Yakin Knalpot Branded Sesuai Standar Kebisingan? Yang Standar Pabrikan Aja Engga!


image

Macantua.com – Masih ingat artikel yang kemarin membahas foto polisi yang sedang melakukan penghancuran knalpot racing? Masih ingat juga saat sang polisi di PM terdiam saat di tanya merk dan berapa desibel knalpot racing yang digunakan pada motor Kawasaki Ninja nya? Nah kini Pak Polisi memberikan jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Pak polisi menyebutkan merk knalpot yang digunakan adalah Yoshimura dengan standar tingkat kebisingan yang sudah sesuai aturan. Yakin? Ane sih engga….

image

Menurut aturan standar kebisingan untuk motor berkubikasi mesin di atas 175 cc adalah 83 desibel. Nah bagaimana kalau kita ukur saja knalpot standar masing masing. Bisa menggunakan aplikasi di HP android : Desibel Meter atau DB meter. Hasilnya pasti mencengangkan. Bahkan ane melakukan pengukuran di motor ane yang standar tingting hasilnya masih menyentuh diatas 90DB. Video menyusul ya sob….

Nah sekarang mau percaya? Ane sih engga nih ada buktinya…

image

knalpot racing gua yoshimura kevlar slip ori thailand 2013 tetep aja kemarin kena tilang, Ini knalpot saya saya beli 2,6jt gan tetep aja kena tilang, Sape saya prustasi pingin jual, Sape 2kali saya kena tilang

.

Merk yang sama digunakan oleh pak Polisi kan? Itu buktinya bro Neelid Kurniawan merasakan ditilang sampai 2 kali berturut turut saat menggunakan knalpot racing Yoshimura Kevlar ori Thailand. Jadi aturannya gimana sih yang benar? Ane kok malah bingung. Merk sama, masih ditilang juga. Apa alasannya karena yang satu lagi memakai seragam ya?

Advertisements
This entry was posted in berbagi, modifikasi, motor, opini pribadi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Yakin Knalpot Branded Sesuai Standar Kebisingan? Yang Standar Pabrikan Aja Engga!

  1. Pak petugas selalu benar. Titik! 🙁

  2. Ane pernah pakai knalpot brong standar pabrikan (bawaan asli motor) hampir ditilang. Setelah debat panjang akhirnya lolos juga. Hahaha…

    Polisi: kalau pakai knalpot brong di sirkuit aja mas.. Nggak boleh di jalan raya

    Ane: siapa yang pakai knalpot brong pak?

    Polisi: lha ini (sambil nunjuk)

    Ane: ini knalpot standar bawaan pabrik motor pak, knalpot asli

    Polisi: masa iya knalpot asli kayak gini? Ini berapa cc?

    Ane: 200 cc pak

    Polisi: Tiger berapa cc?

    Ane: 200 cc pak

    Polisi: Ninja berapa cc? (Kayak dosen ngasih quiz ke mahasiwa)

    Ane: ada 150, 250, 600, 650, 1.000 sampai 1.400 juga ada sih pak

    Polisi: terus kenceng mana suaranya sama ini?

    Ane: kenceng ini pak… saya akui suaranya kayak kaleng rombeng, tapi udah lolos uji tipe. Ini knalpot standar pabrik. Kalau nggak lolos uji tipe nggak mungkin keluar STNK sama plat.

    Polisi: memang ini motor apa?

    Ane: v**r pak…

    Nggak lama kemudian ada polisi lain yang deketin karena masalah ane nggak kelar-kelar. Terus tanya apa masalahnya. Si polisi pertama tadi bilang knalpot brong. Tapi polisi kedua ini yang nyelametin ane dari tilang. Hahaha

    Polisi 2: motor v**r memang suaranya begini. Ini knalpot asli pabrik. Saya juga punya baru beli sebulan lalu.

    Ane: (cuma senyum)

    Polisi: oh ternyata aslinya memang begini. Kalau memang standar ya udah lanjut mas perjalanannya. Hati-hati di jalan…

    Ane: zzzzzz…

    ———

    Kayaknya masalah knalpot standar atau tidak standar, bising atau nggak bising bakal masih jadi polemik selama belum ada pakem atau aturan yang jelas, termasuk alat pengukuran DB meter.

  3. Rocketroll says:

    Knalpot GL-Pro tuh yg saya kira ga bkln ada yg lolos klo polisi pake db meter ?

    Asli mang ZSL tembus 90 ? Berisik bgt dong ya.
    Pdhl klo saya di salib ama RR-mono knalpot’y halus, yg lebih terdengar raungan mesin’y.

  4. awal says:

    knalpot Satria F Karbu juga berisik banget.

    kok gak di tilang..?
    padahal berisiknya jelek bgt

  5. Rayyan says:

    Kw thailand kali. Akra emang bikin di thailand ya

  6. wisnu says:

    Lebih aman pake knalpot ori tapi bobokan kaya punya ane ,,,wes hewes hewes bablas motorre

  7. gsx_rider says:

    Biasa..sang jagian ngeles
    Lu mau urusan sama polisi nunjukin bukti apapun tetep dia berkelit..sistem pendidikan dan doktrinya jelas “aku selalu benar”
    Besok kl ditilang trus nunukkin bukti pasal sdh sesuai desibel ntar dikeluarin lg pasal asesoris tdk standar
    Kan awalnya si bobby itu juga nunjukkin pasalnya ke kita ttg “perlengkapan tdk standar” nah skrg saat dia dipojokin dia bilang “punya dia sesuai desibel”…coba aja tanyain lagi msh mau berkelit ga dia “kalo knalpotnya ditambahin jd 2 buah gimana pak apa itu masuk standat?” kan ninin dia knalpotnya kanan kiri tuh…ah anjing emang

  8. DNFmagz says:

    Sebaiknya masalah kenalpot ini di blowup terus biar aturannya diperjelas
    ?
    Oh iya, lampu jg, kan led pabrikan melebihi batas candela kan ?

  9. Klo nasiib ane apes gan,,,knalpot klo pelan suaranya enak ddenger tp pas ad razia msh aj kena krn bukan knalpot bawaan pabrik,ane ngels klo suaranya gk knceng msh aj nekat trs dgas smp mentok n alhasil tu polisi bilang nah ini suara knalpot im bising,,ane jawab gmn gk bising pak org motornya dgeber ama situ,,dy bilang gk ini knalpot emg bising,,alhasil hrs ngalah n tnp brkata2 udah salam tempel 50rebu lgsg ane minta sim ama stnk n cabut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *