Riding Assist Technology, Fitur Anti Jatuh Dari Honda


honda riding assist technology

Macantua.com – The Power of Dream. Yup gitu slogan Honda Global untuk semua produknya dan kini Honda kembali memeberikan sebuah fitur untuk motornya. Fitur anti jatuh saat berkendara lambat atau bahkan berhenti. Teknologi baru berupa self-balancing tersebut diperlihatkan Honda saat Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas. Kalau kata mang Vandra MMblog mah fitur anti jatoh bego! hahahahahha

Menurut Tony Defranze, PR Honda di Amerika Serikat konsep teknologi ini bisa diterapkan pada semua model. “Teknologi ini sebagai rider assistance, sangat berguna terutama untuk pengendara baru guna membantu keseimbangan mereka saat berkendara. Meski berjalan pelan, namun sepeda motor tetap tegak. Kami tengah mengembangkan teknologi ini pada model yang lebih besar seperti Gold Wing,” kata Tony.

Teknologi ruding Assist yang membuat sepeda motor tetap tegak saat bergerak pelan itu tidak menggunakan giroskop seperti pada GyroCycle. Tetapi dengan teknologi robotik. Sistem robotik pada Uni-Cub itu serupa dengan teknologi pada robot Asimo dan self-balancing personal mobility device. Untuk membuat sepeda motor tetap balance sebuah motor kecil akan selalu menyesuaikan kemudi.

Dengan mekanisme tertentu yang diletakkan di bawah lampu utama, sistem akan mengubah sudut rake. Sehingga trail pada roda depan menjadi negatif sehingga saat bergerak perlahan sepeda motor akan tetap balance dan tegak. Selain itu, konsep pun mampu bergerak sendiri berkat diterapkannya motor listrik di hub depan.

Bisa jadi nih sob, teknologi ini sudah Honda sematkan pada motor motor balapnya. Ya kaya gossip jaman baheula dimana para pecinta motogp bilang Rc213V itu pake teknologi ashimo, makanya Markeset eh Marquez bisa miring mifing ekstrim sampe 68 derajat. Gossipnya begitu, bukan ane yang bikin gossip lho ya … Udah daripada penasaran liat aja videonya ya…

Gimana? Dah percaya itu motor ga pake jatuh saat berjakan pelan bahkan berhenti kan? Sayangnya baru bakal dipake di motor motor muahal sob…. Moyor murah mah entaran lagi ya… Tapi ngayal aja duku gapapa. Kan the power of dream, siapa tau entar dipasang di motor sport 250cc an juga sama Honda. Ciao ..
<

Advertisements
This entry was posted in berbagi, honda, motor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Riding Assist Technology, Fitur Anti Jatuh Dari Honda

  1. furqon says:

    jadi inget lomba lama-lama an jaga stabilias motor pelan @_@

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *