All New CBR250RR, Ride By Wire With Riding Mode!


image

Macantua.com – Sebelumnya ane bahas tentang analisa engine All New CBR250RR yang akan menggunakan 2 silinder inline overbore. Nah kini ane bakal bahas sesuatu yang akan mengelitik dan bikin All New CBR250RR tampak lebih “update” alias canggih dibanding kompetitor lainnya. Ride by wire plus riding mode! Belum ada pada kelas 250cc full fairing lainnya di Indonesia.

image

Pertama ride by wire, artinya All New CBR250RR tidak lagi menggunakan sling baja pada handle throtle menuju sistem karburasinya. Kalau kita lihat pada motor motor konvensional masih menggunakan sling baja untuk menggerakkan throtle body membuka kupu kupunya hingga menaikkan putaran mesin. Nah ride by wire ini menggunakan semacam sirkuit pada bagian handle yang mengirimkan sinyal selanjutnya ke throtle body melalui kabel kabel. Keuntungannya menggunakan sistem seperti ini adalah rider tidak akan merasakan beratnya handle gas seperti pada motor konvensional. Tarikan gas akan lebih enteng dan tentu saja bisa lebih responsif!

image

Yang kedua adalah Riding mode, kalau kita lihat pada panel speedometer motor prototype All New CBR250RR ada indicator bertuliskan STD. Kecurigaan ane ini diperkuat oleh wak Haji Taufik yang membahas serupa. Kemungkinan besar All New CBR250RR akan memiliki lebih dari 1 riding mode. Bisa saja 2 atau 3. STD untuk riding biasa harian, SPORT untuk yang ingin mengeksplore tenaga sang motor dan mungkin yang terakhir adalah mode Rain yang memungkinkan berkurangnya spining ban belakang saat jalan licin. Biasanya mode hujan ini juga mengatur sistem ABS pada pengereman.

Semoga saja ini adalah gambaran kelebihan Sang K64A All New CBR250RR gang menjadi differensiasi sang penantang baru dengan para pendahulunya Ninja 250 dan R25. Tapi ingat, jangan over ekspektasi ya… takut kaya yang sudah sudah hahahha…. Ciao….

Advertisements
This entry was posted in ahm, DOHC, honda, motor and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to All New CBR250RR, Ride By Wire With Riding Mode!

  1. ardiantoyugo says:

    kalo kabelnya dimakan tikus bahaya…

    Berhenti dengan parkir sama ga sih: http://wp.me/p1eQhG-1wc

  2. An_Syahri says:

    Paling untk versi tertinggi biasanya mas..

  3. doremi says:

    gasnya doank? koplingnya gimana?

  4. RevvingRuby says:

    ngeri nih kalau beneran, ninja belum mau berbenah, r25 baru ganti baju

  5. bensincampur says:

    edan ride by wire, er6n aja belom, pertanyaannya mau dijual berapa? 75jt? wkwkwkwk

  6. handoyo25 says:

    “.. Keuntungannya menggunakan sistem seperti ini adalah rider tidak akan merasakan beratnya handle gas seperti pada motor konvensional. ”

    Kalau memang terjadi di model ini, pabrikan yg bijak nggak akan sesederhana itu menerapkannya.
    Saya yakin akan tetap dibuatkan semacam mekanisme “pemberat” utk memberikan feeling kpd rider, justru akan berbahaya bila murni ride by wire (tanpa efek berat handle), rider bisa bablas main plintir throttle.

    Hal spt ini diterapkan pada simulator pesawat terbang, agar pilot tetap merasakan sensasi gerakan pada kondisi terbang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *