Lampu Hazard On, Ngebut, Zigzag. Masih Banyak Yang Salah Kaprah Fungsi Lampu Hazard




Macantua.com – Lampu hazard alias hazard lamp memang kini sudah menjadi fitur yang mulai pabrikan berikan untuk melengkapi fitur yang ada pada produk motornya. Kalau dulu, fitur lampu hazard ini cuma bisa didapatkan pada motor motor besar, motor motor mahal, namun kini fitur layaknya kendaraan roda 4 ini sudah ada pada motor motor entry level. Namun, karena masih banyak yang awam pada fungsi fitur ini, sering kali fitur ini disalahgunakan. Hazard On, ngebut, zigzag, berarti masih gagal paham sama fungsi lampu hazard sesungguhnya.


Ane sudah beberapa kali sih bahas soal fungsi hazard pada kendaraan, bahkan ane sudah pernah bahas kapan saja sih fitur ini bisa digunakan. Namun sepertinya memang ga semua ngerti soal hal ini. Seperti video yang ane dapat dari Raiso kakange Raisa di facebook ini. Sebuah motor bebek dikemudikan dengan kencang, manuver zigzag namun lampu sein keduamya menyala. Jelas ini bakal bikin binging pengguna jalan lainnya. Coba deh lihat videonya di bawah ini :

Gimana kalau kamu ketemu pengendara model di atas sob? Pasti gregetan sama seperti yang diungkapkan oleh pemilik video aslinya. Sampai beliau sendiri bertanya : mau digimanain kalau ketemu rider seperti ini. Ane sih gamau memprovokasi, namun memang kadang orang menganggap menggunakan hazard itu bisa cepat, bisa bebas bermanuver ria. Bisa ngebut layaknya motor patwal polisi yang pengawal pejabat. Padahal sejatinya fitur ini hanya boleh digunakan saat kondisi ada bahaya di depan pengemudi atau saat kendaraan dalam keadaan berhenti di sisi jalan, atau yang lebih parahnya lagi jika kendaraan sedang mengalami gangguan atau kerusakan sehingga harus sedikit menggangu jalur lalulintas. Namun kenyataan di lapangannya, fitur ini justru malah digunakan dalam touring berkelompok, atau bahkan seperti yang ada di video meski riding sendirian.

Ane sih ga menyalahkan fiturnya, namun lebih mengharapkan pabrikan memberikan pemahaman kepada para konsumennya untuk tidak menggunakan lampu hazard ini dalam keadaan kendaraan melaju. Ane yakin, masih banyak orang awam yang beranggapan kalau hazard itu boleh digunakan dalam kondisi apapun. Dan mau gamau ini jadi salah satu PR pabrikan untuk lebih mengedukasi fitur yang mereka sematkan pada produknya. Sama lah dengan fitur lain yang jadi kebanggaan produknya. Ya kan?

Last, mumpung belum semakin banyak rider alay yang gagal paham sebaiknya fitur ini segera disosialisasikan deh. Karena ini masih jadi hal baru di motor entry level jadi masih banyak newbie yang asal pakai fitur ini. Resikonya bisa celaka sob. Dan ane sih ga merekomendasikan penggunaan hazard dalam kondisi melaju kencang, dan zigzag seperti pada video di atas lho ya. Kalau menurut kamu gimana sob? Penting ga sih fitur lampu hazard ini? Atau pemborosan? Atau jangan jangan kamu setuju biar pabrikan bantu mengedukasi konsumennya? Ciao
<


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







15 Comments

  1. seharusnya emang fitur itu tdk diberikan ke motor umum,

    tapi ke motor para petugas yg berhak pake.

    indonesia ini disiplinnya msh rendah,

    blm saatnya diterapkan fitur itu ke semua kendaraan,

    cuma pasti fbnya mendukung pabrikan

    • jgn karena 1-3 org, di generalisir seluruhnya

      ymh rider juga sama, cuma karena sedikit jumahnya , jadi ngak bahan guncingan.

      di mana mana yg jadi bahan gunjingan itu yg jumlahnya banyak.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bilang Sama Dilan, Yang Berat Itu Bukan Rindu, Kata Dishub Kabupaten Pasuruan | macantua.com
  2. Fitur ESS Honda CBR150R jelas melanggar peraturan dan katanya dulu tombol lampu sein penting banget? | Mengupas soal motor

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.