Orang Indonesia Bisa Buat Motor,Kenapa Ga Ada Motor Nasional????

image

Hasil karya anak negeri, 4buah mesin digabungkan menjadi 4silinder segaris

Macantua.com – Lihat gambar di atas ane jujur salut sama modifikator Indonesia,bahkan akhir 2011 lalu saat ane main sambil bekerja ke negeri tetangga dibayarin kantor juga melihat modifikator Indonesia menang di ajang Biker negeri Siti Nurhaliza. Tapi perasaan kembali terenyuh saat ingat bangsa kita ga punya motor dengan nama aseli nasional Indonesia.

Buat para pecinta motor pasti tau motor konfigurasi V bahkan W engine buatan hasil buah karya modifikator Indonesia. Inline 2 sampai 4 sudah pernah dibuat oleh tangan tangan terampil anak bangsa. Tapi entah mengapa sampai saat ini pemerintah seolah enggan membangun sebuah pabrikan “Indonesia” untuk produk roda dua bahkan roda empatnya.

Kalau dulu kita pernah diiming imingi dengan mobil nasional pada saat jaman orde baru berjudul Timor dan Bimantara yang ternyata adalah pabrikan Korea KIA dan Hyundai. Setelah itu berbagai motor bermesin buatan China diberi label Indonesia. Dan isu paling terakhir adalah Esemka yang digadang gadang Pak Walikota Solo saat itu menjadi mobil  nasional dan kenyataannya masih NOL besar.

Melirik dari sumberdaya sebenarnya Indonesia punya kualitas baja yang ga kalah baik, bahkan secara kualitas lebih baik dari India dan China. Kemudian pabrikan besar serta supplier yang sudah menyebar luas menyediakan berbagai spare parts kendaraan sudah menjamur. Bahasa kasarnya KITA SUDAH MAMPU buat mobil dan motor kita sendiri. Tapi lagi lagi kebijakan pemerintah yang justru menggandeng Proton membuat semuanya semakin membingungkan.

Politik sudah jelas bermain disini, belum lagi budaya orang Indonesia yang selalu bangga dengan merk khas luar negeri (meski palsu) menjadikan produk luar negeri menjadi semakin menjamur di negeri ini. Buat yang berharap Mobil dan Motor aseli Indonesia sepertinya kudu rela akan kondisi seperti saat ini. Masij ingat Perkasa? Masih ingat mobil buatan Texmaco? Semua hancur dikeroyok ramai ramai oleh penguasa demi memperkaya para investor. So kapan negeri ini bisa maju dan mandiri ya???? Entahlah…

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di hobby, mobil, modifikasi, motor, opini pribadi dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

49 Balasan ke Orang Indonesia Bisa Buat Motor,Kenapa Ga Ada Motor Nasional????

  1. fifauzi berkata:

    Kita bisa belajar sama Hero India yg sebelumnya menggandeng Honda, namun kini berhasil produksi sendiri, dan jadi market leader disana

    HOT GAN : https://fifauzi.wordpress.com/2015/02/23/ada-apa-dengan-penjualan-new-vixion-yg-terus-melorot/

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    itu Ricky Elson lagi buat speda listrik, mobil listrik, sampa becak listrik di Jogja…

    Performa Vario 150:
    http://ardiantoyugo.com/2015/02/23/mencoba-merasakan-performa-honda-vario-150/

    Suka

  3. cadoxs berkata:

    Indonesiah gitu loh

    Suka

  4. Salim berkata:

    berat banget…

    Suka

  5. Yudakusuma berkata:

    Viar…. motor nasional tuh….

    =========
    Review Daihatsu Sirion Minor Change, lebih keren + akrab dengan keluarga muda
    http://yudakusuma.com/2015/02/23/review-daihatsu-sirion-minor-change-model-lebih-agresif-nyaman-buat-sahabat-muda/

    Suka

  6. danisubject berkata:

    kalo pun buat … pemerintah pun ga ngelirik ….. ngelirik mah cuman buat pencitraan . nginget mobil esemka …. ya mending buat untuk modif saja yang lebih terjamin

    Disukai oleh 1 orang

  7. aganwidodo berkata:

    Birokrasi kita masih tidak jelas… SDA dan SDM kita bukannya tidak ada atau tidak mampu, tapi selalu kebentur sistem birokrasi yg ruwet.

