Main Jet dan Pilot Jet, Fungsi dan Bedanya Apa sih????




ini nih penentu enak engganya tarikan serta boros dan iritnya mesin
ini nih penentu enak engganya tarikan serta boros dan iritnya mesin

macantua.com – KEmbali bahas motor jadul dan cara settingnya aja nih, kalau boleh dibilang motor sekarang sudah jarang yang pake karburator barunya, cuma buat yang masih suka bawa motor jadul, settingan karburator ini menjadi penentu bagaimana penyuplaian bahan bakar dan juga campuran udara ke ruang bakar agar pembakaran bisa sempurna. Efeknya sudah jelas dong mesin akan bekerja optimal kalo bahasanya Mbah Rider Tuek. Nah untuk melakukan penyettingan ini pasti akan ada ubahan pada ukuran Pilot Jet dan Main Jet dari bawaan pabrikannya.

Kita bahas satu persatu deh, kita mulai dari Pilot Jet. Pilot jet itu berfungsi mengalirkan bahan bakar dari mesin dalam posisi stasioner sampai rpm menengah. Tanda yang biasa muncul kalau Pilot Jet ga sesuai. Biasanya Saat gas dibuka, seperti ada jeda. Itu bisa jadi penanda, bahwa ukuran pilot jet masih kekecilan. Nah beda lagi kalau kebesaran ukuran pilot jetnya biasanya karbu akan ngeluarin suara kaya yang ngorok atau berdesis seperti motor tanpa filter alias saringan udara.

Setelah kita tau Pilot jet mulai fungsi dan ngecek gejala ketidak sesuaiannya sekarang kita beralih ke main jet. Main jet ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar saat putaran mesin menengah sampai atas. Jadi bila ukuran main jet yang dipasang kekecilan, maka efek terhadap mesin seperti tarikan nafas yang pendek-pendek seolah mesin kecekek dan pastinya mesin akan cepat panas. Sementara kalau terlalu besar, sangat terasa kalau ketemu trek panjang, saat motor digas pol tenaganya seperti nanggung dan mengambang. Atau dengan kata lain, motor seperti enggak ketemu peak power-nya.

nah buat yang ngerasain kurang joss pada kendaraannya silakan diulik ulik biar sang tunggangan bisa kerja optimal ya…. ciao

Yang ini juga menarik :







18 Comments

  1. spin aku kang sangat boros di saat jalan macat, ber arti saat idling sampai menengah. klu jalan panjang tenaga ada. jadi aapa yg arus di olah pilot jet atau main jet. tq kang

Leave a Reply