Sekejam Inikah Dunia Motor Bekas (Mokas)?




Macantua.com – Sejahat inikah dunia motor bekas? Asli ini sebuah pertanyaan yang langsung tersirat di kepala ane saat melihat postingan ini di group Long Drain Interval Community. Kok ya sejahat itu hanya demi mendapatkan uang yang jelas ga terlalu banyak. Tapi aksi ini ya jelas bakal merusak pasar motor bekas kalau sering terjadi. Kasian juga pedagang lain yang jujur.

 

Ane copas langsung dari statusnya ya :

Sebegini Parahkah dunia jual/beli motor bekas?

#OOT
Assalamualaikum Wr.Wb
3 hari yang lalu, teman seperjuangan mengirimkan pesan bahwa ia akan membeli motor bekas. dengan berkembangnya teknologi, tentu memudahkan kita mencari lapak di situs” besar. alhasil setelah mendapatkan informasi lokasi dan deal masalah harga, ia mengajak saya untuk menemani menuju lokasi. sesampainya di lokasi, kami langsung berbincang mengenai kondisi motor. Alhamdulillah kami disambut dengan hangat. alhasil dengan harga yang sangat miring, masih worth it untuk memperbaiki nya karena pihak penjual hanya mengatakan terjadi masalah di CVT (matic) yaitu suara ngawung/siul saat rpm tinggi dan pihak penjual mengatakan bahwa itu terjadi karena cvt seret/kurang grease. selain itu hanya sekadar masalah lampu dan spedo. karena waktu sudah mendekati shalat maghrib akhirnya kami deal. karena saat itu bengkel sudah tutup, kami memutuskan untuk kembali ke kos (anak kuliah hehe). keesokan harinya kami kembali ke bengkel untuk re-check kondisi motor. saya memperhatikan dengan teliti kegiatan mekanik, dan melihat bahwa banyak berlumuran Grease/Gemuk di area cvt. mekanik bilang grease yg digunakan adalah sejenis grease “Kobra” bukan untuk cvt. curiga pada transmisi dan mesin, kami memutuskan untuk drain oli transmisi dan mesin. saat melepas baut transmisi, Tidak Ada oli yg keluar sama sekali, awalnya kami mengira bahwa oli sudah terlalu lama sehingga mengental layaknya jelly. begitu dibongkar transmisinya, bisa dilihat di gambar bahwa seluruh transmisi dipasang Gemuk yg bukan peruntukannya tadi (gambar terlampir) . di sini mekanik hanya tertawa. lanjut kami drain si oli mesin tadi, ternyata oli yg terkuras hanya kurang lebih 400-500ml, betapa jahatnya tindakan terhadap motor tersebut. teman saya langsung konfirmasi kejadian ini ke penjual, alhasil kami di block di wa, padahal kami ngomong dengan cara yg baik, bukan langsung menghardik. Bersambungg..

Ane ga bisa banyak komentar. Kasusnya masih BERSAMBUNG sob. Namun aksi ini jelas merusak penjualan motor bekas atau motor seken. Orang akan lebih waspada atau bahkan lebih memilih membeli motor baru dengan kondisi dari dealer dari pada beli motor seken atau motor bekas. Kalau menurut kamu gimana sob?
<








16 Comments

  1. Maaf gagal faham kang, katanya oli mesin juga tapi di gambar tidak terlampir(bagian mesin)? Itu kan cuma oli transmisi saja, mohon dikoreksi kalau salah

  2. ga semua sekejam itu kayaknya kang. Ane selalu beli motor bekas dalam beberapa tahun ini, dari Vario 125 tuker tambah ke R15 V2 ,trus tuker lagi ke K45A dan sekarang baru beberapa bulan tuker tambah lagi sama CBR 250R Dual keen eyes. Gapernah ada masalah tuh kang semua motor ane dan servis record nya jelas. Semua tergantung kitanya sih teliti apa engga.

  3. Sapa yah bloger yg bacot ngomong menyembah nyembah motor rondho. Buat kalangan semampu dia pake logik aja. Baru lebih baik. Tapi dengan jahatnya mengiring opini

Leave a Reply