    Suka

  8. mbah_anom berkata:

    Yg menjadi fokus utama disini adalah “kenapa pemerintah seakan enggan membangun mobi/motor nasional?”
    mindset kah ?
    Atau mungkin yg paling paraha
    “penjajahan ekonomi-kah” ?
    Akhhh sudahlah !
    Tidak ada gunanya melakukan kudeta !
    Ada negara yg tidak ingin kita maju !
    Kitu tah mang hendra !
    Ijal mah mending nyieun motor tina tangkal cau lah :v wkwkwkwk

    Disukai oleh 1 orang

  9. sukmahandayani56 berkata:

    karenaaa klo lokal ituuu… pghasilan buat pmerintah dikit x.. krena gak ada pmasukan investor.. tpi mboohh aq wae ra mudeng

    Disukai oleh 1 orang

  10. Kobayogas berkata:

    Terlalu njlimet, politis, pelicin dlsb… Pdahal kalau kaya hero dan proton… Ah sudahlah

    Hot: Spy Shot Yamaha New Byson FI – Split Seat dan Tetap Setia Dengan Rem Teromol

    Suka

  11. Mase berkata:

    kalaupun ada gk bakal laku mang… tau sndirilah orang sini

    Cara Ikutan Honda Photo Contest #HondaREDinLove

    Suka

  12. st3v4nt berkata:

    Karena bikin motornya udah bisa tapi bikin brandnya yg belum bisa…..bisa bikin sama bisa jualan bedanya jauh loh…

    Suka

  13. gilaroda2 berkata:

    Gak ada niatan & dukungan pemerintah…ato mungkin ada ancaman dr investor asing?

    Suka

  14. darkieduck berkata:

    imho…lebih mudah memodifikasi motor yg sdh ada drpd mendesain motor dari nol…
    di jogja ada motor buatan lokal, vipros x 125. hmpir 75% muatan lokal. memang cover body sdh bs cetak sendiri, tp desain msh nyontek pnya supri125.
    Apa tdk bisa desain sndiri? jawabannya bisa…tapi akan dibutuhkan biaya yg sangat besar untuk mendesain dari nol. jd langkah paling gampang ya niru (bahkan moldingnya beli dari produsen mtr yg ditiru)
    Mesin masih impor dari taiwan (zhongzu, cmiiw)…apa tidak bisa bikin mesin sndiri?…jawabannya bisa…tapi investasi mesin industri untuk produksi ternyata sangat besar. return of investment nya sngat rendah. pengusaha lokal jelas akan mikir seribu kali untuk melakukannya.
    Jika dipaksakan sudah pasti harga motor akan sangat mahal. untuk motor seperti supri saja hrgny bs mncapai 30jt…mana laku…
    IMHO…

    Suka

  15. GulaKlapa berkata:

    Bisa kang, Asal Kemampuan Insinyur Indonesia + Kemauan para penguasa negeri ini, untuk memajukan Indonesia yang mandiri.

    Buktinya dulu kita bisa, walau belum menjadi nyata
    http://wongtjilik.blogspot.com/2015/02/smi-expressa-sepeda-motor-indonesia.html

    Suka

  16. Sangsapurba berkata:

    Masalahnya tidaklah sesederhana itu. Persaingan dunia ini sangat kejam. Orang indonesia saja tidak mengerti. Bagaimana politik ekonomi dunia. Indonesia bisa saja buat mobil sendiri. Tapi harus bayar pi kepada pemegang paten mobil itu. Pemegang paten mobil dunia adalah amerika serikat, jerman jepang inggris. Jika dihitung pembayaran pi izin paten mobil itu lebih mahal belum lagi bahan baku, belum lagi tenaga kerja, belum lagi bahan bakar industri, listrik, biaya produksi. Lebih mudah dan murah import, belom lagi politik dagang jepang yang mengobral mobil, itu sebapnya indonesia tidakakan pernah mampu memproduksi mobil sendiri.

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.