Motor Concept vs Motor Mass Pro? All New CBR250RR Kok Mirip Banget Ya?



Concept motorbike

Macantua.com – Bicara soal motor concept memang selalu dibuat menggoda iman. Namanya concept pasti mempunyai fitur dan segala macam tampilan yang “WAH” di mata penikmat aang pameran. Tapi apakah motor concept akan sama atau minimal “mirip” dengan versi mass pro nya nanti? Belum tentu sob…… tapi CBR250RR kok mirip ya?

honda-remix-concept-vs-beat-street-macantua-com

Ingatkah pada saat Honda memamerkan Honda Remix Concept 2 tahun lalu? Hasilnya banyak pecinta Honda mengapresiasi kehadirannya. Dan banyak yang bilang akan bisa bersaing keras melawan Yamaha Xride saat itu. Hebohnya ga ketulungan. Tapi akhirnya saat diproduksi mass pro hanya jadi Beat Street yang kasarnya hanya membuat Beat esp ditelanjangi di bagian kemudinya. Banyak yang kecewa dan akhirnya “ngeledekin” kehadiran sang Beat street.

yzf-r25-concept-vs-yzf-r25-mass-pro-macantua-com

Kejadian terulang di saat Yamaha menampakkan motor concept 250cc yang digadang gadang jadi lawan besar untuk Ninja 250. Bentuk concept nya yang sporty dengan air duct di bagian tengah membuatnya dijuluki baby M1, terlebih saat Rossi melakukan test dengan motor concept yang kata sang legenda punya karakter terbaik di kelasnya. Yup YZF R25 concept sempat jadi buah bibir paling ramai. Tapi saat peluncuran resmi dengan tampang mass pro nya? Banyak yang kecewa dengan tampilannya. Terlebih saat klaim power 36hp yang tereduksi drastis saat ditest dyno membuat sang “Baby M1” kurang berhasil jualan di Indonesia mengalahkan Ninja yang jadi penguasa kelas 250cc full fairing. Untungnya YZF R25 masih diterima baik di kancah export ke luar negeri.

cbr250rr-concept-vs-cbr250rr-mass-pro-macantua-com

Tapi sedikit berbeda dengan All New CBR250RR yang sejak tahun lalu sudah nongol di Tokyo Motor Show. Tampang sangar dibalut dengan warna hitam doff menjadi pusat perhatian saat itu. Honda saat itu memberinya nama light super sport concept yang akhirnya brojol dengan nama All New CBR250RR. Kalau kita bandingkan antar keduanya memang ga banyak berubah drastis, terutama bagian depan yang plek banget. Yang terlihat direvisi hanya piringan rem dan lampu belakang. Dimana pada concept lampu terletak di kanan kiri, sedangkan pada versi mass pro nya bertumpuk ke atas.

Last, beruntunglah para penginden All new CBR250RR, karena si motor konsep ini pertama kali dijual oleh AHM di Indonesia. Dan orang Indonesia yang jadi sejarah lahirnya sport 250cc 2 silinder Honda. Dan yang jelas, concept dan versi mass pro nya masih banyak kemiripan…. Jadi ga kecewa banyak…. Ciao….

<

About these ads
This entry was posted in berbagi, honda, motor, opini pribadi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Motor Concept vs Motor Mass Pro? All New CBR250RR Kok Mirip Banget Ya?

  1. tlekem panglima baru FBY says:

    mau mirip mau engga suka-suka pabrikan lah, intinya sie masih bahas artikel pesanan ngoahahahaaa jlubh

  2. handoyo25 says:

    Rentang waktu saat development bisa jadi indikator, makin panjang/makin lama proses development biasanya resiko “ngelantur” jadi makin besar.
    Tapi kalau terlalu pendek juga beresiko produk mass pro akan nemu defect.

    Anyway, tingkat kematangan konsep desain ditahap awal juga berpengaruh, dimana bukan soal desain body dan performance saja, tapi faktor kompetitor, kondisi market (daya beli), preferensi konsumen, dan harga jual, kalo semua hal itu sudah matang saat peluncuran model prototype (konsep) biasanya saat mass pro nanti kalaupun ada penyimpangan sudah cukup kecil.

  3. MacanABG says:

    kasihin yang gak mirip

  4. ya sama kek tornado gs, dlu gembar gembor bakal masukin RG Sport eh gak taunya tornado pake mesin crystal. klo yg masuk RG Sport di sinyalir biker 150cc SOHC/DOHC bakal ayan dijalanan.

    ngoahahahaha

  5. amlbuton says:

    R25 concept ganteng banget, giliran udah brojol kok jadi jelek banget

  6. Dikin says:

    Concept R25 malah mirip R1/R1M dan R6 terbaru, IMHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *