YZF R15 Facelift V.3, Atau New Vixion Lebih Dulu?


yzf r15 facelift 2017 2

Macantua.com – Mengingat YZF R15 dan New Vixion seolah mulai kehilangan taring di penjualan kelas sport 150cc 4 tak sepertinya memang Yamaha meski melakukan perombakan drastis untuk keduanya dan ini tidak boleh lama. Tapi mengingat keduanya adalah segment yang mirip kira kira siapa yang lebih dulu? YZF R15 Facelift? Atau justru sang raja sport 150cc New Vixion yang segera difacelift?

Kalau bicara siapa yang lebih dulu sepertinya YZF R15 menjadi yang harus lebih dahulu dilakukan perombakan besar besaran. Ingat YZF R15 sudah sejak di negeri asalnya India sana belum mendapatkan refreshment setelah versi 2.0. Sedangkan versi yabg dibbawa ke Indonesia merupakan seri 2.0 yang merupakan seri terakhir dari YZF R15. Apa saja yang meski YZF R15 perbaiki? Jelas mesin wajib upgrade, DOHC kalau perlu agar bisa mempermalukan Honda yang sudah mempunyai mesin DOHC lebih dahulu. Tapi ingat Suzuki pun sedang bersiap siap masuk ke segment ini dan yakinlah Suzuki punya mesin yang mumpuni buat bersaing. Dan ini bisa jadi “air penyiram kerupuk” buat Yamaha bila salah strategi dimana YZF R15 bisa mlempem duluan bila tak memperhatikan Suzuki.

Pict aroelmoto

Pict aroelmoto

Bagian selanjutnya adalah Tampilan. Dimana si “Lele” harus  sesegera mungkin difacelift. Jujur saja secara desain Yamaha jagonya, bahkan melihat YZF R15 tidak membosankan. Aura keluarga YZF R series memang kental tak seperti sang kakak YZF R25 yang jujur saja justru kehilangan kesan YZF R series-nya. YZF R15 hanya perlu bersolek dibagian Headlamp yang katanya nanti akan dibekali LED. Dimensi tangki pun meski menjadi poin “perbaikan”. Kurang senada dengan lebarnya fairing yang sudah moge wannabe…. tak masalah bila nantinya YZF R15 pakai kondom tangki, yang penting kece.

Bagian buritan menjadi object permak selanjutnya. Dimana sebenarnya secara desain buritan YZF R15 saat ini sudah cakep, hanya saja kesan “terlalu panjang” sehingga nampak menjulang membuatnya kurang “pas” dilihat. Terlebih saat membonceng penumpang. Boncenger teelihat menjulang tinggi. Potong dikit aja cukup deh, jangan terlalu buntet kaya Xabre nantinya kurang nyaman.

pilihan-warna-new-vixion-advance hitam

Nah, bagaimana dengan Vixion? Tentu saja Vixion pun harus berbenah banyak, terutama di sisi headlamp yang masih terlihat wagu. LED sepertinya jadi paket yang wajib. Tapi ga ada salahnya kalau Yamaha memberikan sesuatu yang baru. Dan satu lagi, panjang buntut yang sangat “wagu”. Kalau R15 terlihat terlalu menjulang, Vixion jauh lebih panjang terlihat roda dan ujung tail lights seolah lebih jauh tail lights. Spakbor belakang pun sepertinya wajib di refisi, yah kalau bisa pakai spakbor gantung seperti MX King sepertinya OK. Tapi dengan syarat buntut wajib dikurangin panjangn dimensinya.

Bicara soal mesin, sepertinya kelas naked bike ga perlu kencang, tapi lebih ke enak untuk stop and go. Motor lebih butuh karakter torqy sehingga SOHC plus VVA sudah bisa jadi ramuan mujarab untuk bermain torsi sejak awal bukaan throttle…. Jumlah percepatan sepertinya bisa mengadopsi milik YZF R15 atau Xabre saat ini yakni dengan gear box 6 percepatan dimana motor akan mempunyai ratio antar gigi yang lebih rapat plus muntahan torsi sejak putaran bawah sampai mesin sukses berteriak. Hmmmm ini baru master of torqe 150cc sesungguhnya kalau begini…. dan naked bike butuh itu semua….

Last, kapan baiknya dan siapa yang duluan? Kalau duluan jelas YZF R15. Tapi jedanya jangan terlalu lama, maksimal 2-3 bulan karena keduanya dalam warning lampu kuning berkat serangan Honda dan Suzuki yang sepertinya tertarik di kelas “basah” ini…. Ciao…..

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

BBM @ 54A0B190

WA @ +6281223816399

Twitter @raza_rajendra

Advertisements
This entry was posted in berbagi, DOHC, motor, motor baru yamaha, sohc, yamaha, yimm and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to YZF R15 Facelift V.3, Atau New Vixion Lebih Dulu?

  1. why not both :mrgreen:

    Permanis tampilan ban dengan spidol ban
    http://rpmsuper.com/cara-menggunakan-spidol-ban/

  2. COCODOT says:

    R15 duluan baru di turunin ke vixion, dan saya sangat setuju sekali dengan pendapat macantua yang mempunyai karakter untuk tampilan motor yang Indonesia banget dan saya banget tuh, sukses mang, semoga YIMM mendengar

  3. Are wege says:

    Notif email gak muncul nih

  4. galakxi says:

    new vision..semoga lebih mntapp..

    Ajaib..Buah ini bisa membuat rasa super asam menjadi manis.https://galakxi.wordpress.com/2016/09/14/ini-buah-yang-bisa-membuat-asam-jadi-manis

  5. arif says:

    waduuuhhh garang alias ganteng semoga aja kayak gitu nantinya r15 mas tapi bodi blakangnya kayak apa yahh. paling tidak 12 liter ukuran tangkinya biar klihatan besar tangkinya seperti r25 kaka nya r16.. aku peminatnya r15 mosok… kalah sama cbr yg sekrang ini 2016 mas mau di jual tanggung ya udah dehh masih banya yg nunggu r15 v3.0 ini moga aja tampilanya nanti makin gagah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *