Masih Banyak Yang Belum Paham Makna Garis Tak Putus Di Jalan


Macantua.com – Setiap garis di jalan raya punya makna dan arti tersendiri. Namun tak semua pengendara paham makna dari masing masing garis. Seperti halnya garis putih tak putus yang sering kita jumpai dibeberapa ruas jalan terutama di area tikungan dengan blind spot. Sebenarnya bahasan ini sudah ane bahas di artikel sebelumnya. Namun ga ada salahnya kita bahas ulang khusus untuk bagian garis lurus tak putus ini karena ternyata masih banyak yang belum paham makna garis ini di jalanan.


Sebuah postingan di group Motuba memperlihatkan kondisi seperti yang ane ceritakan di atas. Sebuah mobil SUV yang punya harga lumayan mengambil jalur berlawanan arah di sebuah turunan. Padahal melihat garis yang ada pada jalan menurun tersebut adalah garis panjang tak putus yang berarti tidak boleh mendahului. Mobil SUV hitam dengan sticker Rallyart besar di bagian belakangnya ini sempat bersenggolan dengan kendaraan dari lawan arah yang sedang menanjak. Padahal kita tau kalau kendaraan yang dalam kondisi menanjak itu seharusnya mendapat prioritas untuk berjalan lebih dahulu karena faktor beban yang diterimanya. Untung mobil penumpang kecil, coba kalau truk bermuatan? Apa ga bikin keder supir truknya tuh?

Sepertinya memang perlu ada sosialisasi lebih terkait hal ini. Dimana potensi kecelakaan akibat pelanggaran marka garis lurus di jalan ini sangat besar dan pelaku pelanggaran semakin banyak saja memungkinkan meningkatnya kecelakaan dan korban jiwa. Ingat, sekuat dan semahal apapun mobilnya kalau cara berkendaranya ga benar ya berpotensi kecelakaan. Dan ga menutup kemungkinan korban jiwa bisa dari sisi pengguna jalan lainnya, bukan hanya dari pelaku pelanggaran saja.

Last, ane cuma bisa mengingatkan sob, Garis lurus tanpa putus di tengah jalan raya jangan memaksa untuk mendahului. Karena pihak pemilik jalan yakni pemerintah lewat dinas lalu lintas dan jalan raya serta kepolisian sudah memperhitungkan setiap rambu dan marka jalan yang terpasang. Sekali melanggar, nyawa taruhannya. Gimana menurutmu sob? Semoga para pembaca macantua.com ngerti dan ga ikutan nyalip di jalan bermarka garis lurus tanpa putus ya. Ciao
<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, mobil, motor, opini pribadi, safety, Uncategorized dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Masih Banyak Yang Belum Paham Makna Garis Tak Putus Di Jalan

  1. Ari berkata:

    Bukannya itu udah ada di soal bikin SIM?
    Kalo masih ngelanggar, ya nggak pernah baca soalnya berarti (yang artinya….. silahkan disimpulkan sendiri)

    Suka

  2. Bhendjol berkata:

    Gw juga dulu gak tau, sampai ambil sim di NY baru tau… wakakakakakakakaka…
    Di Endonesah sim nya beli sih…

    Suka

  3. Ario berkata:

    Antara tidak tahu atau tidak peduli sebenarnya Mang..
    Mentalitas pengambil hak orang lain mungkin masyarakat kita ini..
    Sering bgt kl ketemu marka putih tak putus gini sengaja merapatkan ke tengah/kanan dekat marka..dan sering juga ada yg mengambil jalur dari arah berlawanan, sudah saya kasih tanda bukan jalurnya dia dan sering pula mereka melotot seakan bilang “gak peduli !”
    Hadddeeeww..

    Jujur, bukannya gak pernah ambil jalur berlawanan ketika marka putih tak putus..sering pula ambil jalur lawan hanya untuk menyalip..tp liat sikon di depan juga, kalau dari depan benar2 sepi pi piii..
    Barulah ambil jalur lawan untuk menyalip..
    *salah /melanggar peraturan juga sih sebenarnya hahaha..tp berusaha nggak sampai mendzalimi pengguna jalan lain (khususnya yg dari arah depan/berlawanan)..

    Suka

  4. Footy berkata:

    Club pajero biasa udah kaya orang paling kaya, cocok kalo dihancurin mobil dan dipukuli orangnya

    Suka

  5. deddypr45t berkata:

    pernah sih mang, pas tanjakan d belakang truk fuso muat amonium nitrat
    karena jalur kosong jd nekat nyalip aja, takut keunduran truknya sih

    Suka

  6. AD berkata:

    mungkin si sopir masih belum berani mentalnya ngambil jalur hijau dikanan,,,,
    malu sama tulisan ralliart,,,,,,,,,

    Suka

  7. Roy berkata:

    mereka tau, cuma mereka gak perduli. merasa mobilnya lebih besar, sama kek bus dan truk2 mereka tau dan mereka gak perduli, kan lg nyari rejeki

    Suka

  8. blackfirez berkata:

    Pak de, penggunaan lampu hazard (khususnya di mobil) juga di bahas dong. .masih banyak orang yg ga tau fungsinya. .ane pernah hampir nginjak muka orang gara” fia pasang lampu hazard di perempatan (pasang lampu hazard karena mau jalan lurus) nah ane yg dari kiri (mau lurus juga) ngeliat tuh mobil pasang lampu sign kiri (padahal hazard) jadi ane terus aja, eeh kucing setan tuh orang hampir nabrak ane. .ane mau marah” tapi orangnya tua. .takut kualat. .jadi ane bilangin aja funvsi lampu hazard itu pak de. .

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.