Kenapa Spion Motor Sport Full Fairing Banyak Dilipat?




Macantua.com – Pertanyaan yang sampai saat ini ane masih belum terjawabkan. Eh di salah satu group facebook ada yang menanyakannya juga. Ternyata fenomena spion dilipat ga hanya menjangkiti Ninja, CBR, R25, R15 bahkan GSX R 150 yang baru ngaspal setengah tahun juga kena virus spion dilipat saat berkendara. Kenapa sih harus dilipat saat berkendara? Bukankah spion dipasang dengan maksud demi keselamatan pengguna motor itu sendiri?

OM NANYA OM
Tujuannya spion ditekuk itu apa sih?
Spion itu salah satu spek safety riding ga sih?
Salam ganteng salam kenceng tapi jangan bego 😀

Seperti itu postingannya. Namun komentar komentar hadir dengan nada seolah melipat spion adalah tindakan benar. Pembenaran semua coy, alasan kalau di priok takut nyangkut lah, sampe yang lucu ada komen bawa bawa jepang. Mereka menciptakan produk bisa dilipat ada maksudnya, dilipat bila dalam keadaan tak terpakai, bukan dalam kondisi riding. Yang lebih ngakak lagi saat ada yang komen mobil keluaran terbaru spionnya bisa dilipat secara otomatis disangkut pautkan dengan hal ini. Padahal kita tau spion di mobil dilipat itu bila dalam kondisi parkir. Yes terparkir bukan saat kondisi berkendara. Berarti kondisi yang sama diciptakan untuk motor.

 

Namun sepertinya memang susah deh kalau sudah jadi budaya. Apa bedanya coba spion dilipat dengan ga pakai spion. Apa spion dilipat ini maksudnya biar ga ketilang doang karena dianggap lengkap? Atau biar aerodinamis ga senggol sana sini? Ane rasa lebar spion rata rata hanya lebih sekitar 2-4 cm di luar body terluar motor. Coba kalau yang naiknya gendut. Berapa coba kelebihan lebar kendaraannya hahahaha. Pasti bakalan lebih lebar dari tuh spion. Ya kan?

 

 

Last, semua diciptakan ada maksud dan tujuan. Hanya masalahnya maksud dan tujuan itu ditangkap dan digunakan dengan benar atau tidak. Spion diciptakan untuk melirik keadaan di belakang pengendara saat akan mendahului. Bukan untuk dilipat. Kalau posisi parkir sih mangga wae… kalau menurutmu gimana sob? Ciao
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI







20 Comments

  1. Padahal nutup spion itu sangat membahayakan diri dan orang lain. Biasanya alay kayak gitu main belok aja tanpa liat kanan kiri, mentang2 motor sport body gede, kalau pas dari belakang ada motor yg lebih kencang gimana? Pasti ndlosor berjamaah tuh… mendingan yg nabrak mobil atau trailer sekalian biar mampus

    • Gak hanya motor sport body gede yg spionnya dilipat gan..
      Skrg motor body kecil, baik motor semprot atau bukan (matic-bebek), banyak juga yg dilipat spionnya..

  2. Menunggu komen pembenaran dari rider yg ketika riding spionnya dilipat.. 😀 =D

    Btw Mang, gak cuman motor ber-fairing saja skrg yg spionnya dilipat-lipat..
    Motor non fairing banyak juga yg dilipat-lipat..
    Contoh mayoritas motor non fairing yg spion dilipat yg sering saya temui di jalan ketika riding.. Satr*a (mau yg old yg new sama aja), vixi*n (old/new), cb15*r (gen awal, yg all new belum pernah nemuin)..
    Bahkan bebek&matic pun gak mau kalah melipat spion.. -,-‘
    Kalau gak dilipat, mereka2 pasti milih spion mini, yg gak bakal bs buat melihat keadaan di belakang.. X_x

  3. Coba masuk ke grup dimana pertanyaan di atas diajukan ke penghuni grup tsb..

    Gilaaaa..
    Banyak bener member grup tsb yg membenarkan tindakan melipat spion ketika riding..
    Meski salah tp jujur, pernah juga saya melipat spion ketika traffic macet parah dan harus nyelip2 diantara mobil..
    Tp setelah itu yah saya kembalikan lagi, buka lagi spionnya..
    Itupun sekali dua kali saja, seringnya saya pasrah dgn kemacetan yg ada..hahaha..tentunya dgn kondisi spion terbuka..

  4. Simpel..org yg kya gitu SDM nya rendah. Sbnrnya masalah bukan karena spion dilipat doank, banyak ditemui motor bebek maupun matic y ada spion lengkap tapi rata2 hanya syarat supaya tidak tertilang polisi. Org yg seperti itu egois,,mereka menganggap sdh bisa naik motor tanpa spion di jalan,,padahal tindakan manuver mereka pindah2 jalur tanpa melihat kebelakang adalah sangat2 menyebalkan,,namun karena mayoritas org indonesia seperti itu apa boleh buat ,yang komplain malah terpojokkkan.

  5. alasan paling klasik dari mereka yang membenarkan adalah biar aerodinamis dan ikut-ikutan karena dikira keren, padahal, hm..

    kalau mau kasih jawaban yang agak nyeletuk, spion dilipet (khususnya motor fairing) karena skillnya masih kurang, belum pede selap-selip di kemacetan layaknya selincah motor naked, makanya spion dilipet, padahal dalam kaidah keselamatan berkendara, manuver kita di jalanan sempit itu barometer ukuran amannya adalah lebar spion

    Pilih mana spion yang kesenggol apa setang yang nyenggol pengendara lain lalu nyungsep?

    http://elangjalanan.net/2017/07/22/review-kualitas-oli-x-ten-setelah-dipakai-2-000km-bagaimana-penguapannya/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.