Lampu Rem Putih? Modif Jangan Mencelakakan Orang Dong Ah!


T3580KL-lampu belakang putih

Jamin bikin kesel

Macantua.com – Lagi rame nih di group yang katanya isinya “Bregejil” hehehe…. group mobil tua yang memang diisi oleh banyak merk banyak umur termasuk para drivernya. Nah yang rame adalah pembahasan soal lampu rem yang dirubah menjadi warna putih. Kalau di motor sudah banyak yang mengaplikasi dan sumpah bikin gedeg, lha ini mobil (sebut saja Datsun Go ga pake Blog) malah menerapkan hal serupa dimana lampu mundur yang asli pabrikannya berwarna putih malah diposisikan sebagai lampu rem. Alhasil saat rem diinjak langsung byarrrr buta sejenak… Yang sebiji di lampu rem motor aja bikin enek, apalagi mobil yang sepasang? Modif kok malah mencelakakan orang lain.

lampu belakang putih datsun go macantua.com

Photo Asli punya Om Dono, ane mirror dikit biar makin berasa kanan kiri nyala…

Sebenarnya masalah warna lampu kendaraan bermotor sudah diatur dalam Undang Undang Lalulintas. Selengkapnya ada pada penjelasan Pasal 48 ayat (2) UULAJ No.22 2009 :

a. rangka landasan;
b. motor penggerak;
c. sistem pembuangan;
d. sistem penerus daya;
e. sistem roda-roda;
f. sistem suspensi;
g, sistem alat kemudi;
h. sistem rem;
i. sistem lampu dan alat pemantul cahaya, terdiri atas:
1. lampu utama dekat, warna putih, atau kuning muda;
2. lampu utama jauh, wana putih, atau kuning muda;
3. lampu penunjuk arah, warna kuning tua dengan sinar kelap-kelip;
4. lampu rem, warna merah;
5. lampu posisi depan, warna putih atau kuning muda;
6. lampu posisi belakang, warna merah; dan
7. lampuΒ  mundur, warna putih atau kuning muda.

Sudah ane bold tuh di atas. Bahwasanya lampu belakang dan lampu rem harus berwarna merah sesuai dengan undang undang yang berlaku. Sedangkan lampu putih biasanya digunakan untuk lampu utama dan lampu mundur. Nah berarti yang memodifikasi tidak sesuai dengan ketentuan di atas atau malah justru dibalik balik bisa dipastikan melanggar aturan, atau malah otak dan pikirannya terbalik seperti lampunya hehehe….

Last, aturannya sudah jelas, kalau yang memodifikasi beralasan “hak asasi” buat modifikasi tinggal suruh pelototin lampunya saat rem menyala. Yah atau kalau memang ga sabar bisa diarahkan ke kantor polisi terdekat biar diselesaikan secara hukum. Biar sama sama enak, paling juga nanti doi dikerjain suruh kembalikan ke kondisi normal atau malah ditilang atau apesnya keluat duit ditempat. Kalau sobat macantua ketemu yang modifikasi beginian gimana sob?

Advertisements
This entry was posted in accident, berbagi, lights, mobil, motor, safety and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Lampu Rem Putih? Modif Jangan Mencelakakan Orang Dong Ah!

  1. haduh paling sebel kalo ketemu lampu rem model ginian di jalan πŸ™ apalagi kalo malem malem terus pas ujan. . . . bikin mata sakit dan membahayakan yang dibelakang juga
    http://stpblog.me/qlue-jek-layanan-atar-barang-berbasis-aplikasi-dan-drone/

  2. Fa74 says:

    Lampu rem silau mmg bikin eneg, ane pernah punya niat mo pecah2in lampu belakang yg cuma pake mika bening, tp gak jadi.
    Apa semprot pake pilox aja ya?

  3. mbah_anom says:

    entah gimana ya :3
    penggunaan lampu depan putih juga lumayan cukup menggangu pengendara lain πŸ˜₯

    https://mbah69anom.wordpress.com/2016/04/01/opini-gokil-mio-z-itu-zezuatu/

  4. otobalancing says:

    Pakai alasan gak sengaja nubruk lampu ampek pecah krn silau aja, kalo yg punya gak trima ya lanjut jalur hukum

    https://otobalancing.wordpress.com

  5. goozircom says:

    modifnya orang ga tau aturan UU lalu lintas ya stoplamp putih/…

    http://goozir.com/2016/04/s-bike-mode-samsung-galaxy-j3.html

  6. COCODOT says:

    Di tajong lampu rem na, di suntrungken jelemana, mun manehna te mere, hayu ajakan ka kapolres haha…. Esmosi yeuh hahahaha…

  7. ndesoedisi says:

    lah menyilaukan orang lain itu jelas-jelas lebih mengganggu & melanggar HAM

  8. triclaksono says:

    urang lembur ge teu kitu2 teuing.. na ari ieu urang mana cenah mang ?? :mrgreen:

  9. andi says:

    ieu halal teu nya mun nu gaduh mobilna di ajakan gelut….?? hehehe..

  10. Ada yang jual alat buat memecahkannya nggak ya? Semacam palu kecil gitu?
    Harusnya yang jual lampu rem putih ini memberikan pemahaman buat yang mau pasang:
    (1) bahwa lampu rem putih hanya dijual untuk orang2 bodoh yang tidak tahu bahwa lampu seperti ini sangat mengganggu,
    (2) untuk mengijinkan orang lain untuk memecahkannya

  11. satriabergetar says:

    Pernah kaget setengah mati nemuin hal ginian.
    Di kemacetan Bandung sore hari,honda jass biru depan saya mendadak lampu putih nya menyala.Kirain mau mundur sedang jarak antar mobil rapet banget !

    Eh ternyata itu lampu di modif,lampu sein jd merah & lampu rem/lampu rem jadi putih πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *