Ini Dia Tips Perawatan Motormu…..




Macantua.com – Punya motor terlebih saat ini mayoritas motor sudah dibekali dengan system pengkabutan injeksi memang bikin kita makin gampang dalam melakukan perawatan motor. Namun dibalik kegampangan tersebut kadang kita justru ceroboh dalam memperlakukan kendaraan kita. Makin gampang malah justru makin ngegampangin, “aaahhh cuma ganti oli doang” atau “aaahhh injeksi kan ga harus sering service”. Ini yang sering ane dengar dari teman teman ane sendiri di lingkungan sekitar. Padahal sebenarnya perawatan motor meski sudah injeksi seharusnya tetap dilakukan. Toh bagian penting motor itu ga cuma diinjeksinya saja kan? banyak bagian bagian motor yang juga perlu perhatian dan kasih sayang (lebay siah…. :p). Nah terus gimana sih cara buat merawat motor mesti ga harus bolak balik bengkel buat perawatan? Tentu saja dengan memperlakukannya dengan baik. Ane kasih deh ya Tips untuk perawatan motor biar motor kamu tetap terjaga dalam kondisi prima. Yuk ah kita bahas

Pertama, Menghidupkan Mesin Motor dengan cara yang Baik. Biasanya sih dilakukan setelah motor berhenti lama seperti pagi hari sebelum berangkat atau sore hari sebelum pulang kerja. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan kick starter untuk membantu menaikkan oli ke bagian atas mesin, buat yang ga ada kick starter sih ga papa tinggal pencet aja starternya karena biasanya pabrikan sudah memperhitungkan kondisi oli saat mesin dingin. Kemudian, kamu mesti memperhatikan posisi, dimana posisi yang baik adalah dalam posisi tegak, ga di standar 1. Kenapa? Karena Posisi oli dalam bak akan sesuai kondisi berjalan alias rata di dalam oil pan alias bak oli. Hal ini memungkinkan pelumasan akan berlangsung lebih baik. Yang kedua adalah mematikan mesin dengan cara yang baik pula. Setelah sebelumnya kita bahas cara menghidupkan tentu saja mematikan mesin juga harus dengan cara yang benar. Pastikan persneling sudah dalam kondisi netral, lalu matikan motormu lewat engine cut switch atau melalui kunci kontak. Mematikan juga disarankan saat motor masih dalam kondisi berdiri tegak ya sob.

pertamax bersubsidi

Yang ketiga dalah Perhatikan Kompresi motor dan Pergunakan Jenis Bahan Bakar yang Sesuai. Nah untuk hal ini memang mesti memperhatikan spesifikasi kendaraan dengan benar. Semakin besar kompresi sang motor tentu saja kondisi mesin akan jauh lebih panas, dengan itu butuh yang namanya bahan bakar yang ga mudah terbakar. Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi tentu saja dianjurkan oleh pabrikan. Tapi kalau terpaksa menggunakan BBM dengan kadar oktan yang rendah ane sarankan sih isi secukupnya saja sampai bertemu pom bensin (SPBU) yang meyediakan BBM dengan oktan yang sesuai dengan kompresi mesin mtormu. Selanjutnya, selain bahan bakar tentu saja pelumas juga harus disesuaikan dengan kondisi mesin. Untuk motor motor lawas biasanya dibekali dengan spesifikasi oli yang lebih kental dibandingkan dengan motor motor baru. hal ini biasanya disebabkan oleh kepresisian parts yang digunakan motor saat ini sudah lebih baik dari motor lawas. Jangan kekentalan dan jangan terlalu encer sob. Karena keduanya akan merusak mesin kendaraanmu. terlalu kental akan membuat kinerja mesin semakin berat dan biasnya bisa bikin bocor sea seal dan packing, sedangkan kalau terlalu encer tentu saja akan membuat gesekan antar parts semakin besar terjadi.

Yang Ke Lima kamu mesti Memeriksa Saluran Bahan Bakar, Berhubung ini menjadi salah satu jantung supplynya bahan bakar maka selang bbm ini juga wajib dicheck. Pasalnya, kondisi selang yang kotor ataupun bocor akan sangat berpengaruh pada fungsi karburator atau injector. Kalau di motor injeksi, saat saluran atau selang ini kotor, maka bensin yang terbawa ke injector pun akan kotor. Ini bisa menyumbat injektor dan bikin semprotan bahan bakar tak sempurna ke ruang bakar. Hasilnya pembakaran ga akan sempurna sesuai apa yang diperintahkan ECU. Selain itu juga kamu wajib melakukan pengecheckan Busi dan Filter Udara. Mungkin, cara ini sudah banyak diketahui oleh para pengguna motor. Ya memang benar, busi juga mempunyai peranan penting dalam kinerja sebuah motor, yaitu berguna sebagai pematik api dalam proses pembakaran. Oleh karena itu, busi udara tidak boleh kotor agar proses pembakaran yang berlangsung tetap sempurna. Kemudian, filter udara berperan untuk menghembuskan udara kotor menuju bagian dalam ruang bakaran mesin, sehingga filter udara juga tidak boleh kotor.

Selanjutnya adalah Memeriksa dan Menjaga Kondisi Aki / Accu. Accu memiliki peranan penting dalam menjaga kestabilan kerja peralatan elektronik motormu sob. Terlebih pada motor injeksi dimana accu sebagai salah satu sumber listrik yang menjamin kerja ECU dengan benar. Jika supply listrik ke ECU tak stabil tentu saja kinerjanya ga akan optimal. dan ini bisa memicu kerusakan ECU yang juga sebagai otak dari sang motor. Nah yang ga kalah penting tentunya adalah melakukan pemeriksaan pada bagian penggerak yakni roda, bearing roda dan juga rantai (atau vanbelt pada motor matic). Pastikan tekanan udara pada roda selalu sesuai standarnya, ga boleh lebih juga ga boleh lebih rendah. Ini berguna untuk menjamin perjalananmu aman. Kondisi bearing yang sudah aus pun bisa membuat motor tidak stabil dalam berkendara. Pastikan bearing tidak oblak agar kestabilan motor terjaga. Dan rantai yang dipasang dengan kekecangan yang pas serta terlumasi dengan baik  bisa membuat motor kamu aman dari bahaya rantai putus selain meminimasi gesekan yang tak diperlukan.

Last, yang wajib kamu lakukan selanjutnya adalah mandi, terus periksa kelengkapan kendaraan serta surat suratnya. Lho Kok? (Mulai deh ga nyambung sama perawatan motor hahahahahaha…..). Maksudnya motor dan orangnya wajib doyan yang namanya mandi. Terus kalau motor dan surat suratnya ga lengkap nanti kamu bakalan lebih sering disamperin sama pak polisi . Apalagi sekarang lagi ada Operasi Patuh 2017. Kalau ga lengkap tuh motor kamu bakal lebih sering ditilang. dan apesnya lagi kamu bakal mengeuarkan uang denda di pengadilan yang nantinya akan mengurangi jatah untuk merawat sang motor. Apalagi kalau motor dan orangnya sama sama jarang mandi wkwkwkwkwk…. Super bahaya kalau ini sih. Dah ah…. Semoga tips merawat motor dari ane bermanfaat ya sob…. dibaca syukur, dilakukan lebih syukur lagi. Ciao….

all pict : nemu di gugel
<

Thanks for Sharing.....

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

Twitter @raza_rajendra

Youtube @ Macantua Story

Instagram @razarajendra

tumblr Oldtiger

NOTE : BUKAN DEALER ATAU BENGKEL MODIFIKASI. HANYA BERBAGI INFORMASI

Leave a Comment







3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.