All New CBR250RR, Engine Overbore?




CBR250RR 2cylinder Concept

Macantua.com – Kehadiran All New CBR250RR prototype di ajang Tokyo motor Show beberapa waktu lalu memang menggegerkan dunia roda 2 Indonesia. Bagaimana ga geger, dari info yang berhasil ane dengar semua merujuk bahwa Indonesia yang akan menjadi pembuka perkenalan produk fenomenal Honda global satu ini setelah selama ini Honda masih kekeuh dengan jomblo silinder kini sudah menemukan belahan jiwanya menjadi 2 silinder (halah lebay kieu….). Bagaimana kalau mesin yang nanti digendongnya adalah mesin 2 silinder overbore?

wpid-2013-honda-cbr250r-engine.jpg.jpeg

Yah analisa koplak ala macantua kali ini akan melirik dari segi “common parts” yang selama ini diberlakukan olah Honda (lebih tepatnya AHM) di semua lini produknya. Dan sesuatu yang membuat ane nyengir adalah bagaimana bila ukuran diameter piston All New CBR 250 RR nanti seukuran dengan New CB150R,Sonic 150R,New CBR150R dan Supra x 150 yakni 57,3 mm. Kenapa analisa koplak ini menuju kesana? Pertama adalah pengiritan di segi pencetakan piston. Dan yang kedua, selain ringan piston berkode K56 ini sudah dilapisi oleh molybdenum yang mengurangi gesekan dengan menjebak oli tetap berada di dinding piston. Yup perfect.

CBR250RR-12

Nah kalau kita itung pake cara mudah satu silindernya akan berkapasitas 125cc. Iseng ane coba hitung dengan diameter piston 57.3 mm milik All new CB150R hasilnya mengejutkan. Panjang langkah yang dihasilkan adalah sekitar 48 mm. Wow ini berarti jika All New CBR 250 RR nanti ngirit pakai piston yang sama bisa dipastikan motor ini akan bermesin overbore yang terkenal mampu berputar ekstrem dengan kecepatan yang sangat tinggi. Untuk itungannya power dan sebagainya mungkin om Dwi Motogokil bisa kasih analisa detailnya.

wpid-bedah-teknologi-all-new-cb150r-sonic150r-macantua-55.jpg.jpegLast, ini cuma analisa koplak ala macantua. Namanya juga pabrikan cari biaya produksi yang lebih miring. Dan hasil powernya dengan mesin overbore pasti bisa bikin power lebih sangat terasa di putaran mesin tinggi…. bisa wuuuzzzzzz…….. ciao….

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







47 Comments

  1. Masuk akal juga. Apalagi ini critanya downgrade dari 150 ke 125, otomatis durabilitas piston tambah bagus, coz kerja part lebih ringan.

1 Trackback / Pingback

  1. All New CBR250RR, Ride By Wire With Riding Mode! | macantua.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.