Kelas 250cc Turun Tahta

250cc full fairing

Macantua.com – Masih ingat sekitar 8 tahun lalu saat Ninja 250R (versi karbu) dijual di Indonesia? Yup saat itu Ninja menancapkan “trend” kubikasi terbesar sport full fairing dimana sebelumnya Kawasaki pun sukses dengan Ninja 150RR nya. Di saat yang sama pabrikan lain hanya bermain di kelas 150cc full fairing dan naked bike. Dan full fairing 150cc pun masih mahal banget! Masih jadi “primadona” penggila kecepatan yang marak menjamur di jalanan. Tapi itu dulu, sekarang “pride” kelas 150cc full fairing sudah tak seindah dulu, dan mungkin 250cc full fairing akan mengalami hal serupa sebentar lagi.

Masih ingat dulu FXR 150 dan CBR150 karbu diimport dan dibanderol dengan harga yang wah di jamannya. Kelas 150cc yang akhirnya rusak oleh datangnya Vixion meski naked bike sohc namun punya teknologi yang ga kalah saing. Dan yang pasti “modif-able” jadi full fairing hahahaha. Penjualan Vixion pun membengkak, bagaimana tidak harga yang jauuuuhhh lebih murah dari motor sekelas dan full fairing ternyata menggoyahkan iman para pecinta roda 2. Sampai akhirnya Honda mengakomodir dengan “melokalkan” CBR150R dan Yamaha mengakomodir dengan “membawa” YZF R15 demi mengisi pasar full fairing yang sebelumnya diisi oleh “Vixion modif”. Dan kelas sport 150cc full fairing pun jadi seperti jualan kacang goreng dengan angka penjualan yang berkali kali dari beberapa tahun sebelumnya (dalam bentuk cbu).

Ninja 250 vs yzf r25 vs cbr250rr

Nah, balik lagi ke kelas 250cc, dulu saat Ninja 250R melenggang sendirian memang tak ada yang mengusik, kemudian datanglah Honda dengan CBR250R yang single silinder namun menawarkan “fitur” dan teknologi (jaman itu kan ninja masih karbu). Kawasaki pun ga mau tinggal diam. Ninja 250R pun disulap menjadi Ninja 250 fi yang sampai sekarang dan Kawasaki menang telak! Penjualan pun menguasai! Tak lama kemudian setelah Honda pasrah dengan si “jomblo” Yamaha mulai datang memberikan angin segar buat para pecinta “vixion modif” yang pengen naik kelas punya “ninja versi yamaha”. Hadirlah YZF R25 yang coba mengusik kedigjayaan Ninja. Walau akhirnya meski 2 tahun ngotot R25 tak semoncer Ninja. Honda yang masih penasaran dengan ninja akhirnya merombak total si “jomblo” menjadi versi 2 silinder dengan segenap fiturnya.

Nah pertanyaannya akankah pride 250cc tak setinggi dahulu? Kalau berkaca dari kelas 150cc full fairing kemungkinan Besar hal ini akan terjadi. Dimana kita tau bagaimana Honda menjual motor motornya. Kesan eksklusif kelas 250cc akan turun digantikan oleh “moge beneran” yang juga dijual pabrikan motor dan masih dalam bentuk CBU (sama seperti saat 150cc dan 250cc full fairing pertama kali masuk kan?). Bahkan kesan eksklusif dimunculkan pabrikan dengan menyediakan pit khusus dan pelayanan khusus buat pembeli “moge beneran”. Sedangan kelas 250cc? Sebentar lagi bakal mendapatkan perlakuan yang sama karena penjualannya dan konsumennya mulai banyak.

 

Jadi? Kelas 250cc full fairing akan berakhir? Justru engga. Disinilah awal dimana kelas 250cc full fairing akan jadi “kacang goreng” berikutnya. Disinilah mulainya motor 250cc full fairing bakal sering berseliweran, dan persaingan akan makin berdarah darah layaknya kelas 150cc beberapa waktu sebelumnya. Dan “pride” yang selama ini dijual akan tergadaikan dengan kencangnya laju “perubahan model” di kelas ini. Yang sudah santer terdengar saja Ninja 250 facelift yang katanya bakal 4silinder (tapi bohong) atau plus supercharger (ini gosip terakhir). Yamaha juga kabarnya bakal “update” YZF R25 di tahun depan.

