Honda CB500F, Semungil 250cc an….


 

Jpeg

Dimensinya ga kaya 500 cc

macantua.com – CB500F di 2016 hadir dengan tampilan baru yang agresif yang terpancar dari garis dari sisi depan hingga belakang, tetap mengusung mesin 500cc DOHC mampu menghasilkan tenaga 35kW dan konsumsi BBM mencapai 26,8 km/liter (mode WMTC) dengan penyematan rangka yang sama dari model sebelumnya yaitu model diamond-tube. Tampilan baru yang mengeksplorasi tampilan mesin secara keseluruhan disertai dengan sentuhan kualitas terbaik di lampu depan dan belakang LED. Dimensinya sebesar motor 250cc an lho…. 

Kapasitas tangki yang semakin besar menjadi 16,7 liter, dan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap, sistem pengereman yang diatur sampai 5 level sesuai dengan karakter pengendara dan penggunaan kunci kontak dengan bentuk waveyang meningkatkan kenyamanan serta tampilan saat berkendara.

Sensasi berkendara meningkat dengan penambahan  suspensi depan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara, pengaturan shift drum desain baru untuk menghasilkan perpindahan transmisi yang lembut,short muffler baru dengan suara yang semakin khas dan berkelas  semakin memancarkan suara karakter mesin CBR serta memberikan peforma terbaik diseluruh putaran mesin.

Konsep styling CB500F yaitu mekanis dan agresif dilengkapi dengan lampu depan dan tempat duduk yang compact serta perampingan beberapa komponen di CBR500F menghasilkan bentuk trapesium yang compact dengan fokus pada bagian sekitar mesin dan rangka utama.

Fitur LED  pada lampu depan yang kecil namun tetap efisien  dipadukan lampu senja yang terletak di sisi atas kiri dan kanan menghasilkan tampilan yang tajam.  Karakter garis tajam yang terukir sampai kotak speedometer semakin  tajam dan memberikan daya tarik lebih di area depan.

Sementara itu shroud terbagi menjadi 2 bagian dengan shroud di sisi atas dengan aplikasi cat berwarna. Demikian juga bodi cover tengah yang semakin compact dengan karakter garis yang sesuai dengan garis tangki BBM, hal tersebut semakin menonjolkan rangka besi dan mesin paralel twin engine yang compact hadir dengan tampilan warna gold pada cover mesin dan covercrankcase-nya.

Pijakan kaki pengendara dan pembonceng telah dikurangi dari ukuran sebelumnya dan semakin memberikan sentuhan berkelas.  Kursi pembonceng yang compact dan terlihat mencolok diakhiri dengan tampilan lampu belakang yang tajam dilengkapi dengan teknologi LED serta spakbor belakang yang macho dari bahan plat besi  yang bisa dibongkar pasang.  Peningkatan secara detil yang lainnya ialah termasuk  tutup tangki yang dilengkapi hinged fuel cap dan tingkat pengereman yang bisa disesuaikan 5 tingkatan.  Desain kunci baru berbentuk wave atau gelombang lebih lembut saat dioperasikan dan memberikan kesan premium saat digunakan.

Tampilan dasbor dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometerdual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak, dan tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan.

Honda CB500F tipe ABS dan STD dipasarkan masing masing dalam 2 pilihan warna yaitu Matte Gunpowder Black dan Millenium Red.

CBR500F dilengkapi dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin yang mampu memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga daricrankshaftmain shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dan rekayasa teknikyang diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

Ukuran diameter dan langkah  yaitu 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O danprimary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.  Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.  Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balancedan beban ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

PGM-FI fuel injection menghasilkan respon performa menakjubkan; rute aliran gas dari airboxke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder. Tenaga mencapai puncak 35kW  saat di 8.500 rpm di torsi 43Nm pada 7.000 rpm.

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.  Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-springdan mengurangi gesekan.  Cam chain tanpa suara dengan permukaan dari pins yang telah dilumuri dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.  Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm

Diameter yang berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal).

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan nilai diameter sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.  Desain internal mengurangi  kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian.  Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli sesaat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.  Perubahan di 2016 shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

Desain knalpot terbaru dengan desain 2 ruang internal dipadukan dengan pipa penghubung berlubang; secara bentuk lebih pendek (ditambah dengan sentralisasi massa), lebih ringan 2 kilogram dan menghasilkan suara raungan yang mengesankan saat menarik tuas gas.

CB500F memiliki diameter besi 35mm tipediamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan yang sesuai memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kondisi jalanan.  Bentuk dan posisi dariengine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

Jarak sumbu roda 1410mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/102mm menghasilkan kelincahan dan pengendalian yang sempurna. Sentralisasi massa dimana mesin sangat dekat dengan titik swingarm pivot memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 190 kg.

Ketinggian 785mm, membuat CB500F sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi.

Dimensi keseluruhan model ini adalah 2081mm x 791mm x 1056mm dan jarak ke tanah 156mm.  Kapasitas tangki sebesar 16.7 liter sudah termasuk penyimpanan.

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm dan diamter berukuran 120mm memberikan pengendalian sempurna dan di tahun 2016 ini model CB500F dilengkapi dengan suspensi yang bisa diatur tingkat redamannya serta penyematan warna Biru di sisi atas suspensi yang memberikan kesan mewah dan modern. Suspensi Pro-Linkdisematkan di sisi belakang dengan pengaturan hingga 9 tingkatan bekerja melalui box-sectionswingarm besi yang kuat.  Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

Velg berukuran 17 inchi terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17.  Rem cakram depan berbentuk wavy dengan ukuran 320mm menggunakan piston caliper ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan piston caliper tunggal.Spek ini sama baik untuk tipe ABS maupun tipe Standar.

Honda CB500F tipe ABS dipasarkan dengan harga OTR Rp 139.000.000,- dan tipe STD dipasarkan dengan harga OTR Rp 133.000.000,-



Advertisements
This entry was posted in ahm, honda, moge, motor and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Honda CB500F, Semungil 250cc an….

  1. ardiantoyugo says:

    sering liat yang lawas… emang ga moge moge banget… :mrgreen:

  2. Rocketroll says:

    Power’y jg terlalu deket mang ama 250cc
    Kcuali torsi’y emang badak ??
    Mungkin lebih ke efisiensi kali ya, terbukti klo bneran konsumsi bbm’y sgitu, sama ama 250cc twin N250/R25. Mantap.

  3. mang epi says:

    HEADLAMPnya cangkokin ke XABRE… ????

  4. androbiker says:

    walah cb 500 mirip 250cc, kalo ninja 250 mono semungil 150cc(malah beberapa 150 lebih gede dari ninja 250 mono) hehe

  5. wisnu says:

    Arek meli moal mang???

  6. Pingback: Honda RC 213 V- S Motogp Replica Akan Hadir di IIMS! | macantua.com

  7. Pingback: Jangan Underestimate Dan Nantangin, 6 Motor Berikut Ini Bukan Motor 150cc Dimodif | Ndesoedisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *