PCX VS NMAX Memang Beda Kelas, Check It Bro!!!!




image

Macantua.com – Hingar bingar NMax beberapa hari ini menjadi sorotan para blogger tanah air. Blogger blogger kondang pun diundang saat peluncuran di Sirkuit Sentul. Kalau para fanboy bilang NMax diluncurkan untuk menabok PCX baik secara harga maupun vitur. Tapi jujur saja harga 27,4 juta memang tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan PCX yang punya harga jauh di atasnya.


image

Pertama kita lihat detail, yup detail dan bentuk maxi scooter Yamaha ini terbilang “Eropa bingits” yang malah justru cendrung wagu untuk mata orang Indonesia. Silakan jujur pada hati sendiri bukan melihat sisi fanboy ya. Tapi bentuk bagian belakang terlihat kurang plek dengan bagian depan yang sudah nampak “EROPA”. Kalau kata mang asep juragan warungasep.net sih “astrea 800 reborn”. Bahkan lampu pun belum semua mengadopsi LED pada setiap bagiannya. Jelas ini pun jadi nilai minus buat matic gambot murah Yamaha ini.

image

Bagian kedua yang ane lirik selanjutnya adalah dudukan plat nomor alias lisence plat holder. Kalau boleh dilihat pada Nmax ini terlihat Cheap. Hanya sebuah bilah besi yang ga jauh beda dengan motor bebek dan matic kelas dibawahnya. Kalau dibandingkan dengan PCX holder terbuat dari material yang lebih punya citarasa. Berbahan yang dilapisi karet sehingga potensi bunyi bunyian berkurang dan tentu saja lebih nikmat dipandang mata tentunya.
image

Bandingkan dengan ini :

image

Masuk ke detail selanjutnya, tutup tangki bensin yang berada di bagian depan dek terlihat tidak praktis. Pengemudi masih harus tetap menarik kunci dari rumahnya. Kalau boleh ane bilang xeon dirumah aja yang murah kunci jok menyatu dengan kunci depan. Nah kenapa pada NMax ini lubang pengisian ga dibuat menyatu juga dengan rumah kunci utama seperti untuk membuka joknya??? Well ane cuma bisa berharap sang Nmax bisa punya rumah kunci yang integrated sama pengisian bahan bakar layaknya pada PCX. Ternyata harapan ane ga jadi nyata. Hiks….

image

Masuk ke hal selanjutnya adalah bagasi. Memang bagasi Nmax dibuat dengan kapasitas yang tidak sebesar PCX. Selisih 5 liter (Nmax 23, PCX 28) pasti ada yang dikorbankan. Ane melihat suatu kejanggalan saat helm diletakkan di dalam bagasi. Posisi helm diletakkan terbalik bukan menelungkup meski muat helm full face. Ga kebayang kalau ane harus merelakan cat yang melapisi helm kesayangan beradu dan tergesek gesek bagian dalam bagasi bisa nangis #hiks. Apalagi kalau helm mahal kan????

image

Masuk ke konsumsi bensin saat melirik artikel wak haji taufik dan mang kobay ternyata selisih konsumsi bensin lumayan terpaut jauh. Dengan asumsi kedua motor sama sama digeber geber secara ga sopan. Tercatat 26 km ditempuh oleh Nmax saat digeber blogger kondang tersebut. Selisih 10kmpl dari sang matic ber VVA milik Yamaha ini PCX masih bisa lebih jumawa tentunya. Terlepas VVA pada Nmax merupakan hal baru pada Matic Yamaha untuk mendukung Teknologi Blue Core andalannya masih jauh terpaut dengan esp engine sang PCX yang overpriced. Nmax lebih ke sport oriented nih…

image

Melirik ke bagian pengereman, dual cakram dan ABS tentu saja membuat NMax sebagai penantang punya nilai jual lebih. Sedangkan PCX hanya mengandalkan CBS yang bekerja secara manual. Tapi ABS yang disematkan saja sebenarnya sudah bernilai 5juta. Jadi kalau non ABS ini matic harganya cuma 22 juta dong? Atau harga ini hanya perkenalan saja ya??? Belum lagi ukuran Ban yang lebih gambot membuat sang Nmax seolah punya kelasnya tersendiri alias “Beda ti Batur”.

