Woh Siap Siap Jebol…. (Tabunganmu….)

image

Radiator ditutup oleh plat nomor 😦

Macantua.com – Radiator, berfungsi membantu pendinginan sebuah mesin kendaraan. Tapi apa jadinya akibat ulah tangan “kreatif” yang memodifikasi kendaraannya seperti pada gambar di atas????


Kemungkinan kejadian pertama yang akan muncul adalah overheat. Dimana mesin tidak mendapat proses pendinginan sempurna. Kisi kisi radiator yang berfungsi menyerap udara dari arah depan motor terhalangi. Alhasil suhu air dalam radiator kan tetap panas dan sensor temperatur akan membaca tingginya suhu mesin. Dan dipastikan overheat.

Kemungkinan kejadian kedua setelah overheat adalah akibat panas berlebih maka hose atau selang yang menghubungkan radiator dan mesin akan menjadi getas. Kemungkinan kebocoran pada bagian ini akan mengakibatkan pendinginan tidak maksimal dan kemungkinan habisnya air yang bersirkulasi. Dan “boom”…. mesin ceket akibat tidak adanya pendinginan.

Nah selanjutnya kemungkinan kejadian ketiga adalah lelehnya kipas radiator. Kipas radiator atau biasa disebut extra fan ini akan menyala apabila mesin tidak.mengalami pendinginan maksimal dari udara atau lingkungan sekitar. Biasanya saat bermacet ria akan idup nih…. Nah akibat suhu yang tidak kunjung ideal sang kipas akan terus menyala. Apabila sudah melampaui tolenrasi kipas akan terbakar dan meleleh akibat dari panas mesin dan radiator yang tidak normal. Ujung ujungnya overheat mesin.

Kemungkinan kejadian terakhir yang paling mengerikan adalah terjadinya perubahan bentuk dan struktur komponen mesin akibat panas berlebih. Pernah mungkin kita dengan akibat overheat silinder head melenting. Atau seher yang ceket. Atau setang seher dan klep yang ambrol. Hal ini diakibatkan panas yang berlebih dapat merubah struktur komponen. Biasanya setelah melewati panas yang berlebih kemudian bertemu air atau oli struktur komponen akan berubah. Kemungkinan terparah adalah komponen menjadi getas. Kemungkinan untuk hancur atau patah dan saling bertumburan sangat besar. Bayangkan kalau motormu jebol klep trus potongannya masuk ruang bakar? Apa ga langsung ambrol tuh seher bolong??? Dan sudah dipastikan biayanya mahal buat restorasi….

Okay, last ane cuma mau bilang kalau modifikasi sah sah saja tapi lihat kembali fungsi dari setiap part yang anda modifikasi. Apakah positif atau malah berdampak negatif buat performa mesin… Selamat memodifikasi….

Yang ini juga menarik :

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di modifikasi, motor, opini pribadi, perbaikan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

37 Balasan ke Woh Siap Siap Jebol…. (Tabunganmu….)

  1. Kobayogas berkata:

    kebut jeeenn jangan mau kalah sama si Hulk

    Suka

  2. Irawan berkata:

    Kreatif berujung petaka tuh! 😯

    Suka

  3. mbah uip berkata:

    ngeri oge euy….

    Suka

  4. cadoxs berkata:

    bagus tuh bisa halangin semprotan lumpur dari ban jadi pori2x radiator bersih…wekeke

    Suka

  5. Ping balik: Modifikasi Motor Seperti Ini Bikin Mesin dan Radiator Jebol | ARIPITSTOP

  6. RiderAlit berkata:

    Biaya betulinnya mungkin bisa seharga motor seken klo udah begitu.

    Suka

  7. ninja150ss berkata:

    waduh plat H….
    daerah semarang nih….
    pokoke bkn ane dah….

    😆

    Suka

  8. toretto berkata:

    dari tampang modifikasi motornya bisa di liat yang punya mtr gmana

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.