2015, Perang Sesungguhnya Dimulai




image
Pilih Honda Atau Yamaha???

Macantua.com – 2015 sudah kita masuki beberapa hari, memang dalam waktu yang baru melewati 4 hari ini belum terlihat gejolak roda dua di tanah air karena libur panjang yang baru berakhir hari ini. Tapi, bukan berarti adem ayem ane memprediksi persaingan roda dua di Indonesia bakal lebih seru di tahun ini.

image
Yamaha Mio Bluecore 125 dan Beat 110 FI

Sektor matic, matic memang menjadi “kacang goreng” andalan AHM selama ini. Selama beberapa tahun terakhir Honda menguasai pasar yang satu ini dengan sangat dahsyat. Kalau boleh dibilang pertahunnya penjualan matic Honda meraja. Tapi jangan jumawa dulu. Pesaing sejatinya yaitu YIMM dengan merk dagang Yamaha ga tinggal diam. Ingat terakhir Mio M3 diluncurkan dengan harga tipis dan kubikasi lebih besar. Belum lagi rumor Mio GT dan NMax yang siap menggebrak laju Beat dan Vario yang katanya akan membengkak menjadi 150cc.

image
Suzuki wajib pertahankan pamornya

Next underbone. Rumor munculnya sang Bebek sport 150cc yang sudah muncul di Vietnam sana menjadi salah satu agenda yang mungkin akan menjadi senjata ampuh Yamaha menundukkan Supra sebagai “rajanya bebek” selama ini. Exciter a.k.a Jupiter MX ini juga dibuat untuk menggebuk Satria F 150 yang selama ini menjadi “underbone terkencang” di negeri ini. Jurus jitu sekali gebuk 2 target tercapai. Tapi jangan senang dulu, majunya Yamaha dengan Exciter a.k.a Jupiter MX 150 ini mungkin akan diganggu oleh kehadiran Athlete dari Kawasaki serta rumor CS1 Reborn yang katanya berbentuk Ayago dari Honda. Siapakah yang menang di sektor underbone ini???? Masih remang remang sob…

image
Honda CBR 150 R

Masuk ke Segment Batangan. Boleh kita masukin ke kelas 150cc dulu ya. Non fairing diisi CBSF dan NVL akan masih tetap bersaing. Walau NVL masih tetap menjadi raja sport 150cc. Rumor mengupgrade NVL menjadi DOHC engine menjadi rumor terganas selain lahirnya GSX 150 dari Suzuki (walau masih kurang jelas). Buat 150Faired ini yang seru pertarungan baru dimulai belum lama. R15 dan CBR150 dua produk 150 faired lokal ini bersaing keras. Meski Suzuki yang punya rumor mengeluarkan Sport fairing 150 juga tapi karena Suzuki Indonesia yang ga meyakinkan dalam berjualan makan perang hanya akan terjadi dari dua pabrikan Honda dan Yamaha. Rumor Ninja 150 4stroke pun akhirnya bernasib sama dengan Sport Suzuki.

image
NINJA 250 di TVC R25

250 faired, ini kelas yang mulai menjadi “kacang goreng” selanjutnya. Memang kelas 250cc seolah bukan sebuah hal yang “wah” saat ini. Sudah banyak orang yang pakai dan mampu membeli. Bahkan buruh pabrik yang selalu demo pun masih sanggup beli Ninja 250 hehehe…. Tapi kehadiran R25 seolah mengusik singgasana si Ninja. Upgrade besar besaran dengan sliperclutch pun dijadikan added value untuk Ninja. Ssstt…. kemungkinan AHM yang selama ini betah menjomblo pun akan berpasangan. Hanya saja ga segaris melainkan berkonfigurasi V. Tapi entah lah sinyalemen keluarnya sang Vtwin masih samar dan R25 bersama Ninja akan tetap melenggang mesra.

image
Inazuma yang hidup segan mati tak mau

Disegmen 250 naked, Z250 dan 250 sl keluaran Kawasaki masih meraja. Sementara Inazuma terseok seok bahkan di India discontinue, Z 250 masih bisa dibilang dalam posisi tenang. Sambil menunggu MT25 nya Yamaha dan Honda yang katanya akan memboyong eh membuat VTR lokal sebagai versi naked dari Sport Faired Vtwin dari Honda.

Last, bagaimana 2015 sesungguhnya di pasar roda dua????? Sungguh saya ga sabar buat melihat dan merasakan panasnya persaingan semua pabrikan…








27 Comments

Leave a Reply