Cek Kondisi dan Umur Ban Kendaraanmu! Wajib!



fb_img_1469943937788

Macantua.com – Ban adalah kaki untuk seyiap kendaraan bermotor. Baik mobil maupun motor, ban adalah pangkal keselamaatan yang mesti dijaga selalu kondisinya agar prima. Jangan sampai kejadian berbahaya akibat kondisi ban yang tak prima membahayakan kamu dan juga siapa saja yang ada di kendaraanmu. Kuncinya, cek kondisi serta umur ban kendaraanmu sob!

fb_img_1469943979224

Kejadian di atas adalah kejadian yang menimpa seorang sobat macantua beberapa bulan lalu. Mobil yang digunakannya sempat oleng saat sedang dipacu di jalan bebas hambatan alias tol. Ban terkelupas layaknya apel dikupas dengan pisau. Angin pun tak tersisa lagi. Alhamdulillah seluruh penumpang termasuk drivernya selamat. Hanya sobat ane ini harus menepi dan mengganti ban mobilnya tersebut.

fb_img_1469943955312

Sempat ane tanyakan, ternyata mobil.memang jarang digunakan sehingga kondisi ban pun tak di check. Alhasil saat digunakab berkendara sedikit jauh kejadian ini pun tak terhindari.

Tips nih buat sobat macantua semua agar tak mengalami hal serupa dengan kendaraannya, baik mobil maupun motor sama saja kok. Yang pertama, selalu jaga kondisi tekanan ban. Tekanan ban yang berlebihan atau kurang bisa merubah struktur ban. Ban bisa saja benjol, atau bahkan rusak. Kemudian perhatikan umur ban. Ban yang sudah berumur lebih dari 4 tahun sebenarnya sudah tak layak untuk digunakan. Pasalnya, ban sudah mengalami perubahan suhu panas dan dingin yang bisa merusak struktur karet luar ban. Biasanya nih ban yang sudah berumur akan mulai getas, retak retak atau bahkan lepas dari sol nya seperti gambar di atas. Yang ketiga perhatikan juga ketebalan roda, bila roda sudah tipis, atau tanda penunjuk kedalaman ulir ban sudah rata ane sarankan buat diganti deh sob… Berbahaya….

Last, ane ingatkan sekali lagi. Ban itu vital, jadi jaga kondisinya demi keselamatan kita berkendara di jalan raya….. CIAO….

<

About these ads
This entry was posted in accident, ban, berbagi, mobil, motor, safety and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Cek Kondisi dan Umur Ban Kendaraanmu! Wajib!

  1. sucahyo says:

    Kalau jalan di kecepatan tinggi yang juga harus diperhatikan adalah tekanan angin dari ban. Jangan sampai kurang dari standar.

    Kalau mau kencang malah disarankan pakai tekanan angin 40.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2015/05/30/resiko-ban-meletus-bila-mengendarai-dengan-ban-kempos-kurang-angin-saat-ngebut-kecepatan-tinggi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *