Hujan???? Sering Check Bagian Ini!!!




image
Rising saat hujan motor pun beresiko sakit seperti ridernya

Macantua.com – Musim hujan masih mendera bangsa ini (aheuy). Bagi yang doyan bawa motor pasti bakal srring merasakan yang namanya kehujanan kan? Hujan memang tidak hanya jahat pada fisik manusia tapi juga pada kendaraan kita lho… Nah kira kira apa saja bagian yang harus kita check selama musim hujan ini biar ga kebagian masalah saat kendaraan kita gunakan? Yuk kita bahas……

image
Gear dan rantai wajib terjaga pelumasnya

Bagian pertama yang harus sering kita check adalah rantai. Yup rantai. Karena oli,chainlube atau stempet yang biasa melindungi rantai dari gesekan dengan gear akan terkikis oleh air hujan. Nah bila tidak sering kita check dikhawatirkan rantai akan timbul karat dan ini bisa memperpendek usia rantai dan gear. Rajinlah untuk melumasi rantai selama musim hujan ini ya….

image
Bearing alias klaher wajib dicheck

Bagian kedua yang harus sering dicheck saat musim hujan adalah bearing alias klaher roda. Bagian ini memang fital banget buat menggelindingkan roda motor kita. Biasanya kejadiannya hampir sama dengan rantai, pelumas berkurang karena terkikis air hujan dan bisa menyebabkan pelor alias bola bola di dalam bearing aus dan berubah bentuk atau deformasi. Kalau sudah begini pasti handling dan kenyamanan berkendara pun akan berkurang. Atau bahkan motor akan sulit dikendalikan. Bahaya kan???

image
Pastikan rem bekerja denan baik

Nah bagian ketiga yang harus sering kita check adalah rem. Loh kok rem? Yaiyalah, rem merupakan bagian vital buat berkendara. Biasanya kalau musim hujan pasir halus dengan mudah bisa masuk ke celah celah pad atau kanvas. Ini bisa menyebabkan rem berbunyi dan bahkan bisa menyebabkan cakram depan atau belakang tergores. Nah kalau sudah tergores gini biasanya ketebalan serta daya cengkram rem akan kurang baik. Dan resikonya kecelakaan menanti.

image
Lubang kunci bisa seret nih

Yang ke empat nih sob, lubang kunci. Untuk motor batangan biasanya lubang kunci menghadap ke bagian atas. Nah ini memungkinkan masuknya air ke dalam lubang kunci. Resiko berkarat pun menghantui. Kadang kunci akan sulit dimasukkan atau bahkan diputar. Bisa dicoba buat melumasi dengan sedikit chainlube pada bagian ini untuk melindungi dari serangan jahat air hujan.

image
Meskipun rata tidak menjamin air tidak masuk kedalamnya

Kelima kita ke tangki bensin. Buat motor batangan baik itu tangki jendol atau tangki rata masih memungkinkan untuk kemasukan air. Dan apabila air ini lama mengendap akan menjadi karat dan berpotensi membuat tangki jadi keropos. Saran sih bisa lakukan pengurasan 2-3 bulan sekali untuk mengecheck kondisi tempat penampungan bahan bakar ini sob.

image
Periksa kisi radiator. Pastikan tidak ada kotoran menyumbat

Next yang ke enam, buat motor motor yang sudah pake radiator nih, check kondisi radiator apakah kisi kisi tidak tertutupi kotoran atau pasir yang terselip diantaranya. Dikarenakan apabila radiator tertutup kotoran tentu saja proses pendinginan mesin akan terganggu. Dan pasti beresiko pada performa dan daya tahan mesin.

image
Check bagian ini

Last dan paling beresiko menurut ane adalah wiring alias perkabelan pada motor. Buat sobat semua yang sudah melakukan perubahan atau otak atik bagian ini waspadai terjadinya konslet atau kontak arus pendek. Check kabel kabel yang terkelupas, check juga bagian sambungan serta socket socket. Tutupi atau balut dengan selotip pada bagian bagian yabg terbuka agar tidak terjadi konslet akibat air hujan.

Nah kira kira itu sob yang harus dicheck selama musim hujan dan setelah musim hujan. Sayangi motormu karena dia membantumu mencapai tempat tempat yang kau inginkan setiap harinya… Salam….


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







36 Comments

Leave a Reply