GSX R150 : Suzuki Mulai Bangun Dari Tidur, Tinggal Berdiri dan Berlari


Produksi gsx r150 perdana

Macantua.com – Kabar baik dari Suzuki, dimana Suzuki secara resmi sudah mulai memproduksi kedua motor sportnya yakni GSX R150 dan GSX S150 secara massal sejak hari ini 23 Desember 2016. Ini berarti Suzuki sudah kembali membuka matanya. Sudah bangun! Tinggal berdiri dan berlari. Kenapa ane bilang begitu? Dan bagaimana Suzuki bisa kembali berdiri dan berlari? Tentu ada syaratnya. Ga bisa seinstan dan semudah itu. Suzuki harus melewati beberapa fase. Apa saja?

Yup Suzuki sudah punya produk yang mumpuni. GSX R150 boleh dibilang motor yang punya karakter beda dibanding lawan sekelasnya. GSX R150 menawarkan konsep kencang yang ga dipunya kompetitornya. Hal ini terlihat jelas dari power output yang Suzuki tawarkan dari motor satu ini. Hmmmm tapi kencang saja tidak cukup ternyata. Ada beberapa poin yang harus Suzuki lakukan. Yang pertama adalah, perbaiki jaringan penjualan. Ane ambilkan contoh di kelas underbone 150cc Satria hanya terjual sekitar 2000 unit per bulan. Hal ini wajar karena jaringan penjualan Suzuki ga tersebar luas hingga ke pelosok kota kabupaten yang kecil. Tapi dengan keterbatasan itu Satria masih mampu terjual 2000 unit. Coba bandingkan dengan MX King dan Sonic. Dimana keduanya punya jaringan dealer yang sangat luas selisihnya ga terlalu banyak. Nah suzuki bisa gaet beberapa perusahaan leasing dan memberikan promo promo menarik untuk GSX R150 nantinya. Minimal nih, calon konsumen tau kalau Suzuki juga punya sport full fairing 150cc yang “sporty” beneran.

gsx r150

Yang kedua yang wajib Suzuki lakukan adalah promosi gila gilaan. Memanfaatkan masive nya pemberitaan lewat portal portal electronic mulai dari web resmi media online otomotif, fanspage facebook, twiter atau bahkan media media independen bisa mengangkat nama dan bahasa tentang Suzuki. Minimal kembali mengingatkan masyarakat kalau Suzuki punya produk otomotif roda 2 yang punya kualitas dan mampu bersaing dengan produk lainnya. Tapi kabarnya Suzuki sudah mulai menggandeng beberapa blogger kawakan untuk bergabung bersama Suzuki. Hmmmm kemajuan nih, disaat ada pabrikan yang justru menutup akses dengan blogger blogger besar tersebut.

Yang ketiga, Rangkul komunitas. Yang ane tau komunitas Satria merupakan Komunitas pengguna motor suzuki besar di Indonesia mungkin ya. Nah Suzuki bisa merangkul para penunggang Satria ini untuk bisa menghidupkan lagi nama besar Suzuki seperti tahun tahun 90an lalu. Seperti lewat event event bersama komunitas yang “diblow up” di media tentu saja akan kembali membuat nama Suzuki mengudara di media media elektronik dan kembali happening. Komunitas senang, Suzuki tersohor. Kira kira gitu deh…

Gsx r150

Last, jangan berhenti berinovasi. Berhentinya inovasi yang dilakukan Suzuki selama bertahun tahun membuat Suzuki seolah menjadi “nama tanpa nyawa”. Selama ini Suzuki hanya bersandar pada Satria yang ga banyak berubah, hanya perubahan minor saja hingga akhirnya Satria f150 injeksi “dipaksa” keluar. Dan ini jadi tonggak Suzuki “mengikuti” inovasi yang selama ini stuck pada DOHC 150CC karburator berrangka “hyper underbone”. Harapannya dengan GSX R150 bisa jadi obat buat para pecinta RGR atau FXR jaman dulu, dan hadirnya GSX S150 bisa jadi opsi para penunggang Thunder 125 yang sudah terlihat usang buat ganti STNK sama BPKB. Ya kan?

Nah, itu kira kira yang harus dilakukan Suzuki buat kembali dikenal dan diinginkan masyarakat. Karena menang di sirkuit saja ga cukup, menang power saja ga cukup, yang namanya bisnis adalah bisnis. Dan bisnis akan berujung pada penjualan dan berakhir pada titik keuntungan. Konsumen senang dengan produk berkualitas, komunitas senang dengan rangkulan pabrikan, dan pabrikan senang dengan produknya yang semakin dikenal dan laku di pasaran. Ayo Suzuki, melek udah, tinggal berdiri bangun pondasi yang ane sebut di atas maka kelak akan siap berlari…. CIAO…<

Advertisements
This entry was posted in berbagi, motor, opini pribadi, suzuki and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to GSX R150 : Suzuki Mulai Bangun Dari Tidur, Tinggal Berdiri dan Berlari

  1. Mang Atse says:

    Paling bangun bentar terus tidur lagi mang dan g akan bangun2 lg kaya inazuma.. wakakaka 😂

    • macantua says:

      Haduh….

    • Brodin says:

      Sales sales goblog pasti yg suka bc sana sini bangga pabrikan ygdipuja sana sini ngerecok sana sini kaya sampah idupnya.
      Tar giliran dirinya udah kepojok tuh baru deh keluarin dah tuh jurus andalan paling sakti . So iya jabarin “Data penjualan” pabrikan yg dipuja puja , berdalih data penjualan pabrikan yg gue suka lbh gede cuy dari pabrikan yg elo bela belaaa, halahh udah lagu lamaa yg model begini tuh, sampah idupnya intinya sih

  2. bejo says:

    hayang nu 250cc na lila euy 🙁

  3. NUR BUDI UTOMO says:

    Semoga laris agar seluruh pegawainya bisa lebih sejahtera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *