Tilang Online? Bagus, Tapi Sudah Siap?



0008321e-tilang780x390

Macantua.com – Beredar info bahwa Indonesia akan melakukan uji coba penegakan hukum lalu lintas secara online. Yah kalau dibilang mengadopsi di negara negara di luar negeri sana. Hal ini dilakukan untuk meminimasi pungli yang biasa ditemukan di jalanan yang dilakukan oknum oknum Polantas. Tapi apakah sudah siap sistem untuk membackupnya?

Kita tau di banyak negara sudah menggunakan sistem tilang seperti ini sejak sebelum jaman online. Nah Korps Lalulintas sedang melakukan test sistem ini dengan aplikasi android, dengan memanfaatkan CCTV yang sudah terpasang dibeberapa jalan protokol menjadi salah satu sumber yang bisa memberikan bukti tilang.

Dengan begini, bukan hanya Polantas yang terbasmi pungli nya… tapi juga bisa jadi teguran buat para pengendara agar lebih berhati hati dalam berkendara dan menghindari pelanggaran. Yah anggap aja terawasi secara langsung. Dan surat tilang akan Langsung dikirimkan ke alamat pengguna kendaraan.

Tapi, ada beberapa hal yang masih jadi PR besar. Berapa sih banyak CCTV yang tersebar? Bahkan di kota kota besar sekalipun jumlah dan posisi CCTV belum tersebar secara luas. Hanya ada di jalan jalan protokol dan belum mencakup jalan jalan yang justru rawan pelanggaran.

Harapan ane sih secepatnya sistem tilang ini bisa digunakan. Biar jalanan Indonesia semakin tertib. Ga makin amburadul. Kalau menurut kamu gimana sob? Setuju kalau sistem ini segera diterapkan?

<

About these ads
This entry was posted in berbagi, safety and tagged , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Tilang Online? Bagus, Tapi Sudah Siap?

  1. COCODOT says:

    Tilang online menandakan kemajuan teknologi atau kurang kepercayaan kepada polantas yang kebanyakan pungli dilapangan

  2. rifz says:

    masalah banyak pungli itu sebenarnya karena banyak yang gak punya waktu dan biaya perjalanan untuk ikut sidang, terutama yang dari luar kota atau dari pelosok.
    sedang slip biru juga ribet mau ngambil kembalian denda nya ke mana

    coba ada mekanisme sidang tilang online, bayar denda setelah sidang via bank, trus ambil surat2 yang disita ke polsek terdekat dengan bawa slip pembayaran
    yakin pungli tilang bisa hilang

  3. terealisasinya thn 2026 yakin dagh juragan !!!

  4. handoyo25 says:

    Tantangan terbesarnya ada pada akurasi database pemilik/pengguna kendaraan.
    Contoh sederhana, dari 100 kendaraan yg terdaftar, berapa persen yg data pemiliknya benar/akurat? Ini belum lagi ngomong soal beda alamat ktp/sim dg domisili aktual.
    Gimana nasib pemilik kendaraan yg belum balik nama? Beruntungkah dia?

    Bayangan saya, yg paling mungkin diterapkan adalah denda tilang “online” tsb ujung2nya harus dibayar saat bayar pajak tahunan (itupun kalo si pemilik masih mau bayar pajak).

  5. Har_on says:

    Sebenarnya klo mau jujur antara polantas sama pelanggar (ctt pelanggar dari luar kota) adanya uang damai itu saling menguntungkan.. Bener g?jujur lho ya,sebab klo kita pergi ke luar kota atau bahkan luar pulau,trus ketilang, sedangkan kita disitu cuma bbrp hari apa kita mau balik lagi cuma mau sidang?mending tetap bisa tilang tapi stnk dikirim via pos,bayar denda bisa di bank.
    Klo tilang online, banyakan yg bisa di kota klo di hutan, marka lurus tu ada berapa ratus satu jalan antar provinsi, mau dipasang cctv smua? Klo iya hebat seh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *