STOP “Nyalip” Via Bahu Jalan!!!

image

Macantua.com – Melihat sebuah postingan di facebook bikin ngeri. Sebuah mobil sukses nancep di bawah bak truk pengangkut air minum kemasan. Kalau dilihat dari gambar nampak garis marka jalan lurus tak putus diduga mobil mewah berwarna putih ini mendahului alias nyalip dari bahu jalan, melaju kencang dan tidak sempat melakukan pengereman (hard braking) sampai akhirnya terjadi benturan keras. Innalillahi wainnailaihi roji’un…

image

Tulisannya jelas Dilarang!

Nyalip  atau mendahului dari bahu jalan memang sebuah kebiasaan driver di negeri ini. Boleh jujur ane pun pernah melakukannya, tapi setelah mengetahui bahayanya kelakuan itu pun ane hilangkan. Ngeri sob! Sebagai contoh ya foto di atas, ketinggian bak mobil truk rata rata sejajar dengan tinggi kap mesin mobil. Bahkan untuk mobil berjenis sedan mungkin bisa masuk sampai setinggi roof topnya.

image

Gass pooollll

Desain truk di Indonesia memang saat keluar dari asembly plant hanya berupa sasis dan head cabin. So, pada bagian belakang tidak disematkan bumper layaknya bagian depan. Bisa dibilang jarak antar ujung sasis ke tanah relatif tinggi, sekitar 1m dari permukaan tanah. Dan jarak ujung sasis sampai ke as roda berupa gardan alias axle belakang bervariasi mulai 1- 2 meter. Jadi bisa dibayangkan saat mobil melaju kencang menabrak truk bisa dipastikan pilar A akan langsung berhadapan dengan sasis dan cross member belakang truk sebelum moncong mobil menyentuh gardan atau axle belakang. Secanggih apa pun mobilnya mau berapa puluh airbag pun di sematkan di dalamnya ga akan berguna kalau lawannya sasis truk berketebalan 6-7mm sih.

image

Jangan galau di jalan tol

Last, saran buat semuanya, hilangkan kebiasaan mendahului alias nyalip dari bahu jalan. Usahakan untuk selalu mendahului alias nyalip dari jalur kanan. Jaga kecepatan jangan melebihi standar kecepatan di jalan tol. Ingat, Keluarga menanti di rumah….

image

Bahu aku buat kamu bebeb... aheuy...

Yang ini juga menarik :

hiji ge Maung…..

contact : raza.rajendra@gmail.com

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di accident, berbagi, mobil, opini pribadi, prosedure, safety, SIM, STNK dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

33 Balasan ke STOP “Nyalip” Via Bahu Jalan!!!

  1. FЭЯY berkata:

    kr macet mah anger sok kana bahu jalan

    Suka

    • dhanyfirdaus berkata:

      kl ada truk mogok di bahu jalan, saat jam sibuk
      yang bikin macet parah justru orang orang yang dibahu jalan yang melintir ke kanan …, ambil jalur sebelahnya. Yang jalur 1 terpaksa ambil jalur sebelahnya …,
      setelah lokasi truk mogok malah lancar lagi tu lajur tolnya ….

      Suka

  2. lombokceplus berkata:

    Ngeri euy liatnya…

    Garis lurus putih yg berarti tidak boleh mendahului alias nyalip, banyak yg meremehkan. Atau pada tidak tau artinya? Hmmm…

    ***
    https://lombokceplus.wordpress.com/2015/07/20/mengurus-izin-penelitian-di-kota-yogyakarta/

    Suka

  3. nancep gitu, kasihan truknya lecet 😀

    Suka

  4. st3v4nt berkata:

    Gimana caranya kalo buat motor supaya gak nyalip dari bahu jalan dan trotoar…..?

    Suka

  5. Mase berkata:

    duh itu pas kepala

    Suka

  6. Dian Mas Putra berkata:

    mak krrriuuuk…

    Suka

  7. goozir berkata:

    wonge ya mati ya,, kalo gitu ga bakal bisa menghindar

    testimoni pengguna pertalite

    http://www.goozir.com/2015/07/testimoni-pengguna-pertalite-tarikan-vario-lebih-berat-mio-m3-lebih-irit.html

    Suka

  8. balimotorider berkata:

    Menguasai……..mandor truk hino 😀

    Suka

  9. fb wong ndeso berkata:

    jalan satu2nya. .utk menyelamatkany adl dgn DIREPLAY .
    Ambil remot

    Suka

  10. An_Syahri berkata:

    Kebanyakan pengendara dinegeri ini asal bisa pancal gas aja mas.. Tapi gak tau aturan atau tata krama dijalan.. Klo diomongin sewot..

    Suka

  11. felitokia berkata:

    Alasan nyalip via bahu jln ya pgn cepat nyampe! masalahnya byk yg ga tau cepat nyampenya kemana! ke rumah, ke RS atau ke kuburan! spt gb diatas cepat nyampe kemana ya? ya ke kolong truk llaagghh … seraaammmm….

    Suka

  12. Rio berkata:

    Gak pernah nyalip via bahu jalan walaupun jalan utama macet total. Malah suka ngerjain yg pake bahu jalan dengan gak kasih jalan balik ke jalan utama klo di depan mendadak ada plokis iseng. Pepet terus sampe ketangkep wkwkwkw.

    Suka

  13. Ping balik: Pengendara Mobil Itu Cendrung Lebih Alay…. | macantua.com

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.