Throttle By Wire? Bagaimana Cara Kerjanya?


Pic : Blognyamitra

Pic : Blognyamitra

Macantua.com – Throttle by wire, yup hal ini memang masih jadi sesuatu yang baru di dunia roda 2 Indonesia. Meski di roda 4 sudah banyak yang menggunakannya tapi untuk roda 2 sepertinya Honda menjadi yang pertama. Yah seperti jaman injeksi pertama kali digunakan pada sepeda motor Supra X 125 di tahun 2005an dulu. Terus bagaimana sih cara kerjanya? Kita bahas yuk….

Pict : Bengkelsepedamotor

Pict : Bengkelsepedamotor

Throttle by wire bentuknya didominasi oleh servo motor pengerak butterfly (skep pengatur debit udara masuk kedalam mesin). Kalau pada motor konvensional Grip gas ditangan kanan terhubung langsung dengan butterfly melalui kabel gas . Nah pada TBW sekarang menjadi sensor yang memberi input kepada ECU. Jadi berapa besar pelintiran tangan pengendara, ECU akan memproses data dan memberikan perintah kepada servo motor seberapa besar dan seberapa cepat butterfly dibuka. Tapi perintah ke servo motor ECU tidak hanya berdasarkan input grip gas, bukaan juga dipengatuhi oleh  input tekanan saluran masuk ke mesin, putaran mesin, suhu mesin, kecepatan motor, kecepatan putaran roda belakang.

Ride-by-wire

TBW kalau diibaratkan sebuah karburator, mirip seperti karburator CV alias karbu Vacuum, yaitu grip gas terhubung dengan butterfly namun skep yang mengatur bukaan udara masuk ke mesin terbuka berdasarkan tekanan saluran masuk mesin. Dengan TBW maka semprotan bensin melalui injector tidak perlu diperbesar mendadak, karena bukaan butterfly tidak mendadak.

Nah yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah : apakah TBW lemot ? Jawabannya adalah : tidak, reaksi mesin yang menggunakan TBW akan tetap responsif tapi dalam batas aturan emisi gas buang yang berlaku saat sepedamotor didaftarkan untuk uji layak jalan. Tapi kalau menginginkan dibuat lebih responsif daripada kabel gas biasa juga bisa. Namanya perangkat elektronik pasti bisa saja diakali.

Jpeg

Panel kiri CBR250Rr

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan TBW. Pada TBW : choke, servo idle bisa langsung digantikan oleh TBW sendiri, so di saat mesin dingin ECU tinggal kasih perintah tambah bensin & butterfly angkat sedikit. Bahkan saat nanti sang motor akan ditambahkan fitur seperti Cruise control (touring) dan Traction control juga lebih mudah.  Cukup menambahkan sensor & software ECU.

All new cbr250rr grey metalic

All new cbr250rr grey metalic

Last, semoga ini bisa jadi tambahan informasi buat yang mau meminang All New CBR250RR ya… mengingat Throttle by Wire baru diaplikasi pada CBR250RR buat motor berkubikasi kecil di Indonesia.

Sumber : mas imam  bengkelsepedamotor

Baca juga :

Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

BBM @ 54A0B190

WA @ +6281223816399

Twitter @raza_rajendra



Advertisements
This entry was posted in ahm, berbagi, honda, mesin, motor and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Throttle By Wire? Bagaimana Cara Kerjanya?

  1. gunz says:

    sbenernya ini teknologi udah jadul, cuman kalo di mobil dan skrang ini di motor. karna alat berat/heavy equipment yg udah duluan pakai

  2. COCODOT says:

    Mirip volume

  3. rselawe says:

    Cuanggih paklik.. tapi kalo rusak servonya berapa harga sparepartnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *