Hujan???? Sering Check Bagian Ini!!!

image

Rising saat hujan motor pun beresiko sakit seperti ridernya

Macantua.com – Musim hujan masih mendera bangsa ini (aheuy). Bagi yang doyan bawa motor pasti bakal srring merasakan yang namanya kehujanan kan? Hujan memang tidak hanya jahat pada fisik manusia tapi juga pada kendaraan kita lho… Nah kira kira apa saja bagian yang harus kita check selama musim hujan ini biar ga kebagian masalah saat kendaraan kita gunakan? Yuk kita bahas……

image

Gear dan rantai wajib terjaga pelumasnya

Bagian pertama yang harus sering kita check adalah rantai. Yup rantai. Karena oli,chainlube atau stempet yang biasa melindungi rantai dari gesekan dengan gear akan terkikis oleh air hujan. Nah bila tidak sering kita check dikhawatirkan rantai akan timbul karat dan ini bisa memperpendek usia rantai dan gear. Rajinlah untuk melumasi rantai selama musim hujan ini ya….

image

Bearing alias klaher wajib dicheck

Bagian kedua yang harus sering dicheck saat musim hujan adalah bearing alias klaher roda. Bagian ini memang fital banget buat menggelindingkan roda motor kita. Biasanya kejadiannya hampir sama dengan rantai, pelumas berkurang karena terkikis air hujan dan bisa menyebabkan pelor alias bola bola di dalam bearing aus dan berubah bentuk atau deformasi. Kalau sudah begini pasti handling dan kenyamanan berkendara pun akan berkurang. Atau bahkan motor akan sulit dikendalikan. Bahaya kan???

image

Pastikan rem bekerja denan baik

Nah bagian ketiga yang harus sering kita check adalah rem. Loh kok rem? Yaiyalah, rem merupakan bagian vital buat berkendara. Biasanya kalau musim hujan pasir halus dengan mudah bisa masuk ke celah celah pad atau kanvas. Ini bisa menyebabkan rem berbunyi dan bahkan bisa menyebabkan cakram depan atau belakang tergores. Nah kalau sudah tergores gini biasanya ketebalan serta daya cengkram rem akan kurang baik. Dan resikonya kecelakaan menanti.

image

Lubang kunci bisa seret nih

Yang ke empat nih sob, lubang kunci. Untuk motor batangan biasanya lubang kunci menghadap ke bagian atas. Nah ini memungkinkan masuknya air ke dalam lubang kunci. Resiko berkarat pun menghantui. Kadang kunci akan sulit dimasukkan atau bahkan diputar. Bisa dicoba buat melumasi dengan sedikit chainlube pada bagian ini untuk melindungi dari serangan jahat air hujan.

image

Meskipun rata tidak menjamin air tidak masuk kedalamnya

Kelima kita ke tangki bensin. Buat motor batangan baik itu tangki jendol atau tangki rata masih memungkinkan untuk kemasukan air. Dan apabila air ini lama mengendap akan menjadi karat dan berpotensi membuat tangki jadi keropos. Saran sih bisa lakukan pengurasan 2-3 bulan sekali untuk mengecheck kondisi tempat penampungan bahan bakar ini sob.

image

Periksa kisi radiator. Pastikan tidak ada kotoran menyumbat

Next yang ke enam, buat motor motor yang sudah pake radiator nih, check kondisi radiator apakah kisi kisi tidak tertutupi kotoran atau pasir yang terselip diantaranya. Dikarenakan apabila radiator tertutup kotoran tentu saja proses pendinginan mesin akan terganggu. Dan pasti beresiko pada performa dan daya tahan mesin.

image

Check bagian ini

Last dan paling beresiko menurut ane adalah wiring alias perkabelan pada motor. Buat sobat semua yang sudah melakukan perubahan atau otak atik bagian ini waspadai terjadinya konslet atau kontak arus pendek. Check kabel kabel yang terkelupas, check juga bagian sambungan serta socket socket. Tutupi atau balut dengan selotip pada bagian bagian yabg terbuka agar tidak terjadi konslet akibat air hujan.

Nah kira kira itu sob yang harus dicheck selama musim hujan dan setelah musim hujan. Sayangi motormu karena dia membantumu mencapai tempat tempat yang kau inginkan setiap harinya… Salam….

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, brotherhood, hobby, iseng, modifikasi, motor, opini pribadi, perbaikan, prosedure dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

36 Balasan ke Hujan???? Sering Check Bagian Ini!!!

  1. wtf170 berkata:

    nice inpohhhh

    Suka

  2. abaydmz berkata:

    Paling greget itu kelistrikan, pusing kalau urut kabel konslet sampe bisa bikin kabel putus ditengah2

    Suka

  3. mas huda berkata:

    Soal rante ni sering bikin galau, sering tak kasih pelumas eh malah kendor… Hhmmm

    http://sukarodadua.blogspot.com/p/tentang.html?m=1

    Suka

  4. potretbikers berkata:

    Siappp suhu….rantai selalu nggak lupa dicek 😉

    ———–

    Hotel Bismo – Kota Kediri, tempat menginap Ultah JatimOtoBlog III 2014 – http://wp.me/p3F1M1-I0

    Suka

  5. Kluban.net berkata:

    wah, sering lupa nih hehehehe

    Suka

  6. gasspoll83 berkata:

    yang terakhir itu speedo meter apa ya?

    Suka

  7. cadoxs berkata:

    hari gini pake rantai#eh kabuuuur

    Suka

  8. adjiewcx berkata:

    klaher sama kampas rem euy boros, maklum jalannya masih tradisional #tanah berlumpur

    Suka

  9. Cek kepribadian anda juga,xixixi

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.