 

Dari sisi engine, VVA yang disematkan yamaha membuat Nmax menang telak secara performa. Dengan ban gambot dan body segede gaban Nmax bisa melesat dengan mudah. Benar benar menonjolkan sisi sportynya. Berbeda dengan PCX yang overpriced, dimana engine esp andalannya lebih mengandalkan keiritan khas Honda.

Last PCX yang over priced atau NMax yang banyak down grade???? Itu dikembalikan ke masing masing pikiran saja yah, ane ga mau disangka menggiring opini untuk BC atau black Campaign sebuah produk. Toh keduanya memang menyasar kelas yang berbeda. Nmax buat yang doyan matic gambot sporty. Dan PCX untuk yang suka keiritan dan detailing lebih. Ane hanya mengungkap fakta ringan saja. Ciao…

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







135 Comments

    • Hahahaha….biasalah bro…. masa gara2 tutup tanki dan braket plat no langsung turun kelas…hahaha tanpa melihat fitur safety dan teknologi yang disematkan.. soal fuel consumption, mungkin emang boros nmax tp jangan salah ngerti, karena vva itu tujuannya irit dan performance, salah satunya mendapatkan power dan torsi yang rata justru dirpm atas, makanya pasti lebih boros tapi soal performance pun pcx cuma bisa melongo hehehehe klo mau bandingin irit2an ya pas eco riding aka riding harian…tapi gak papa…mungkin tujuan pak erte biar konsumen pcx yang dah terlanjur beli gak terluka terlalu dalam lah… #lirik mang kobay….hehehehehehe

      • ini cuma analisa org awam spt saya aja,

        karena ymh harus bertempur dgn ahm, dan selama ini usaha gagal terus,

        menurut saya, ini dah jalan terakhir,

        saya rasa ,produk yg laen juga akan ngikut pola stp itu.

        ingat , ina penjualan ymh terbesar di dunia, harus diperjuangkan dgn cara apapun

      • @bdt, hmmmm kayaknya terlalu naif ya bilang pabrikan sekelas yamaha hanya mentok disini (nmax 155 abs), karena mereka pasti tau akan ada counter dari saingannya.. lha terus klo dah gitu berarti yamaha udah skak matt dong menurut sampeyan?? hahahaha soal harga saya yakin hanya harga perkenalan, liat kasus R15… Nmax ini pasti lambat laun akan merangkak naik ke harga semestinya… intinya setiap pabrikan pastinya mempunyai senjata cadangan disaat produknya mulai terdesak… soal gagal itu karena yamaha selama ini terlalu idealis masalah desain dan fitur untuk kelas entry levelnya, sementara ahm sebaliknya, makanya lihat fitur pcx yg harganya hampir 40 jetian, bisa kita temui dimetiknya yg harganya cuma 13-17 jetian… IMHO…

      • @numpang lewat,
        anda benar , yamh terlalu idealis, itu emang jati dirinya om.
        2010 samapi sekarng, MS ymh terus turun, belum berhasil kembali spt 2010.
        nmax harga perkenalan ?, bisa juga ya, saya sepaham itu.

        tapi ingat, ini motor buat diekspor juga, bisa subsidi silang keuntungan.

        mungkin nanti naek, tapi ngak significant , imho

        Nmax tdk akan mentok di ABS aja mas, pasti buat yg non juga, atao 125 cc .

        di ekspor lagi, otomatis biaya produksi bisa berkurang,

        keuntungan bisa nambah, walu harga tetap

  1. kalo menurut ane sih tetep sekelas.. karena jelas kelas skutik maksi 150cc.. Untuk pasar global dan jelas lawannya PCX..
    Hal ini sama aja kaya kita bandingin R15 dan CBR150.. Mereka sekelas kan? walaupun banyak hal yang berbeda.. Misalnya nih, R15 udah deltabox, CBR150 “cuma” teralis. R15 swing arm banana, CBR150 “cuma” kotak biasa. R15 tutup tangkinya menyatu dg tangki, CBR150 harus dicabut semua pas isi, dll..
    Begitu juga sebaliknya, CBR150 mesin DOHC, R15 “cuma” SOHC. CBR150 tangkinya lebih gambot, R15 “imut”, dll dsb.
    Jadi menurut ane sekelas bukan berarti kualitas semuanya harus setara, tapi ada hal2 yang dikorbankan untuk menambah keunggulan lain dan harga tetep kompetitif..
    Just my 2 cents bro, hehe.. :beer:

  2. Ya ini realita….kalau harga terlalu ekonomis biasanya memang ada yg dikorbankan….dan ini belum bicara soal durabilitas dan maintenance….inget konsumen Indonesia itu termasuk konsumen yang manja dalam hal perawatan….maunya low maintenance….padahal skutik gambot termasuk harus rajin dan mahal perawatannya….kita ikuti terus beritanya….

    • nanya om, minggu lalu ane ajarin saudara bawa motor, kebetulam mio gen 1,

      jatuh di tanah lapang dgn pelan, bensin tumpah, karena lupa kencengin tutup waktu isi bensin.

      setelah dinyalaken lagi, keluar asep putih terus,

      ama mekanik bengkel di ganti ring seher dll,

      kata org bengkel , mesin yamha ringkih, sparepart lebih mahal dari ahm,

      pully beat msh lebih murah daripada pully yamaha, juga yg laen.

      gimana?

      • lah kakeknya saudara temennya ane juga pernah bawa cb150

        lagi bawa kenceng tiba2 rangkanya patah, shocknya pecah…

        setelah dinyalain lagi ternyata camshaftnya rontok

        ama mekanik bengkel diganti tangki, ban, dll

        kata orang bengkel motor honda itu cuma buat ibu-ibu, jadi ga boleh dibawa kenceng

        gimana?

        btw gimana udh nemu VVA di smax/xmax? πŸ˜€

      • karel,

        dah om, di xmax, s max, ngak jelas

        ane nanya karena tuh motor pinjaman, yach ane mesti ganti dalemen akhirnya.

        kalu motor honda itu buat ibu-ibu emang bener,

        karena emang motor honda cocok buat ibu-ibu, ato bapak- bapak yg kalem.

        ibu-ibu ygrada tomboy , biasanya bawa ymh om

  3. Emang beda kelas πŸ˜€
    yg satu kelas-nya di indonesia
    yg satu kelas-nya di thailand !
    Ngomong” kelas sabaraha-nya eta motor πŸ˜€ wkwkwkkw

    • hahaha Bohong soal apa neh?? fitur kah?? kualitaskah?? desain kah??
      Fitur = jelas2 sekarang ada dimetik harga 13-17 jutaan..
      Kualitas = nmax baru launching sih so, belom tau perbandingannya..
      desain = soal selera om…
      dari kelebihan diatas apa pantas dihargai hampir 40 jetian?? lirik kasus CBR150 thai yang ternyata bisa turun 10 jetian…

  4. Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—

    Hanya orang BEGO aj
    Yg mau beli PCX…
    Mahal, lemot, boros, katrok…

    Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—Γ—

  5. Perangnya diseberang lautan….
    terutama Thailand ama Vietnam…harga bakal benturan.
    no contest dimari..

    model belakang selera italia ama taiwan.. mestinya pilih yg sporty.

