Tips Tips Asyik Touring Libur Tahun Baru




Macantua.com – Kegiatan touring menjelang atau pada saat tahun baru biasanya meningkat sob. Touring sendiri atau bersama komunitas di akhir tahun memang menyenangkan karena touring masih menjadi pilihan yang dianggap liburan dan hiburan yang bisa dibilang cukup murah. Touring juga dijadikan sarana silaturahmi, baik mengunjungi keluarga atau berkunjung antar komunitas bahkan rekan-rekan yang memiliki satu profesi atau hobi yang sama. Nah, supaya touring kamu mengasyikkan dan tidak terjadi hal hal yang tidak diiningkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih sob. Hal ini tentu saja berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan selama kamu kamu semua berkendara sob. Apa aja sih tips tips biar tetep asyik selama touring? Yuk kita bahas…

1. Jangan lupa sarapan sebelum berangkat

Banyak pengendara yang menyepelekan yang namanya sarapan pagi. Alasannya macem macem, “ah masih kenyang” atau “kan gw pake jaket” atau “ah touringnya kan pake mobil ga akan masuk angin”. Apalagi jika keberangkatan sudah dilakukan sejak subuh atau dini hari akhirnya maksa berangkat demi bisa berkumpul di titik yang sudah ditentukan. Padahal sarapan pagi ini penting banget sob buat kamu yang mau berangkat touring atau perjalanan jauh. Selain bikin kamu ga masuk angin, sarapan juga bikin badan tersuplai nutrisi yang bikin kamu tetap bisa fokus berkendara sampai tujuan.


Pastikan perut kamu terisi dengan menu yang bergizi ya sob. Dan jangan lupa sesuaikan menu sarapan dengan kondisi dan lamanya perjalanan. Misalnya dengan menghindari makanan yang terlalu banyak gula apalagi minuman bersoda karena bisa membuat perut kembung sehingga lebih mudah terkena masuk angin. 

2. Bawalah kunci cadangan dengan menempatkan di tas yang aman

Tidak ada yang bisa memprediksi kejadian di perjalanan. Oleh karena itu, selalu persiapkan kunci cadangan agar jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Beberapa kasus terjadi seperti kunci hilang atau terdapat kendala dengan lubang kunci sehingga membuat motor tidak bisa dihidupkan. Ane beberapa waktu lalu sempat merasakan apesnya hilang kunci mobil saat sedang jalan dengan keluarga. Untungnya sih bukan touring jauh jadi ane masih bisa balik ke rumah naik ojek online buat ambil kunci cadangan di rumah.

Ga kebayang kan kalau kejadian kunci hilang terjadi saat perjalanan touring yang jauh dari rumah. Pasti akan sangat sulit mendapatkan bantuan tukang kunci di perjalanan dengan mudah, terlebih jika kondisi tersebut terjadi pada saat malam hari dan jauh dari perkotaan. Bisa nginep di tempat yang ga diinginkan atau dorong motor jauh ke bengkel.

3. Antisipasi musim hujan, bawalah dry bag agar barang bawaan tetap kering

Nah kalau inget pelajaran SD dulu kita tau yang namanya bulan berakhiran ber ber ber biasanya identik dengan musim hujan kan sob? Selain kondisi perjalanan saat hujan dan kondisi kendaraan saat melintasi jalanan basah, salah satu hal yang juga perlu diantisipasi adalah membawa dry bag atau tas yang anti air. Gunanya sih biar kamu bisa menempatkan barang-barang berharga kamu agar tetap kering pada saat harus berkendara dengan motormu melintasi hujan. Atau kamu juga bisa mempersiapkan box khusus untuk menempatkan barang-barang yang dikhawatirkan menjadi rusak jika terkena air atau terendam air hujan. 

4. Hindari berkendara dalam cuaca yang ekstrim

Belakangan cuaca di beberapa kota besar di Indonesia dilanda dengan cuaca ekstrim. Cuaca bisa menyentuh suhu hingga 38 derajat celcius lebih pada siang hari atau bahkan bisa tiba tiba hujan disertai angin kencang. Sebaiknya hindari berkendara dalam cuaca yang ekstrim ini demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sob. Baik yang berpengaruh langsung pada kendaraan maupun pada tubuh kita sebagai pengendara. Namun jika sudah berada dalam perjalanan, atau di tengah perjalanan sebaiknya menepi, mengambil jeda atau istirahat beberapa waktu sambil menunggu suhu atau cuaca normal kembali. Usahakan juga untuk berteduh di tempat yang aman dan terlindung seperti gedung atau ruang tertutup lainnya. Ane sih ga nyaranin buat istirahat di bawah pohon, apalagi di saat hujan. Bisa bisa ada petir menyambar dan kita ga bisa menghindarinya. Prefer cari rest area, masjid atau warung buat beristirahat. Terlebih kalau di warung kita bisa sambil cemal cemil ngisi perut xixixi

5. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan aturan berkendara dengan baik

Perjalanan panjang bukan hanya membutuhkan stamina pengendara yang kuat atau kondisi kendaraan yang prima. Selain itu, wajib juga bagi kita mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama berkendara apalagi berada dalam rombongan touring. Misalnya rambu batas kecepatan, peringatan tikungan, jalan menanjak dan menurun wajib kita perhatikan. Karena perjalanan touring bisa dibilang melewati jalanan yang ga kita lewati setiap harinya. So, kita bisa dipastikan ga hapal dong dengan kondisi jalan kalau ga mengikuti rambu rambu yang dipasang. Selain sampai ke tujuan aman tentu saja kita berharap kembali ke rumah dengan selamat kan?

Nah… biasanya sih kalau laki nya touring, pasti anak bini pengen ikutan juga ngintilin. Sudah hal biasa lah ya… Kadang bini juga pengen ikutan kalau ane lagi touring. Nah buat keluarga yang ingin ikut touring, ane sarankan sih sebaiknya ga menggunakan kendaraan sendiri. Selain bisa menguras tenaga juga membutuhkan supir yang prima. Alternatifnya, kamu bisa sewa mobil sekaligus supir yang sudah berpengalaman dengan kendaraan yang aman. Jadi keluarga bisa ngikutin touring tinggal duduk santai ga pake mikirin kudu ikutan melek sepanjang jalan karena harus nyetir kan?

Kamu ga perlu bingung mencari rental mobil dengan supir yang berpengalaman dalam mengikuti perjalanan jauh sob. Ane kasih satu rekemondasi rental car yang pro banget…. Jenis mobil bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu tentunya sob. Kamu bisa cari dan bandingkan kendaraan yang paling cocok di laman web https://www.trac.astra.co.id/ ada cukup banyak pilihan kendaraan yang cocok untuk menemani touring tanpa harus mengganggu rombongan. Yang pasti sampai tujuan seger badan. Bapak senang keluarga tenang.

Itulah beberapa tips asyik buat kamu yang sudah berencana untuk touring jelang tahun baru 2020 nanti.  semoga tips tips touring nya bermanfaat ya sob. Ciao…

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.