimulai sejak April 2015 lalu sob (sumber wikipedia). Jadi sudah hampir 4 tahun pembangunan sampai akhirnya awal 2019 jalan tol ini sudah mulai bisa digunakan (untuk sementara gratis karena gerbang tol belum jadi semua).

Tol Lampung Bakauheuni-Terbanggi ini jalannya masih cor coran sob, jadi rasa bumpy terasa banget kaya tol Cipali. Kecepatan kendaraan di tol ini ane sarankan sih maximal di angka 80-100km per jam aja, lebih dari itu hembusan angin terasa banget dari sisi kanan kiri tol. Perbaikan dan pembangunan masih dilakukan sepanjang jalan so jangan ngebut ngebut, takutnya tiba tiba zonk di depan ada penyempitan karena pembangunan jalan bisa jadi kecelakaan. Karena menurut informasi yang ane dapat sudah beberapa kecelakaan terjadi di tol ini selama tol ini dibuka untuk umum. Mungkin terlena dengan kosongnya jalan jadi pada gaspol!

Dengan adanya tol Lampung Bakauheuni-Terbanggi ini perjalanan bisa dipersingkat. Lho sob. Sebelumnya Bakauheuni sampai ke Bandar Lampung harus ditempuh selama 2 jam lebih kini sejam juga sampe, sama hal nya dengan ke Terbanggi dari Bakauheuni. Hanya dengan waktu kurang dari 2 jam dari Bakauheuni (average speed 80kmph) kamu bisa keluar dari Terbanggi. Sehingga bisa mengurangi waktu tempuh sangat signifikan. Terutama yang punya tujuan ke daerah yang harus melewati kemacetan jalur Bakauheuni-Bandar Lampung dan Bandar Lampung-Terbanggi. Di perjalanan kemarin ane sekitar 2,5 jam sudah sampai ke Kotabumi dari Bakauheuni. Waktu yang sangat fantastis kalau mengingat biasanya ane harus menempuh perjalanan lebih dari 4 jam untuk sampai ke rumah.

Bicara soal tol, pasti pada nanya berapa sih tarif nya? Tarif tol Lampung Bakauheuni-Terbanggi sejatinya belum keluar. Ane kemarin melintas masih gratis sob. Tapi menurut informasi yang ane dapat sekilas nantinya akan dikasih banderol sekitar Rp.800 untuk setiap kilometernya. Tapi buat pastinya nanti kita tunggu aja tarif resminya ya sob. Lumayan buat menghemat waktu lho….. Nih ane sudah siapin sedikit cuplikan video youtube saat melintasi Tol Lampung Bakauheuni-Terbanggi. Semoga menambah informasi.

Ciao


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.