  6. Saya kok kurang sreg dg kalimat nmax downgrade, secara ini produk baru gress apanya yg di down grade? Kecuali produksi batch 2 dst baru bisa kita bandingkan kualitas produk sekarang dg produk yg lebih lama, misalnya nvl dg old vixi.
    Saya tdk hendak menjadi fb salah satu merk dan hampir tiap hari juga memantau blog ini. Tolong dijaga baik2 jangan sampai sampeyan ketularan penyakit gokil seperti kasus di warung sebelah. Membuat berita atau judul yang menggiring opini tertentu walaupun dg pembelaan diri sebagai bentuk kebebasan berpendapat, malah jadi bumerang senjata makan tuan yg menunjukkan betapa kerdil sebenarnya pemikiran si blogger.
    Peace….

    • hahahaha mantap om, sabar…. sebelum saya buat artikel ini saya sudah buat penjelasan buat “downgrade” yang saya maksud. just keep waiting om…. Saya ga ada maksud buat giring menggiring pembaca kaya nggiring anak ayam kok…. but overall thanks for reading this blog. InshaAllah ga ketularan GOKIL hehehehehehe berusaha buat tetap kasih pengetahuan bukan Black Campaign… Peace

  7. Saya pemakai pcx150 2012, setelah 2 tahun pakek, seminggu sebelum nmax launching saya buru buru jual pcx takut harga 2nd ancur, apalagi klo mau dilokalkan, tambah ancur

  8. Diatas kertas lebih untung beli nmax dr pd pcx,vva,vvti,v-tech yg terbukti irit seperti yg di terapkan di mesin mobil toyota dan honda,rem abs pula,letak tutup tangki minyak sngt praktis,ga perlu kita report turun dr motor dlm pengisian bbm,masalah letak bm ga perlu la di diperhitungkan,kan klu mw di pindahkan di atas specbort depan lebih gantang.

  9. aku heran,

    cuma komen nanggapi target penjualan nmax yg 1000 di blog mas 3 kok di block yach,

    padahal sependapat dgn beliau? ngak menyerang siapaun komennya
    ===============
    Targetnya New Honda PCX sekitar 500 unit/bulan … bagaimana target penjualan Yamaha NMax …??? Ditargetkan rata-rata sekitar 1000 unit/bulan … so target ini relatif konservatif …!!! Bandingin aza den
    ======

  10. ini pemilik blog bikin artikel kayak gini disinyalir supaya blognya ga sepi kayak kuburun karena berita nmax yg lagi naik daun.. motor baru keluar kok dibilang downgrade.. setau ku contoh downgrade paling nyata itu cbr 150 cbu vs lokal..
    sayang banget ente merusak reputasi sendiri..

  11. om kalimat terakhirnya terutama kalimat downgrade itu sudah mengarah ke penggiringan opini meskipun om menyangkalnya. kenapa gak menjadikan njkb nmax itu sendiri sebagai tolok ukur harga suatu barang sebelum mengeluarkan statement ‘downgrade’..??

    plissss deh jangan seperti blog sebelah yang terbiasa menggiring opini meskipun disangkalnya. imho

      • kalo gitu bisa jg orang bilang.. vario 150, 125, downgrade pcx, beat downgarde vario…
        beropini itu harus ada dasarnya om,.. pabrikan dalam membuat nama untuk produknya disesuaikan segment pasar yg di garapnya..
        ayo jadi lah bloger berkelas..

      • buat saya pribadi ya tetep aja yang namanya downgrade ya downgrade, meskipun dibilang downgrade dari pesawat sukhoi. om sendiri kan tau kalo nmax itu produk lokal dan baru pertama kali dibuat. jangan mulai bergaya ngeles kayak sebelah yak hehehehheh

      • lagian kalo (misal nih) nmax itu merupakan ‘downgrade’ dari xmax, biasanya akan lebih pas jika disebut turunan, bukan downgrade. beda udah pengertian nya. downgrade itu merupakan penurunan kualitas, bukan penurunan kasta

  12. Ini mah penggiringan opini….n-max downgrade dr mana om?coba jelaskan dr mana?????bikin bahasa artikel yg lebih dewasa lah dikit biar dibacanya enak dan berkelas…..ini produk baru dan kasta terbaru….matik ini lebih mirah krn buatan lokal ya wajar harganya terjangkau…liat njkb om

