Hati Hati Yang Doyan Modif Plat Nomor (TNKB), Tilang Menghantui!


image

Macantua.com – Modifikasi memang seni tanpa batas. Maka ga aneh kalau motor atau mobil akan tersentuh “seni” ini dari ujung ke ujung. Ga cukup body, kaki kaki dan warna kendaraan, plat nomor atau TNKB pun jadi sasaran modifikasi. Tapi, mesti hati hati karena modifikasi ini berbahaya terancam tilang! Nah kira kira modifikasi plat nomor apa saja sih yang berpotensi “tilang”? Yuk kita bahas.

image

Yang pertama, modifikasi plat nomor atau TNKB yang hurufnya diatur, angka diubah supaya terbaca/angka diarahkan
kebelakang sehingga terbaca nama. Biasanya nih bentuk angka pun sedikit dimodifikasi bentuknya. Banyak nih yang begini, apalagi memang plat nomornya dengan nomor yang sengaja dipesan. Yang kedua, modifikasi plat nomor atau TNKB yang hurufnya diubah seperti huruf digital. Bentuk menyiku seperti angka pada kalkulator ini berpotensi tertilang!

image

Ketiga, modifikasi plat nomor atau TNKB dengan ditempel stiker / logo /lambang Kesatuan/Instansi yang terbuat dari plastik/logam/kuningan pada kendaraan pribadi, seolah-olah kendaraan pejabat. Nah yang beginian ane sering nemu nih. Bahkan sticker kesatuan bisa dibeli di tukang sticker pinggir jalan. Apa ga mumet coba? Ke empat, modifikasi plat nomor atau TNKB yang menggunakan huruf miring dan huruf timbul. Biasanya modifikasi ini disertai dengan modifikasi plat nomor atau TNKB yang dibuat diluar ukuran (lebih besar/lebih kecil). Bahkan ukurannya berbeda, bukan persegi panjang seperti plat nomor semestinya.

image

Nah selanjutnya nih, modifikasi plat nomor atau TNKB yang dirubah warna / doff dan atau ditutup mika sehingga warna berubah. Biasanya nih dipakai sama pejabat dengan mobil berplat merah agar terlihat atau nampak seperti mobil pribadi. Dan yang terakhir nih, modifikasi plat nomor atau TNKB yang huruf angkanya sebagian ditebalkan dan sebagian dihapus dengan cat pilox sehingga nomor asli tersamar warna catnya atau sulit untuk dibaca. Biasanya dibuat agar menjadi makna tertentu. Dan ini mengurangi kemudahan membaca plat nomor yang merupakan identitas kendaraan.

Last, saran ane sih tetap gunakan plat nomor sesuai dengan kondisi aselinya. Dimana ukuran angka dan huruf tidak dirubah. Kalau pun ingin “dirapihkan” boleh saja asal warna angka dan huruf tidak berubah. Gimana sob? Cukup jelas kan? Jangan asal modifikasi plat nomor kendaraanmu ya… Ciao

Advertisements
This entry was posted in berbagi, mobil, motor, razia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

41 Responses to Hati Hati Yang Doyan Modif Plat Nomor (TNKB), Tilang Menghantui!

  1. blueZ says:

    Punya ane dicat doff dan angka plat di pertebal agar jelas serta ujungnya dilipet dan dibikin kayak plat model lama yg ada garis putih diantara angka dan tahun mati platnya.. Alhamdulillah Aman

  2. Black Fixer says:

    Gimana kalo dibikin pake stiker ditaruh di fairing karena memang gak ada tempat untuk meletakkan plat di depan? Dan memang tidak ada dari sananya(pabrikan gak bikin tempat plat nopol)?

  3. felitokia says:

    Yg saya punya di modif dibikin rapih dan dipakein lampu led jd terang benderang! pas ada razia mlm2 diberhentiin n ditanya bikin dimana plat nomornya, jd keren n jelas terlihat, polwan lg yg nanyanya, stlh diperiksa sim n stnk nya, dipersilahkan jln lagi…..

  4. Ibey says:

    Kang kalo plat nya ukuran model lama trus warna doff kena tilang ga..?? Mslhnya plat ane msih blum trun juga ktanya sih april, ya udah plat yg lama ane ktok ulang…

  5. iwan win says:

    4 angka mah, nomer tinggal Josssssssss tembus

  6. PENGAMAT OTOMOTIF says:

    Polisi kakean aturan…
    tapi nek Polisi salah, tetap sja benar.
    SIng Penting bisa kebaca NOMOR nya.
    jika susah di baca..baru di tilang..gitu aja harusnya

  7. XNash says:

    Pernah nih, plat nomor depan ane copot trus ane taruh dibagasi waktu ada pemeriksaan ane ambil tuh plat nomor di bagasi, trus tunjukin ke polisi aman aja tuh

  8. Rocketroll says:

    Dibandung masi aman mang.
    Saya pake plat no. Text’y kaya text Modwl Digital, dah sering d stop cuman kelengkapan kendaraan & sim lengkap jd lolos 😀

  9. cd string says:

    tergantung nasib….apes apa gak…..

  10. Dio says:

    pak .. klo plat.ya udah bengkok .. bahkan ada yg ilang separo + udah mutih ( ga ada warna item lagi)..
    klo d tambal cat ulang .. kena ga’ tilang ga’ pak ..??

  11. Aneh-aneh says:

    Plat motor sekarang sudah tidak gloss, tapi doff dari sononya.

  12. Aneh-aneh says:

    Jadi doff tidak menyalahi aturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *