Philips Island : Marquez Juara Lagi…. Vinales Crash di Last Lap




Macantua.com – Balapan kali ini memang bukan jadi penentu apa apa, namun dari sesi FP sepertinya Para pembalap dari Yamaha menguasai track dengan sempurna. Dari berbagai kondisi cuaca bisa dibilang Yamaha lewat Vinales bisa menaklukkan Philips island dengan baik. Hal ini dipertegas dengan posisi pole yang diraihnya untuk start terdepan di gelaran kali ini.


Lampu hijau menyala dan balapan pun dimulai. Rossi melesat memimpin di depan, namun squad Yamaha harus kehilangan personilnya saat Quartararo kecelakaan tersambar badan Petrucci yang terlempar ke udara. 27 Laps to go Rossi memimpin balapan diikuti Crutchlow di posisi kedua Iannone di posisi ke-3 dan Marquez di posisi ke-4. Alex Rins sempat cetak fastest lap 1.29.990. Marquez pun berhasil menyalip Iannone tapi iannone tak mau tinggal diam dan kembali mengambil posisinya dari Marquez. Vinales yang sebelumnya ada di posisi 6 berhasil naik ke posisi ke-5 setelah menyalip Aleix Espargaro. Rossi yang sebelumnya di depan akhirnya turun ke posisi ke-3 setelah disalip Crutchlow dan Iannone. Iannone salip Crutchlow ambil alih posisi terdepan sementara. Marquez yang anteng pun harus terusik saat Vinales mengambil alih posisinya.

Rossi semakin melorot, Marquez berhasil salip Rossi kemudian Iannone untuk naik ke posisi ke-2. Rossi kembali turun ke posisi ke-6 setelah disalip Aleix Espargaro. Ga pake lama Rossi kembali turun ke posisi ke-7 disalip Alex Rins. Dovizioso yanga da di posisi 8 naik ke posisi ke-7 setelah salip Rossi. Sementara di depan Vinales naik ke posisi ke-3 salip Iannone.

18 Laps to go Vinales ambil alih pimpinan balap setelah salip Crutchlow. Marquez naik ke posisi ke-2 salip Crutchlow di tikungan 9. Iannone naik ke posisi ke-3 salip Crutchlow. Namun di lap selanjutnya Crutchlow kembali salip Iannone di tikungan ke-1 mengamankan posisinya. Terlihat jelas disini bagaimana kekuatan mesin Honda masih diatas mesin Aprilia saat di straight.

15 Laps to go Rossi naik ke posisi ke-5 salip Iannone sementara Marquez terus menempel ketat Vinales. Di barisan belakang Jack Miller naik ke posisi ke-7 salip Iannone. Dovizioso naik ke posisi ke-5 salip Alex Rins. jack Miller naik ke posisi ke-6 salip Alex Rins. Di sisa 10 laps, Dovizioso naik ke posisi ke-4 salip Rossi tapi Rossi kembali ambil alih posisi ke-4 dari Dovizioso. Namun di lap berikutnya Dovizioso dan Jack Miller secara bersamaan salip Rossi di tikungan pertama. Tak lama kemudian Bagnaia berhasil salip Rossi ambil alih posisi ke-6.

7 Laps to go Bagnaia naik ke posisi ke-4 salip Dovizioso dan Miller. Disini terlihat performa sang rokie bisa bersaing di barisan depan. Jack Miller yang ada di belakangnya pun naik ke posisi ke-5 salip Dovizioso. Rossi semakin terpuruk ke belakang setelah disalip Mir. Di depan Marquez masih terus menempel ketat Vinales. Sementara kru di pit lane sudah mempersiapkan motor pengganti karena dikhawatirkan perubahan cuaca mendadak dimana rintik hujan sudah mulai menerpa philips island. Jack Miller yang ada di posisi 5 naik ke posisi 4 salip Bagnaia. 3 Laps to go Dovizioso naik ke posisi ke-4 salip Bagnaia.

Tersisa 2 laps untuk perebutan juara di Philips Island. Vinales masih memimpin di depan sementara Marquez masih ketat menempel tepat di belakangnya. Carl yang sadar akan kemampuan motornya akhirnya menahan diri di posisi ke 3. Marquez pun melakukan penekanan di tikungan pertama dan berhasil melewati Vinales di lap terakhir. Kondisi ban yang sudah habis dan air hujan yang sedikit mulai turun membuat cengkraman ban kurang maksimal. Vinales yang mencoba mempertahankan posisi terdepan malah akhirnya harus kehilangan kendali saat masuk tikungan 9. Motor pun hancur…. Vinales tak dapat melanjutkan balapan. Marquez kontan mengisi podium utama. Carl yang sejak beberapa lap terakhir menjaga kondisi ban akhirnya mendapatkan keuntungan hingga bisa naik ke posisi 2 podium ditemani jack Miller yang mengisi podium 3.

What a race, ane pikir ga bakal serame ini karena di awal race Quartararo sudah crash duluan. Sayangnya Vinales ga bisa mempertahankan posisinya sampai harus crash… Seenggaknya kita bisa dapat pelajaran bahwa di race kali ini Rossi memberikan contoh berada di depan saat di awal race dan kemudian membiarkan yang lebih muda ada di depan xixixixi ciao … Jangan baper…..

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







1 Trackback / Pingback

  1. Kumpulan Blog yang Membahas MotoGP Phillip Island Australia 2019 – Mercon Motor

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.