Power All New CBR250RR On Dyno Segitu, On Road Bisa Jadi Lebih!



airscope-cbr-250rr

Macantua.com – Masih Heboh kan soal Power On Wheel dari hasil test mesin dyno yang dilakukan oleh R9 dan Otomotif? Dimana keduanya mengamini bahwa power on wheel dengan mesin Dyno All New CBR250RR mencatatkan angka yang fantastis di atas lawan lawan sekelasnya. Tapi itu masih dalam kondisi statis alias diam. Ada satu part yang belum digunakan maksimal oleh All New CBR250RR dalam menghasilkan power di 30hp tersebut. Yup, down draft intake dan air ram intake, terutama air ram intake. Kemungkinan saat di jalanan power on wheel All New CBR250RR bisa lebih njengat lagi sob!

tim-otomotifnet-ngetes-cbr250r

Banyak yang bilang kalau power di atas mesin dyno pasti lebih besar karena ga ada hambatan angin, bobot pengendara sampai kondisi track dan sebagainya. Ane mengamini semua alasan di atas. Tapi, akan ada sedikit perbedaan di All New CBR250RR ini, dimana air ram intake yang Honda sematkan pada All New CBR250RR justru bekerja disaat motor bergerak sob! Bedakan dengan mesin dyno yang dalam kondisi statis.

Kata wiki : A ram-air intake is any intake design which uses the dynamic air pressure created by vehicle motion to increase the static air pressure inside of the intake manifold on an internal combustion engine, thus allowing a greater massflow through the engine and hence increasing engine power

“Air ram intake adalah intake design yang mana menggunakan dinamic air pressure yang diakibatkan oleh pergerakan kendaraan untuk meningkatkan tekanan udara statis di dalam intake manifold dan di dalam ruang bakar mesin dengan memperbolehkan aliran udara yang lebih besar masuk ke dalam engine yang akan memperbesar tenaga sang mesin”

air-intake-cbr-250rr

Jadi gini, fungsi air ram intake yang berada di bagian kanan kiri fairing depan All New CBR250RR ini berfungsi untuk menangkap udara saat bergerak. Secara teknis, udara yang di tangkap oleh air ram intake akan meningkatkan VE (volumetric efficiency) di air intake. Nah pada All New CBR250RR air ram intake ini juga didukung oleh sytem down draft intake. Jadi selain menangkap udara dari luar, juga memanfaatkan aliran turun ke bawah (vertical). Coba bedakan dengan intake motor lainnya yang rata rata horizontal. Tentu saja asupan udara akan jauh lebih mudah kan?

Nah dengan meningkatnya VE di asupan udara pada mesin tentu saja akan memperbaiki pencampuran bahan bakar agar terbakar sempurna. Hasil pembakaran sempurna ini akan menjadikan ledakan tenaga yang dahsyat. Dan tentu saja ini baik untuk kinerja sang motor.

Kira kira gitu penjelasannya. Kalau om Sena Ponda bahkan mengklaim power bisa naik 10% dari dalam kondisi diam di atas dyno lo…. Senior aja bilang gitu… Piye menurutmu sob?

<



About these ads
This entry was posted in honda, motor, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Power All New CBR250RR On Dyno Segitu, On Road Bisa Jadi Lebih!

  1. Supra 2002 ku awet rajet says:

    Ai jg setuju mang. Soalnya desain compact engine + air ram itu berbeda dgn mesin biasa. air ram membutuhkan sirkulasi udara yg tepat (natural) untuk memaksimalkan daya mesin.

    • macantua says:

      Wow. Bahasanya kelas atas…. natural….

    • Supra 2002 ku awet rajet says:

      Maksudnya meski sdh dipasangin blower segede gaban diruang dynotest, tp belum tentu sdh mendekati angka maksimal. Krn perputaran udara diruang kotak, ruang wind tunnel (yg biasanya melingkar temboknya) tentu tdk senatural wind tunnel lingkar garut. Kira2 begitu pengamatan ai.

    • chibiyabi says:

      pan udah pake blower itu didepannya, cuma memang, speed blower fannya pasti statis, segitu gitu aja, beda sama klo lagi jalan beneran, jumlah udara yang masuk ekuivalen dengan speed yang didapet, makin tinggi speed makin banyak udara yang masuk…nah siap siap merasakan tarikan setan ala ninja 2 tak..

  2. Cipluk says:

    Harusnya pas test dyno sambil disemprot blower ram air intakenya…

  3. COCODOT says:

    Bener2 dahsyat nih motor, keturunan motor gp… R25 dan ninja wajib upgrade lagi.. Biar gak semua jenis motor di Indonesia honda melulu

  4. donset says:

    cocok buat balapan ki om jendra

  5. tlekem panglima baru FBY says:

    koplak, mana ada power di jalan raya lebih gede, jelas banget artikel pesenan siberuk 250 Replika Rongsokan ngoahahaha jlubh

    • Zemo says:

      Lha ini ni, sesuai peribahasa “Air beriak, TANDA TAK DALAM” dan “TONG KOSONG NYARING BUNYINYA”, padahal artikel ini njelasin gamblang tentang ntu, malah masih ngenyel ngotot dngan sombongnya ngomong mana ada power di jalan raya lebih gede, hadeuhhhh… padahal dah diomongin sistem engine nya beda

      • tlekem panglima baru FBY says:

        ada penboi siberuk250Replika Rongsokan ga terima neh, sistem engine beda, coba bedanya apa ? udah dites & diukur tenaganya dijalan raya belum ? kalo belum cerita tenaga nambah baru asumsi belum terbukti, ngerti ga ? ngoahahahahaha jlubh

  6. abaydmz says:

    kalau tidak salah kang, ram air intake itu baru bekerja optimal diatas kecepatan 140km/jam yah ?

  7. secara teknologi penyaluran tenaga ke roda belakang masih di bawah verza, ocb dan sonic.

    secara fitur emang unggul tp secara mesin inferior jika dibandingkan dengan cc dibawah nya. kenapa gak tiru teknologi 3 mesin diatas yak yg nota bene bisa lebih besar on wheel dr claim pabrikan on crank?

    Honda aneh…

    Verza 12.5dk -> 15.2dk
    OCB 16.8 -> 17.8dk
    CBR 250 RR -> 38dk -> 32dk

    kliatan cupu sekali insinyur CBR 250 RR bisa kalah gitu penyaluran tenaga nya dibanding verza atau OCB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *