Jangan Sepelekan Oli Mesin mu!




oli mesin

Macantua.com – Oli pada mesin memang sudah layaknya darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Oli bertugas memberikan daya lumas pada berbagai komponen mesin yang bergesekan. Yah contohnya adalah gesekan pada piston (seher), ring piston (ring seher) dan juga liner (silinder). Lalu bagaimana jika oli tidak terkontrol secara kondisi fisik maupun kuantitasnya? Jelas akan bermasalah pada bagian mesin yang bergesekan seperti yang ane sebutkan tadi di atas dong.

Kalau sebelumnya ane pernah bahas soal Oil Dilution dimana Oli berwarna dan berbau bensin saat ditap, kini sebuah kejadian yang di-share oleh Om Denji Baskoro yang punay bengkel motor, dimana dia mengingatkan untuk mengganti oli mesin secara rutin dengan memberikan sebuah sample foto sebuah motor matic pasien bengkelnya yang harus turun mesin setelah kehabisan oli. Yah, namanya pelumas saat kurang atau tidak terkontrol pemakaiannya jelas mengganggu kinerja mesin. Pada gambar terlihat jelas, piston pun bertumbukan dengan valve (klep) hingga pecah dan liner (siliner liner) yang sudah dibekali oleh diasil pun harus menyerah saat pelumas hanya tersisa sekitar 100ml pada bak mesin.

Biar jadi pelajaran buat semua, hal ini bisa terjadi pada jenis motor apa saja. Mau motor sejuta umat atau motor eksklusif sekalipun kalau lalai dalam melakukan pengecheckan oli apalagi sengaja memperlama waktu penggantian oli ya siap siap dengan semua konsekwensinya. Beli oli ga seberapa tapi biaya repairnya bisa menghabiskan jatah jajan sebulan. So buat kamu yang masih sayang sama motornya, mangga di check kondisi olinya biar mesin motormu tetap seger dan siap dipakai buat cari uang.

Ada yang pernah mengalami hal serupa?  Semoga ga kejadian lagi ya sob… Ciao
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.