  13. hei dongokk!!! kacung ahakampret honhon,,ngomong itu djaga ya??? Kalau para fanboy bilang NMax diluncurkan untuk menabok PCX baik secara harga maupun vitur. Tapi jujur saja harga 27,4 juta memang tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan PCX yang jauh di atasnya. (diatas jidat emakloh) pk kata downgrade,,downgrade darimana?? ap yg downgrade!!!! prodak baru dibilang downgrade,,seolah2 mmbandingkan picex itu pake part2 mahal dgn kualitas terbaik dan nmax dianggap pk part murah dan tdk berkualitas, tau tdk dgn kata downgrade??? kualitas otakmu br positif downgrade, # sampah ente!!!!

    • Sabar, om wong bebas beropini. kita adaikan saja jika Nmax di bandrol sama seperti pcx yg hampir 40jt, kubikasi Nmax bisa kaya brugman 200cc atau 250cc kalo remnya belakangnya masih tromol kaya pcx, wong dah jelas pcx itu over priced kok. ya karena masih cbu sih ya. cuman yang saya sayangkan kenapa Ahm kesannya hanya menjadi pengikut ketika yim mengeluarkan produk baru, sperti kasus CBR dan R15 seakan-akan mereka mumpung belom ada saingan nyari untung sebesar”nya.
      soeolah-olah mereka melihat indonesia seperti sapi perahnya, yang bodoh di butakan oleh merek dan nama besar honda.

  14. Saya netral disini..karena saya pemakai yamaha (mio) dan honda (karisma, supra)..Juga karena tiap hari saya baca blog tmc, iwb, kobay, pertamax dan aripitstop. Jujur aja kalau melihat berita diatas,, saya setuju dengan banyak komen lain, bahwa macantua seperti nya salah persepsi dengan istilah downgrade atau ada upaya untuk menggiring opini. Manusia tempat salah, semoga ke depan nya bisa diperbaiki dan lebih netral. Peace.

      • Justru itu, Pertanyaannya : module abs brp harganya? VVA yg katanya kaya Honda Jazz itu brp harganya? Cakram set belakang brp harganya? Apa ga curiga dengan beda tipisnya harga om? Sedangkan yg disematkan banyak sekali. Apakah yakin ga ada penurunan dibagian bagian lainnya? Just question lho ya…

  15. Beginilah kalo penulis nggak memahami apa yg di tulisnya. Banyak alibi yg di bangun di sepanjang komentar hanya utk hahahihi ngeles bahwa ini adalah penggiringan opini. Yg saya pahami dari tulisan di atas sih memang demikian, bahwa ini memang penggiringan opini yg di tulis secara ngawur dan asal2an. Ada bloger netral yg tulisannya enak di baca, demikian juga ada bloger yg suka dgn merk tertentu tapi tulisannya tetap elegan dan enak di baca. Tapi tulisan di atas ini adalah pengecualian, bahasanya tendensius dan ambisius menyudutkan, bertolak belakang dgn nama bloger nya macantua yg saya pikir akan menyajikan tulisan bijak dan berbobot.

  16. Eui Macan Tua, banyak ngomong soal fitur.
    Tapi gak becus membahas, soal Stabilitas, Kenyamanan (keras/empuk) yang nota bene adalah fitur paling penting untuk sebuah kendaraan.

  17. Sblm bandingin NMAX & PCX tanya dulu pembeli CBR model lama yg dijual 40jt, gmn sakit hatinya skr.
    So yg minat beli PCX siap2 aja ngalamin yg sama.
    Klo menganai fitur masing2 ada plus minusnya.
    Disini ga dibahas fitur mid di NMAX, trus lihat dr belakang ban PCX ga singkron sm bodynya yg gambrot, jd aneh lht PCX dr belakang.
    Klo mau jelek2in produk banyak selanya koq, ferari aja di bawa ke kampung pasti lu cela krn ga cocok sm jlnnya yg rusak.
    Btw itu 26km/liter lht dulu, motor jalan normal ga, klo ente panasin motor doang selama 1jam ga jln2 yaa boros broo.
    Yaaa intinya yg jelas PCX jauh lbh mahal & udah 2x ketangkep basah Honda jual produk ambil untung gede kepada rakyat Indonesia

