Modifikasi Liner dan Piston Dilubangi? Buat Apa Ya Fungsinya?





Macantua.com – Greget pas lihat gambar di atas, sebuah liner atau silinder line sebuah motor diberikan lubang lubang dengan menggunakan alat reamer. Entah bagaimana maksud sang penggunanya namun ini sesuatu yang baru buat ane. Ane pun mencoba gugling terkait hal ini.


Pertama untuk piston yang diberikan lubang lubang ane mendapatkan jawaban dari video ini :

Sepertinya modifikasi model ini sudah dikenal sejak lama, fungsi dari lubang lubang yabg dibuat dengan bor pada piston ini berfungsi untuk membuat oli terjebak di dalam lubang dan terbawa hingga ke liner sehingga membantu pelumasan. Ya kita tau kalau yang bergesekan pada mesin adalah liner dan ring piston. So, bagian dinding piston mungkin ga secara langsung menyentuh liner karena terganjal oleh ring. Tapi ga menutup kemungkinan juga kalau lubang ini bisa memicu guratan atau lecet pada dinding liner nantinya. Selain itu juga mungkin perlakuan pembuatan coakan ini bisa mengurangi bobot piston secara signifikan.

 

Namun, saat mencari tau soal liner yang diperlakukan serupa ane ga menemukan jawabannya. Ane sih sedikit bingung dengan gambar liner yang dilubangi serupa layaknya piston di atas. Ane malah berpikiran bahwa nanti gesekan di ruang bakar akan semakin besar antara ring piston dan liner. Tapi ya ane belum menemukan jawaban mengenai hal ini lebih jelas. So ane ga berani berspekulasi.

 
Kira kira apa ya fungsinya membuat coakan coakan didinding liner mesin ini. Ada yang bis bantu ane untuk menjelaskannya?

 
<


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







10 Comments

  1. bettul masih masuk akal jika dinding piston bawah di bikin coakan coakan,
    tp jika silinder di bikin coak..?
    kok mumet yaak, ilmunya dapet dari mana??

  2. apa untuk memperingan piston dan liner? dan kebutuhannya cuma buat drag aja?? kl dl untuk drag biasaya pantat dinding piston yang dikurangi.. entah sekarang spt apa.. pendapat ane saja sih.

  3. Yang ada malah bikin piston cepet oblak, kalo di 2 tak konsumsi oli samping malah harus ditambah karena oli pasti akan masuk ke sela-sela piston apalagi coakannya besar-besar gitu.

  4. fungsinya sebagai ruang pemuaian dan oli samping, tapi utamanya buat ruang pemuaian mbah
    harga silinder n piston n ring 2 tak murmer mbah
    vespa se set aja cuma 700an ribu

    lagi mudeng iso komen nanggo fb

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.