 

Yang untung siapa? Pabrikan untung, konsumen “baru” untung. Yang buntung ya yang sudah beli nyicil belum.lunas tapi sudah ada faceliftnya hahahahaha….  Nah, gimana menurutmu sob? Yang 250cc 2 silinder aja bakal jadi kacang goreng apalagi jomblo kaya motor ane… Wkwkwkwkkwkkwkwkwk ciao…..
<

Tentang macantua.com

simply me..... untuk pemasangan iklan dan contact : Email @ raza.rajendra@gmail.com BBM @ 54A0B190 WA Twitter @raza_rajendra Line@ : @macantua
Pos ini dipublikasikan di berbagi, motor, opini pribadi dan tag , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Kelas 250cc Turun Tahta

  1. Kurniawan berkata:

    Setuju bang, emang sebelumnya saya juga merasa demikian, tapi mungkin cuma sekedar pendapat saya aja.. eh ternyata ada yang berpikiran sama juga.. tapi memang iya, kala itu kelas 250 masih wow banget.. terkesan sangar kala memilikinya.. sedangkan sekarang mulai terkesan biasa saja.. bahkan moge pun sudah mulai merajalela.. ya itu lah sudah dijelaskan om macan

    Suka

  2. Mang Atse berkata:

    Nya ari boga duit mah tinggal upgrade mtr weh atuh mang lgs ka 1000 cc, meh “pride” na bisa bertahan lama. Wakakaka

    Suka

  3. iian™ berkata:

    Klo aye mah ga setuju kang ….sebagaj bapak2 2 org anak mending lcgc aja lah ….drpd naek kelas …..ngikutin dunia mah kaga ada abisnya
    Hehehehe
    #curcoldikit

    Suka

  4. Ario berkata:

    Yang buntung ya yang sudah beli nyicil belum.lunas tapi sudah ada faceliftnya hahahahaha….

    =========

    Ijin ikutan tertawa, Mang..
    Huahahahahaha…
    :ngakak ngguling ngguling:
    Wakakakakaka..
    *menertawakan diri sendiri sebenarnya..soalnya saya termasuk golongan yang buntung.. -,-” 😦

    Suka

  5. blade_in berkata:

    Bagaimana dengan faktor gangguan dari matic 250cc? Sy pikir kehadiran matic 250cc macam XMax250 bisa membuat kelas sport 250 fairing tetap stag di kisaran 7-10% market.

    Suka

  6. supra 2002 ku awet rajet berkata:

    Sebenernya sejak ninja booming dan kredit ninja dipermudah leasing, pride kelas 250cc sdh mulai turun. Knapa? Krn smua orang, asal berani bs “punya” ninja, terlepas itu bakal lunas/enga. Terlihat dr demo buruh misal, yg udah beberapa taun “dikawal” ninja. Cm krn ninja msh single player ya eksklusif by product aja, merk lain blom punya.

    Nah kehadiran cbr250rr dgn harga nyaris 70jt malah merevisi situasi tadi. Palagi kl ampe ninja keganggu, otomatis ninja mst naekin standart product = naekin harga yg berpengaruh jg pd leasing (uang muka + cicilan) yg artinya bakal menyaring ulang calon pembeli.

    Suka

  7. COCODOT berkata:

    Untuk regulasi CC mesin, pemerintah harus menaikan juga harusnya ya…. Maksimal 400cc lah biar harga gak terpaut jauh

    Suka

  8. wisnu berkata:

    nah kalau sudah begini
    kalau kawasaki berani mengeluarkan ninja 250 empat clynders ,taruhlah pasang harga 100 sampai 120 jutaan,akan memberikan tren dan kelas yang berbeda,,

    Suka

  9. Kayaknya gw msh setia pk 2 tak jadul std modal jetting karbu n knalpot freeflow dah cukup buat mencapai kecepatan 140kph pk bebeknya…

    Yg ribut diblog2 cm mbek pengguna mbit n waria…

    Ngoahahahahha

    Suka

  10. fa74 berkata:

    Ga bakal mang, dulu vixion muncul diikuti perbaikan daya beli masyarakat, skrg ekonomi menurun.

    Suka

  11. goezman berkata:

    klo ane dari dulu selalu bilang motor 250 cc itu entry level bahkan di Indonesia (pernah komen di blog mana, cuma lupa), soalnya selalu counter opini blog2 lokal sini dengan baca cycle world atau MCN, makanya pandangan ane motor 250 cc itu over price apalagi disuruh beli yg harganya 70 juta.
    klo soal bakal kacang goreng atau nggak ane gak bisa komen. bisa iyes karena banyak org Indonesia yang mentingin gengsi, bisa nggak karena ekonomi melambat.

    Suka

  12. Wicked Sloth berkata:

    Setuju bro, 250cc twin sekarang udah terasa biasa banget. Yang jadi masalah bagi orang yang mau naik kelas itu pajak, di US punya uang 150 juta udah bisa naik R6 baru, lah di sini harganya jadi 270 juta lebih.

    Solusinya adalah pundak ke Australia atau US wkwkwkwkwk…

    Suka

Monggo Dilanjut Ngobrolnya.......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.