Livewire, Motor Listrik Harley Davidson Yang Unik

Macantua.com – Harley Davidson bikin motor listrik? Pasti pada ga percaya kan? Karena yang namanya Harley-Davidson itu sudah terlampau melekat dengan imej motor bermesin V Twin dengan suara knalpot menggelegar. Jadi wajar kalau pabrikan kuda besi legendaris asal Amerika Serikat itu ingin memproduksi motor listrik, pastinya terdengar aneh. Lah motor listrik kan nyaris tak bersuara alias senyap. Terus kok kaya ga greget judul Harleynya itu lho kalau ga berisik hehehehe.

Namun namanya pabrikan masa mau stuck dan berjalan di tempat dengan teknologi yang ga maju maju. Seperti Harley Davidson, meski ada yang pro dan kontra namun pabrikan motor asal Amerika ini tetap fokus pada rencananya memproduksi motor listrik dengan nama Project Livewire. Karena Motor Listrik Harley Davidson ini akan tetap seperti Harley saat ini. Lho Kok Bisa?

 

“Kami sudah menunjukkan prototype dari electric Livewire (beberapa tahun lalu) dan projek ini masih berlangsung serta berjalan baik. Kami memang belum tahu kapan meluncurkannya, tapi progresnya baik dan kami pasti meluncurkannya,” ujar Vice President Harley-Davidson Museum, Bill Davidson saat hadir dalam perayaan 100 tahun keberadaan perusahaannya di Australia, seperti dikutip laman Drive.

 

Menurut Bill, motor listrik buatan Harley Davidson ini tidak seperti yang sudah diluncurkan pabrikan motor lainnya yang senyap. Harley-Davidson membuatnya mampu mengeluarkan suara bising. Meski suara yang keluar, tidak akan sama persis seperti motor konvensional dengan mesin V-twin. Mungkin pake speaker kali ya xixixixi

 

“Saya bisa membeberkan bahwa filosofi yang ada di V-twin juga kami aplikasikan pada motor listrik dalam hal suara, performa dan rasa berkendara. Suara khas kami sangat unik berbunyi potato-potato-potato… dan kami tahu karena keunikan itu kami ingin buat sesuatu yang sama pada motor listrik,” papar cucu dari founder Harley-Davidson, William A. Davidson.

“Dan kami sedang membuat suara unik melalui beragam teknologi. Kami sudah mempelajari kompetitor dan kami mengerti bahwa apa yang sudah mereka buat dan kami tidak ingin suara normal untuk motor listrik. Saya sering menyamakannya dengan suara mesin pesawat jet,” tambahnya.

 

Harley-Davidson Project Livewire, dibekali baterai berkekuatan 7 kWh yang sanggup menggerakkan motor listrik dengan tenaga maksimal 74,77 PS dan torsi puncak 70 Nm. Bila dibandingkan, maka kemampuan itu dapat disetarakan dengan Harley-Davidson varian 883 Sportster. Menariknya lagi, baterai itu diklaim bisa diisi ulang dalam waktu beberapa jam saja. Daya jelajahnya mencapai 85 Kilometer.

Nah, Kalau kita lihat memang kedepannya motor listrik akan menjadi motor pengganti versi motor mesin bakar konvensional yang sekarang masih di jual. Mungkin inilah salah satu alasan kenapa Harley Davidson juga kekeuh sumeukeuh melakukan project Livewire ini. Project jangka panjang untuk masa depan dan tetap berlangsungnya pabrikan tentunya. Terlebih Harley Davidson adalah salah satu brand kebanggan Amerika, tentu saja mesti dijaga keberlangsungannya.

 

Last, Motor Listrik Harley Davidson? Masih aneh sih, Tapi memang bakalan ada kok… Tunggu aja yah… Ciao
<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, Harley, motor dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Livewire, Motor Listrik Harley Davidson Yang Unik

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.