Kalau Mesin DOHC Satria Jadi Dapur Pacu Trail Suzuki, Bubar Kabeh!

suzuki dr200

Macantua.com – Selama ini kita berpikir kalau Suzuki DR200 adalah motor trail yang bakal Suzuki berikan untuk masuk ke segmen motor adventure entry level guna bersaing dengan KLX 150 dan CRF 150 nantinya. Gelagat ini terlihat sejak DR200 didistribusikan untuk BRIMOB. Ternyata dugaan itu salah sob, Suzuki ternyata menyiapkan mesin DOHC milik Satria guna jadi dapur pacu motor trail yang sedang dikembangkan Suzuki. Buset kalau benar jelas bubar kabeh pasar motor trail 150cc nih.

Itayama San seolah membocorkan perihal kehadiran trail dari Suzuki lewat statementnya :

“Penjualannya itu 5.000-6.000 (unit) setiap bulannya. Meski demikian, ini adalah motor hobi. Kami harus melihat juga, kalau semua APM (agen pemegang merek) mulai bermain ke sana, apakah pasarnya akan membesar,” ungkapnya kepada Vivanews.
“Pada intinya, pasar (motor trail) ada. Kami cukup memperhatikan pasar itu. Nanti lihat undangannya saja,” tambahnya

Mesin gsx

Sepertinya ini jadi pertanda kalau Suzuki juga akan bermain di kelas motor blusukan, namun hebohnya adalah calon mesin yang akan dicangkokkan bukan mesin air cooled seperti para pesaingnya, melainkan common engine yang juga digunakan pada Satria dan GSX 150 series. Lho kenapa harus pakai mesin DOHC? Kenapa ga pakai mesin DR200? Nah jawabannya adalah demi biaya produksi dan harga jual motor nantinya. Kita tau kalau DR200 yang kemarin didistribusikan buat BRIMOB itu diimport langsung dari Jepang. Sudah tau dong berapa biaya bea cukai nya serta harga motornya karena diassembly dengan membayar orang jepang yang rata rata gajinya 4-5 kali gaji pokok buruh di Indonesia. Makanya mesin DOHC yang identik dengan 3 motor Suzuki sebelumnya bisa jadi pilihan paling logis buat jadi dapur pacunya.

Kalau begitu, trail Suzuki nanti akan punya mesin paling canggih di kelasnya dong ya. Secara yang lain masih air cooled bahkan masih pakai karburator ini mesinnya sudah watercooled dan injection. Jadi ingat kehadiran GSX 150 series dimana GSX hadir dengan performa engine yang yahud tapi harganya murah, Apa mungkin kejadian serupa akan diulangi oleh Suzuki pada motor pengganti TS 125 yang sudah pensiun 12 tahun lalu ini?

 

Last kita tunggu saja sepak terjang Suzuki di kelas motor blusukan ini, Yah entah di tahun ini atau di tahun depan yang pasti sepertinya Suzuki punya ketertarikan untuk segmen hobi satu ini. Kalau mesin DOHC 150cc Satria jadi dapur pacu Pengganti Suzuki TS 125 gimana menurutmu sob?

<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, motor, motor dual purpose, motor trail, motorcross, suzuki dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Kalau Mesin DOHC Satria Jadi Dapur Pacu Trail Suzuki, Bubar Kabeh!

  1. Hadi berkata:

    Bukannya itu udah terealisasi tapi lewat brand hyosung enduro & karion versi 2 dengan basic mesin suzuki fu, suzuki dipakai hampir di varian hyosung, dulu enduro brand inggris (lupa merknya) juga base engine suzuki segelondong, file videonya dah kemanaa

    Suka

  2. MakErot berkata:

    Sekedar tanya bang, kalau mesin DOHC memang cocok ya untuk trail?
    Bukannya trail itu butuh torsi ya dimana itu merupakan kelebihan mesih SOHC drpada DOHC?

    Suka

  3. Tomcat berkata:

    Semoga bodinya keren sasis twinspar…asepdon..ditemplokin mesin satria..perfecto!

    Suka

  4. Gendon berkata:

    Nek tenan melu antri aku

    Suka

  5. Santo berkata:

    Dibengkel modif trail semua bebek ada, fu berat kaya scropio, enak tiger, gl, dan king tinggal tunggu bener ngaknih kabarnya?

    Suka

  6. Amlbuton berkata:

    TS125 ane masih ada, masih kuat blusukan tapi nyari sparepart yg susah

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.