NSR 150, Legenda Motor 2tak Yang Pernah Dijual Honda di Indonesia

Macantua.com – Honda memang dikenal sebagai pencetus penjual motor 4tak di Indonesia. Karenanya Honda selalu dikaitkan atau identik dengan motor irit sedari jaman dahulu sejak pertama kali hadir dengan S90 dan C70 nya. Namun bukan berarti Honda ga pernah menjual motor 2 tak lho…. Honda NSR 150 R adalah legenda motor 2tak yang pernah Honda jual di Indonesia. Motor impian para pecinta Honda sejak ane kecil nih….

velgnya aja masih jari jari xixixixixi

New Sprint Racer alias NSR,  begitu Honda memberi namanya sesuai dengan motor balap di ajang balap kelas dunia Grandprix (GP). Motor sport 2 tak lansiran Honda yang didesain buat balap yang dikembangkan oleh divisi balap Honda Racing Corporation (HRC) secara langsung. Pada tahun 1994-an, NSR mulai masuk ke Indonesia, Honda menjual motor bermesin 2tak 150cc yang diberi nama dengan Honda NSR 150 R. Motor sport full fairing 2 tak yang dulu jadi primadona di jamannya.  Honda NSR 150 R awalnya masuk Indonesia didatangkan langsung dengan kondisi CBU, namun karena banyak peminatnya akhirnya dirakit di Indonesia (CKD).

Pada saat itu Honda NSR150 R merupakan motor termahal di pasaran Indonesia dengan harga Rp 8 jutaan, harga motor bebek saat itu dikisaran Rp 2 jutaan saja. Motor impian banget lah jaman masih SD selain RGR nya Suzuki. NSR 150R jadi motor terkeren dengan tampilan full fairing, rangka twinspar beneran dengan RC valve namun masih bervelg jari jari. Model ini bertahan hingga tahun 1998, dimana tren velg racing mulai menyerang, Honda pun mengupdate NSR 150 R menjadi NSR 150 RR dengan desain lebih fresh berlampu 2 dengan bekal velg racing alias alloy casting wheels serta kelistrikan yang sudah DC (sebelumnya AC). Desain yang baru ini mencontek sang kakak MC28 (NSR 250) dan  katanya risetnya dibantu oleh Mic Doohan sebagai juara GP500 berkali kali memang jadi daya tarik di motor ini. Namun sayang umurnya ga bertahan lama, Honda berhenti menjualnya di tahun 2000an.

Sebagai pengganti NSR 150 RR, datanglah NSR 150 New RR, desainnya sudah mirip dengan versi tertinggi yang lahir setelahnya yakni NSR 150 SP. Namun NSR 150 New RR ini seolah menjadi anak hilang yang tak dijual oleh AHM secara langsung, New RR hadir di Indonesia via importir umum dengan harga kalau ga salah sekitar 35 jutaan kala itu.  Dan yang terakhir adalah NSR 150 SP, kalau kita lihat yang paling menarik dari motor ini adalah mesin dan juga desain swing arm belakang yang pincang alias sebelah. Mesin yang mampu memuntahkan power lebih besar dari CBR250RR dimasa kini ini memang jadi daya tarik maksimal buat para pecinta roda 2 saat itu, belum lagi pro arm yang punya desain unik bikin ngiler banget, bahkan modifikator saat ini masih menjadikan swing arm NSR 150 SP jadi bahan baku modifikasi paling Oye. Ane pertama kali melihat NSR 150 SP  secara langsung di salah satu kampus swasta di utara Bandung saat menjemput teteh di kampusnya tersebut. Gimana ga ngiler sob, ane cuma naek Supra X wkwkwkwkwkwk….

 

Last, namanya juga artikel “back to the past”, berasa balik jadi anak anak lagi kalau lihat NSR 150 nih. Sempet ingin memilikinya namun isi dompet memang ga bisa dibohongin hehehehe….. Semoga suatu hari nanti bisa kesampaian memilikinya deh….. Ini motor kedua setelah Tiger yang jadi impian masa kecil soalnya…. Ciao….
<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, honda, motor dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke NSR 150, Legenda Motor 2tak Yang Pernah Dijual Honda di Indonesia

  1. roda2makassar berkata:

    motor berasap.. 😀 ngak ada lawan,

    Suka

  2. Macan nyengir berkata:

    sempat mencicipi nsr.. gila tarikannya kenceng banget..
    motor enteng tenaganya dasyat bro..

    Suka

  3. Roy berkata:

    Nsr r murah klo mw mah paling 4-5jt an cm ya itu sparepart nya susah mending rgr atau ninja.

    Motor buangan ini mah, sparepart gak didukung Honda lokal

    Suka

  4. Bhendjol berkata:

    Dulu gw cuman kuat beli RX-Z.
    Itupun di jokul buwat kerja di kapal pesiar…

    Ngah… ngah… ngah…

    Cuman sayang gw kagak tau Suzuki kluarin Bandit 250. Mun tau mah….

    Suka

  5. ADI berkata:

    Saya nggak tau kalau honda ngeluarin 2tak
    Malah terkejut pertama kali ngelihatnya
    Kok ada mesin2 tak merk honda

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.