Jangan Keasikan Main Air Terjang Banjir, Nanti Ambrol Mesinmu….. Water Hammer!!!

Connecting Rod alias Stang seher pun bengkok

Connecting Rod alias Stang seher pun bengkok

Macantua.com – Banjir Jakarta memang terkadang memaksa para rider berjuang menerjang banjir bersama tunggangannya, tapi jangan salah resiko dari menerjang banjir sangar besar, bisa kita lihat dari gambar yang di share seorang pengguna Vixion di salah satu Grup FB di atas, Stang seher alias conrod sampai bengkok, liner somplak, kopling pun sampai jebol. semua ini karena Water Hammer!!

Bicara soal water hammer nih, water hammer adalah fenomena di mana suatu aliran fluida dihentikan secara tiba-tiba, baik itu disengaja (misalnya saluran ditutup tiba-tiba) atau karena mampet. Fenomena ini hanya terjadi pada saluran tertutup (pipa dsb). Ketika fluida dihentikan gerakannya secara tiba-tiba, tekanan akan terkumpul di ujung dekat dengan lokasi di mana aliran terhambat, sehingga tekanan akan terakumulasi di mana ketika itu aliran di belakangnya tidak terhentikan sehingga fluida menekan penampang saluran dan pecah. Water Hammer dapat terjadi pada setiap fluida, baik pada gas maupun pada air selama koefisien ekspansi termal dan volume spesifiknya memungkinkan, karena semua hal itulah yang menentukan apakah dengan temperatur dan tekanan tertentu suatu fluida dapat memberikan fenomena water hammer.

Kondisi Seher atau piston yang rusak

Kondisi Seher atau piston yang rusak

Nah dengan keterangan diatas kita bisa tarik sebuah kondisi apabila mesin saat sedang panas dan kemasukan air ke dalam ruang bakar tidak dapat terkompresi layaknya bensin. dan hasilnya tekanan tidak dapat di tahan akan mengakibatkan seluruh bagian dalam mesin tertekan, yang kalah disini adalah bagian yang memungkinkan bergerak yaitu piston dan connecting rod alias stang seher.

Buat menghindari Water Hammer terjadi sebaiknya setelah mesin terendam atau terpaksa terendam pastikan filter udara tidak terisi air, karena filter udara merupakan salah satu jalan air dapat masuk ke dalam ruang bakar. Check juga ruang bakar melalui lubang busi. pastikan ruang bakar benar benar bersih dari air. Selah atau engkol motor dalam kondisi busi terbuka untuk mengeluarkan air di dalam ruang bakar. Bisa juga menggunakan alat penyedot yang pake kompresoor kalau sudah di bengkel.

Milky Oil berbahaya buat mesin

Milky Oil berbahaya buat mesin

Kondisi oli juga wajib di check, Karena kalau oli sudah bercampur dengan air (milky oil) dijamin pelumasan akan terganggu dan hasilnya gesekan antar part akan semakin dahsyat dan tentu saja potensi rusty atau karat akan terjadi. dan jangan aneh kalau nanti kerusakan pun terjadi disekujur isi mesin motormu.

Kopling pun berantakan

Kopling pun berantakan

Last Buat semua, sayangi motormu, jangan paksakan motormu menerjang genangan air apalagi banjir yang bisa merendam motor mu hampir sekujur tubuhnya. Kalau masih nekat ya silakan terima kalau resikonya harus seperti rekan kita yang memposting gambarnya di atas. Ciao….

Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, motor, yamaha dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

23 Balasan ke Jangan Keasikan Main Air Terjang Banjir, Nanti Ambrol Mesinmu….. Water Hammer!!!

  1. adjiewcx berkata:

    edunn smpe mlengkung

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    wedan sampe bengkok… kok… kok…

    Nmax, fitur dan spek bisa menutupi kekurangannya…??
    http://ardiantoyugo.com/2015/02/11/yamaha-nmax-bisakah-fitur-dan-spesifikasi-menutupi-kekurangannya/

    Suka

  3. ivanantonia1 berkata:

    Jangan-jangan… Jabodetabek sengaja dibuat banjir supaya banyak yang beralih ke moda transportasi umum.. Halaaah… (edisi ngarang)

    Suka

  4. enoanderson berkata:

    Nah joss ini penjelasannya… gk cuma asal posting conrod bengkok trus diakhiri dengan ambigu…. *lirik postingan pagi 😛

    Suka

  5. balimotorider berkata:

    saya senangnya maen burung
    #eeeh
    wakakakakakakakak…… :mrgreen:

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.