Motor Sport Semakin Merajalela

Image

Hola Sob… Akhirnya ane dapet mood buat nulis nih setelah sekian hari males ngapa-ngapain termasuk nulis disamping kesibukan yang sudah mulai tahap jenuh ini ane mulai coba buat nyemangatin diri kaya geliat semangat otomotif roda dua Indonesia yang lagi kebanjiran motor motor baru hehehehehhe…

Segment Sport alias motor batangan yang entah enginenya emang bener bener buat sport murni atau totally commuter sekarang lagi banyak membanjiri pasar nih, mulai dari segment kecil 150 cc sampe yang masuk kategori moge alias motor gede datang berbondong bondong menuju masuk pasar Indonesia. Bisa kita hitung dulu motor sport ga terlalu banyak, anggap saja generasi 10 tahun lalu motor sport alias batangan cuma bisa temukan sedikit tiap pabrikannya. Ambil contoh Honda dulu cuma punya Tiger, Megapro, Win 100 dan GL series, untuk import hanya CBR 150 . Yamaha sendiri cuma punya RX King, Scorpio, YT . Suzuki cuma punya FXR itu pun umurnya pendek, ditolong sama Thunder 250 yang ga panjang umur juga dan akhirnya sisa thunder 125 yang masih bertahan sampe sekarang. Kawasaki masih kuat dengan batangan 150 faired dan non faired nya…. Moge??? masih belum terlalu wah seperti sekarang, kebanyakan masih membeli melalui IU alias importir umum. dan masih menjadi sebuah kendaraan eksklusif pake banget lho. Mayoritas pasar roda dua masih dikuasai para bebeker dan metiker (jaman itu matic pun masih dikit modelnya). Dimana Bebek alias CUB masih menjadi primadona motor saat itu.

Itu dulu 10 tahun lalu, lain dulu lain sekarang lho… Dimulai tahun 2007 saat Yamaha menggedor pasar motor sport yang Lemah Letih Lesu Lunglai dengan produk barunya Yamaha Vixion, Sebuah motor sport yang bikin jagad permotoran saat itu geger. Gimana engga dengan harga hanya belasan juta sudah dapet fasilitas full lho… diasil silinder, radiator, rangka delta box dan pastinya injeksi. walau injeksi lebih dulu dikenalkan Honda pada gen Supra tapi Vixion menjadi imej injeksi = irit. Setahun kemudian Kawasaki gantian menghancurkan imej 250cc yang rusak ditangan Suzuki lewat Thunder 250nya dengan pemasaran nya yang ciamik menjadikan Ninja 250 R 2silinder 4 tak (walau masih karburasi) menjadi primadona baru motor sport, kalau boleh dibilang mini moge alias moge wannabe banget dah. Penjualan Kawasaki naik drastis setelah sebelumnya terseok seok dengan hanya mengandalkan Ninja 2tak series dan stress menjual bebek bebeknya. Honda ga mau ketinggalan dan mencoba peruntungan (walau ga seberuntung Kawasaki) dengan CBR250 nya. dan Kelas 250 pun seperti sudah biasa diawal tahun 2010an.

Seperti kita tau sama sama klo setelah 2010 perkembangan motor sport alias batangan ini bergejolak edan edanan. Byson meluncur sebagai medium sport naked yang punya body super guanteng, disusul oleh New Megapro, tak lama kemudian NVL dan CBSF sampai sport batangan murah seperti Versa pun renyah dipasaran. Bebek pun tergeser, belum lagi setelah injeksi menjadi target para pabrikan dengan slogan iritnya. Motor batangan yang dulu imejnya pasti lebih boros dari bebek pun bergeser ke arah IRIT. Motor motor besar dengan sistem pengkabutan  injeksi menjadikan imej modern pada sport anyar. coba liat ninja 250 fi, Z250, CBR250, Inazuma semuanya menyematkan sistem pengkabutan injeksi. dan pastinya bikin gregetan bagi yang masih ngeluarin motor karbu. Tak hanya dari pabrikan yang dulunya ada di dalam negeri yang mayoritas Jepang, India dan Eropa pun coba masuk pasar Indonesia dengan motor motor batangannya. Pulsar dari Bajaj ( walau dah kabur) TVS yang masih setia dagang walau hasilnya belum joss, KTM, Ducati, BMW, MV Agusta dan entah motor apalagi yang nama namanya masih kurang familiar di Indonesia tapi sudah besar di mancanegara rame rame bikin Showroom buat dagang motor motornya. Sampai akhirnya para pabrikan jepang yang tadinya hanya leye leye dengan dagang motor kecil akhirnya ikutan dagang motor gede alias moge. Kawasaki, Yamaha, Suzuki sudah mulai ambil bagian buat dagang moge nya di Indonesia.

Dengan banjirnya motor sport alias batangan ini memang ada sisi positif dan negatifnya sob. Kita sebagai konsumen berarti banyak pilihan yang bikin kita ga pake kacamata kuda pada satu merk. tetapi ada sisi negatif yang jadi ancaman kita di jalan raya = ALAYER BERDUIT. Semoga saja ancaman itu ga semakin ditemukan dijalanan baik di kota kampung maupun pedalaman hehehehehehe….. Sebesar apapun kubikasi mesinmu keep safety bro (*sambil lirik foto di atas xixixixixi……)

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di opini pribadi dan tag , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Motor Sport Semakin Merajalela

  1. Mas Wiro berkata:

    VERZAAAAAMAAAXXXX

    Setelah hattrick…Marc Marquez buru Podium 1 di Jerez 😀
    —–
    http://nyobamoto.com/2014/04/30/setelah-hattrick-di-tiga-balapan-marquez-buru-podium-1-di-jerez/

    Suka

  2. chep fabregas berkata:

    wakaka

    Suka

  3. alayer berduit pake 4 tak cukup di kepret pake bebek 2 tak macem RK Cool or F1ZR or Tornado juga cukup kok…

    lewatin terus kasih jari tengah…

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.