Waspada Bahaya Berkendara Di Antara Kendaraan Besar



Pengendara beat terjepit diantara kedua bus

Pengendara beat terjepit diantara kedua bus

Macantua.com – Kemarin beredar berita kejadian kecelakaan beruntun yang melibatkan 3 buah bus pariwisata dan 1 buat matic entry level Honda (Beat), dimana pengendara matic Honda Beat tersebut harus kehilangan nyawanya karena terjepit diantara bus yang bertabrakan. Mengerikan memang saat melihat foto foto yang tersebar. Tapi ini jadi warning buat kita semua agar lebih berhati hati, karena berkendara diantara kendaraan berat itu berbahaya.

Sumber facebook

Sumber facebook

Kenapa berbahaya? Pertama adalah karena dimensinya yang besar. Dimensi besar ini membuat kita bisa kehilangan kemampuan untuk mengetahui keadaan sekitar. Bayangkan saat kamu berkendara tepat di belakang bus atau truk tentu saja akan sulit untuk mendahului karena kamu sulit untuk melihat pergerakan kendaraan di arah yang berlawanan.

Kedua tentu saja karena bobot yang berat membuat kendaraan bus atau truk akan lebih sulit dikendalikan. Akibat hal ini biasanya kendaraan berat dan besar ini diberikan speed limit. Inget ane kalau mudik pakai bus akan terdengar alarm yang lumayan kencang saat bus melewati batas kecepatannya.

Ketiga, pengereman yang masih mengandalkan brake shoe dan tromol alias brake drum Pernah liat bus atau truk pake rem cakram? Belum pernah kalau ane sih. Nah berhubung masih mengandalkan rem seperti ini ditambah bobot yang berat tentu saja kemampuan pengeremannya ga bisa secepat kendaraan kecil. Ini yang bikin bahaya, bahaya kalau bermain main apalagi mengacaukan konsentrasi supirnya. Bisa ambyar diseruduk…

Nah, saran ane sih bila kamu berkendara diantara kendaraan beratbaik bus atau truk, sebaiknya secepat mungkin menghindar. Jaga jarak, biarkan mereka melaluimu atau kalau ada kesempatan lalui. Terlebih bila kamu ada tepat di depan mereka kamu seolah bagai mangsa yang sudah terbidik, yang bisa kapan saja tersundul. Hati hati di jalan ya sob….

<

About these ads
This entry was posted in accident, bus, matic, motor, safety and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Waspada Bahaya Berkendara Di Antara Kendaraan Besar

  1. Lebih hati2 di jalan dan ikuti selalu peraturan lalu lintas

  2. Klo bis ato truk iring2an mending salip sekaligus. Tp kadang malah bis ato truk yg nyalip n mepet kita diantara bus spt kejadian diatas.

    Apalg disitu ditulis kecepatan tinggi kemungkinan 80kph n biker mbit spt nya lg apes n ke gencet.

    Org skrg bawa bis, mobil dah kek bawa motor. Apalg bus bumel n pariwisata bawaannya kanan trus.

    • handoyo25 says:

      Kalo biasa main di pantura, sudah sejak dulu kala bus atau truk itu selalu ambil kanan, kenapa?
      Karena di lajur kiri banyak angkot, motor, sepeda, becak, dll yg bikin bus/truk ini sering stop n go, selain bikin pegel, itu bikin boros solar juga ( belum lagi resiko nyerempet).

      Akhirnya ini jadi setting default, kecuali di jalan tol

  3. BetawiFBR says:

    Ane waktu sma pernah mau overtaking bus jlnnya belok kiri & busnya pun belok kiri, karna reflek ane banting stir ke kiri, motor mepet pembatas jln (tembok hitam putih) & pedalnya jadi bengkok_alhamdulillahnya selamat 🙁

  4. fa74 says:

    serem. momentum bus trus ma kendaraan berat laen gede. kaliin kecepatan bis.. remuk dah itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *