Modifikasi : Hobi, Tuntutan atau Tantangan???




Image

Bicara soal otomotif pasti ga asing dengan yang namanya modifikasi, Modifikasi kalo boleh ane bilang sih merubah bentuk sebuah barang dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya,serta menampilkan bentuk yang lebih bagus dari aslinya. tapi terkadang fungsinya pun bisa bertambah atau lebih maksimal atau malah sebaliknya. Kalau boleh diambil saripati katanya ya “merubah”, mau apapun hasilnya ya merubahlah yang dilakukan. Dalam dunia otomotif merubah bagian motor sepertinya sudah jadi hal yang wajar alias umum ya sob. mulai dari hal kecil seperti tuas rem dan kopling, pernak-pernik sticker striping sampe hal terekstrim mungkin pindah gender (bukan operasi ganti kelamin ya) dari bebek jadi punya tampilan moge.

Banyak temen -temen ane kalo ditanya alasannya saat memodifikasi ya macem-macem sob, bisa kita sebutin nih satu-satu :

  1. Pengen tampil beda. ini biasanya alasan kebanyakan orang memodifikasi kendaraannya. biasanya mereka sudah bosan dengan menyaksikan tampilan apa adanya seperti keluaran standaran pabrik. tampil beda disini bisa dari segi warna, bentuk bahkan fungsi.
  2. Biar kenceng. nah kalo alasan ini biasanya buat para mereka yang doyan kebut-kebutan alias speed freak. yang utama mereka modifikasi biasanya Mesin beserta serangkaian penunjangnya. entah itu bore up, Porting polish, ganti pengapian, CDI, Knalpot yang membantu mendongkrak kinerja sang mesin.
  3. Biar nyaman. ini alasan biasanya buat yang doyan naek motor lebih sering, naek motor jarak jauh atau touring, kenyamanan yang dimaksud bisa mulai dari keras lembutnya jok, senderan jok, panjang dan tinggi handle bar, handle grip,  sampai ukuran ban dan type ban yang digunakan.
  4. Biar Safety. safety disini bukan hanya safety gear buat pengendaranya, tapi buat kendaraannya juga. pemasangan engine guard atau engine slider, handguard, Lampu depan yang lebih terang sampai sampu variasi (strobo juga termasuk kali ya) diterapkan di motor sang pengguna. alasannya ya biar terlindungi saat kecelakaan baik tunggangan atau pengendaranya.
  5. Iseng, nah ini alasan paling irasional kalo menurut ane, tapi ada aja orang yang bilang memodifikasi motornya cuma karena kata iseng. mungkin cuma menghabiskan waktu sambil ngutak-ngatik tunggangannya.
  6. Cepat bosan, ini satu alasan temen ane yang memang rajin sekali melakukan perubahan buat tunggangannya, entah penggantian yang hanya striping sampai part-part lain hanya karena kata bosan. (gimana nasib istrinya ya kalo punya suka suami cepat bosan hihihihihi OOT). Biasanya nih yang begini emang sudah kelebihan uang atau sudah mengakar ide jahilnya buat ngacak-ngacak tunggangan.

Tapi dari sekian banyak alasan yang ada diatas (mungkin ada alasan lainnya yang ga ane tulis) ane membaginya cuma jadi 3 kategori yaitu Hobi, Tuntutan dan Tantangan. Kalau ente semua kira-kira alasannya apa sob buat memodifikasi tunggangannya???

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







32 Comments

  1. Kalau saya modif motor lebih untuk mendongkrak tampilan tapi sekaligus jg harus funsional. Ninja 650 saya misalnya, hanya dikasih tankpad / stiker utk melindungi cat sekaligus membuat tampilan beda. Yg lain mungkin knalpot pasang yg racing kalau lg pengin, klo gak ya pasang yg standard.

  2. kl hobby modif semahal apapun dijalanin :mrgreen:
    kl tuntutan itu mungkin karena mau peremajaan atau refresment motornya 😀
    kl tantangan mau cb tampil beda yg susah dibikin supaya gampang :mrgreen:

  3. Iseng! ibu Q naek Honda Supra XX yang di modif ayago (pake bodi XRM 125 RS) pake dual cakram, dan speedo CS1, YANG MEMBEDAKAN adalah mesin tidur 100cc, wkwkwk… bodi sangar namun tetap lembut di jalanan, cocok buat dibawa belanja di pasar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.