Thailand Duluan Gelar Motogp, Indonesia Entah Kapan Lagi?




Macantua.com – 31 Agustus ini bakal jadi saksi bagaimana Chang International Circuit Buriram Thailand akan menjadi salah satu penyelenggara gelaran motogp mulai tahun depan. Yup 2018 adalah tahun dimana Thailand akan mulai menjadi tuan rumah motogp. 2018 ada motogp Thailand. Thailand sudah duluan, Indonesia entah kapan lagi nih?


Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna akan bertemu langsung dengan para pemangku kebijakan di Thailand untuk menandatangani kerjasama. Dimana informasinya Chang International Circuit di Buriram-Thailand akan menjadi Tuan Rumah MotoGP mulai dari 2018 hingga 2020. Ini berarti Thailand menjadi negara ke-3 di Asia Tenggara setelah Indonesia dan Malaysia yang menjadi Tuan Rumah Gelaran MotoGP. Mulai tahun depan ada Motogp Thailand. Inget ya sob…

Meski Indonesia dulu banget sudah menggelar motogp (dulu namanya masih GP500), namun di tahun 2000an Indonesia belum pernah menjadi tuan rumah lagi. Kalau dihitung mungkin hampir 20tahun. Mengingat kondisi sirkuit yang bisa dibilang kurang memadai, bukan hanya kondisi fisik sirkuit saja yang jadi penentu, tapi juga sarana dan prasarana sirkuit untuk menggelar Motogp sepertinya masih jauh dari kata layak. Itu kenapa Indonesia sulit untuk kembali menggelar motogp di sirkuit lokalnya. Mau di sirkuit mana, sirkuit terbesarnya pun ga layak.

 

Namun,secercah harapan muncul saat Sumatera Selatan dikabarkan akan membuat sirkuit berskala Internasional. Kemudian lombok juga katanya akan buat sirkuit besar seolah jadi pengobat. Tapi pertanyaannya kapan akan berani menggelar event sekelas Motogp? Sepertinya masih jauh, wong sirkuitnya aja belum rampung apalagi sarana prasarananya. Perlu waktu setidaknya 2 tahun ke depan untuk mempersiapkan semuanya. Itu pun belum proses nego ke pihak Dorna lagi setelah rampung, masuk kriteria atau engga belum tentu.

 

Lalu kapan lagi Indonesia bisa jadi tuan rumah motogp? Yang pasti sih nunggu sirkuit yang lebih layak dibanding Sentul. Kalau kembali ke Sentul ya meski banyak berbenah, ga cuma buat Motogp sih sebenernya. Tapi ya standar motogp yang ditetapkan Dorna lah yang bisa jadi patokan “baik” untuk semua. Kecuali kita mau tetap memposisikan sebagai negara penjual motor terbanyak nomor sekian yang cuma jadi penonton saja seperti India dan China. Gimana sob?,
<


Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.