  18. gua paling benci liat buntut pcx , pengen gua geregaji. jelek ga ada ampun, bagian depannya mendinglah agak mirip europe style. heran honda kalau yang buat eropa bagua bagus modelnya, kasusnya sama seperti suzuki. kacrut modelnya, memang selera motor unyil sama yang big scooty sama ya?

  19. sayang, judul nya ajah bagus. isinya tendensius, kelihatan banget dari gaya bahasa dan objektivitas masalah yang di bahas… bikin kesimpulan yg bener om, overprice vs downgrade??

  20. “Last PCX yang over priced atau NMax yang banyak down grade???? Itu dikembalikan ke masing masing pikiran saja yah, ane ga mau disangka menggiring opini untuk BC atau black Campaign sebuah produk. Hanya mengungkap fakta ringan saja. Ciao…”

    PCX yang over priced karena memang masih impor. Saya bukan fanboy yamaha. Punya motor honda sm yamaha. tp buat org awam yang nyari info motor uda keliatan banget opininya menggiring. cenderung menjatuhkan malah. what a shame

    • penjualan lebih baik karena harga terpaut jauh. dan mayoritas orang indonesia ya kelasnya masih cocok nmax.
      kalo dari segi prestis, ya menang pcx. ada gojek pake nmax? BANYAK. ada gojek pake PCX? gw belum pernah liat, kalau ada ya yang jelas ga sebanyak gojek nmax.
      however, hasil penjualan gabisa jadi patokan untuk mengukur mana yang lebih bagus.
      hp samsung penjualannya lebih laris dibandingkan iphone. iphone overpriced. tapi kalo ditanya lebih bagus mana, ya ada yang iphone ada juga yang samsung. bukan artinya iphone lebih jelek karena penjualannya ga sebaik samsung.

      u got it my nigga?

  21. Gan.. jikalaupun menang pcx.. saya mau beli pun gak bs, harus nunggu lebih dari 6 bulan, trus selama 6 bulan itu saya pake apa.. iya kalo 6 bulan, ada yg 1 thn belom dpt motornya
    Inden nya gak karu2an gimana mau dibeli. Mending beli nmax stok banyak dan jelas.

    Istilahnya, motor bagus merk apa pun, mau kayak apa kalo gak bs dibeli (inden gak jelas) ya jadi gak guna juga..

    • lha ini,
      Gw beli pcx inden 2 bulan. walaupun mati-matian cari dealer nya. ada sih yang ready stock, tapi beda warna dengan harapan.
      tapi, orang beli steak sm beli tempe, ga bisa di samain. tempe emang lebih cepet matengnya dibandingkan steak.
      Lebih laku lagi.
      Lebih murah pula.
      Buat sebagian orang, lebih enak tempe.
      Buat sebagian orang, lebih enak steak.

  22. Bodo ahh gw mah mau beli pcx aja males beli motor keren tapi udah banyak yg make kerennya jadi kurang ,masalah harga iphone juga harganya mahal tapi fitur dll nya kurang tapi bisa laku karna apa orng liat dari harganya , “wih keren tuh orng hp model gitu aja di beli padahal gak sesuai spec sama harganya”

  23. Bang gw mah pilih motor yg gak passran aja trus yg simpel gak ribet dan gak peggel , yg pentingnya gak pasaran males beli yg pasaran mewah juga kalo pasaran mah gak akan di lirik di jalan, harga mah gak masalah mahal dikit, iphone juga mahal fiturnya dll tidak cocok sama harga tapi tetep aka laku dan malahan di bilangin keren :v intinya mnurut gw motor yg keren itu gak pasaran dan harganya mahal dikit

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.