Main Jet dan Pilot Jet, Fungsi dan Bedanya Apa sih????

ini nih penentu enak engganya tarikan serta boros dan iritnya mesin

ini nih penentu enak engganya tarikan serta boros dan iritnya mesin


macantua.com – KEmbali bahas motor jadul dan cara settingnya aja nih, kalau boleh dibilang motor sekarang sudah jarang yang pake karburator barunya, cuma buat yang masih suka bawa motor jadul, settingan karburator ini menjadi penentu bagaimana penyuplaian bahan bakar dan juga campuran udara ke ruang bakar agar pembakaran bisa sempurna. Efeknya sudah jelas dong mesin akan bekerja optimal kalo bahasanya Mbah Rider Tuek. Nah untuk melakukan penyettingan ini pasti akan ada ubahan pada ukuran Pilot Jet dan Main Jet dari bawaan pabrikannya.

Kita bahas satu persatu deh, kita mulai dari Pilot Jet. Pilot jet itu berfungsi mengalirkan bahan bakar dari mesin dalam posisi stasioner sampai rpm menengah. Tanda yang biasa muncul kalau Pilot Jet ga sesuai. Biasanya Saat gas dibuka, seperti ada jeda. Itu bisa jadi penanda, bahwa ukuran pilot jet masih kekecilan. Nah beda lagi kalau kebesaran ukuran pilot jetnya biasanya karbu akan ngeluarin suara kaya yang ngorok atau berdesis seperti motor tanpa filter alias saringan udara.

Setelah kita tau Pilot jet mulai fungsi dan ngecek gejala ketidak sesuaiannya sekarang kita beralih ke main jet. Main jet ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar saat putaran mesin menengah sampai atas. Jadi bila ukuran main jet yang dipasang kekecilan, maka efek terhadap mesin seperti tarikan nafas yang pendek-pendek seolah mesin kecekek dan pastinya mesin akan cepat panas. Sementara kalau terlalu besar, sangat terasa kalau ketemu trek panjang, saat motor digas pol tenaganya seperti nanggung dan mengambang. Atau dengan kata lain, motor seperti enggak ketemu peak power-nya.

nah buat yang ngerasain kurang joss pada kendaraannya silakan diulik ulik biar sang tunggangan bisa kerja optimal ya…. ciao

Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, kencang, konsumsi bensin, mesin, modifikasi, motor dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Main Jet dan Pilot Jet, Fungsi dan Bedanya Apa sih????

  1. GandemLover berkata:

    woalahh baru ngeh sampai sekarang 😀 http://goo.gl/d1z4gb

    Suka

  2. KLX Adventure berkata:

    Absen saja

    ========

    Wow! Dalam Dua Bulan Triumph Indonesia Jual 220 Motor http://klxadventure.com/2014/12/05/wow-dalam-dua-bulan-triumph-indonesia-jual-220-motor/

    Suka

  3. ninja150ss berkata:

    pilot jet ku kegedean keknya,ngorok&agk endut2an kl hbs nikung nanjak.
    main jet pas,,,nyooosss kl jln lurus pjg,
    nguuueeeeennnggggg……

    Suka

  4. ganti knalpot resing minimal PJ dan MJ naik 1 step

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.