Alasan KPPU Undang Honda dan Yamaha (Dugaan Kartel)


Sumber : detik.com

Macantua.com – Beredar issue dan dugaan bahwa AHM (Honda) dan YIMM (Yamaha) melakukan kerjasama dalam menetapkan harga (kartel) skutik (skuter matik) entry level 110 cc- 125cc. Dan akhirnya KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) memanggil keduanya dalam sidang. Apa alasannya? Ane coba kutip dari detik.com nih.

Kenapa KPPU melakukan investigasi terhadap sepeda motor khususnya skuter matik (skutik)? Pasar industri sepeda motor di Indonesia, ada dua pemain besar yakni Yamaha dan Honda. Bila ditotal keduanya menguasai kurang lebih 97 persen pangsa pasar sepeda motor skutik. Industri yang terkonsentrasi seperti ini sangat berpeluang terjadinya kombinasi antara dua perusahaan dalam rangka menguasai penjualan,’ ujar Ketua KPPU, Syarkawi Rauf, di Jakarta.

“Makanya sejak awal kami melakukan penyelidikan, kemudian karena ada dua alat bukti yang cukup untuk mengangkat ini ke proses penyelidikan. Kita kemudian naikkan ke proses penyelidikan. Setelah kami yakin dengan bukti-bukti maka proses penyelidikan kami tingkatkan lagi menjadi persidangan, itu yang sedang kita perkarakan,” tambahnya.

Dirinya kembali menjelaskan, hal lain apa yang membuat kasus ini begitu penting.

“Kenapa itu menjadi penting? Karena di Indonesia ini, transportasi publik belum berkembang. Sehingga salah satu alternatif transportasi yang dimiliki oleh masyarakat khususnya yang menengah ke bawah, itu adalah transportasi yang menggunakan sepeda motor,” ujarnya.

“Ini paling banyak dibeli oleh masyarakat. Nah atas dasar itu KPPU melihat ini sektor yang sangat strategic, sehingga kita perlu untuk melakukan penyelidikan melakukan investigasi. Hingga sampai pada tahap keyakinan bahwa ini adalah alat bukti untuk membawa ke proses persidangan,” katanya.

Informasinya jika Honda dan Yamaha terbukti melakukan kerjasama ini, maka keduanya akan dikenakan denda sebesar 25M sob. Weleh weleh…. lumayan gede juga ya… Sidang pertama digelar kemarin Selasa 19 July 2016. Yamaha hadir sedangkan Honda absen. Di sidang kedua KPPU akan memberikan kesempatan kepada Honda dan Yamaha untuk memberikan tanggapan tentang dugaan pelanggaran yang dilakukan keduanya. Sedangkan KPPU akan melakukan pemeriksaan pendahuluan mulai 19 July hingga 30 Agustus mendatang guna memutuskan perlu tidaknya pemeriksaan lanjutan untuk dugaan kartel ini.
Yah semoga aja cepat tuntas ya… dan bisa menunjukkan fakta sesungguhnya. Ane sih ga ngerti sama yang namanya kartel kartelan. Yang ane tau cuma katel buat masak hahaha… Ciao…

 


Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

BBM @ 54A0B190

WA @ +6281223816399

Twitter @raza_rajendra

Line@ : @macantua

Advertisements
This entry was posted in ahm, motor, yamaha and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Alasan KPPU Undang Honda dan Yamaha (Dugaan Kartel)

  1. dede says:

    jika beneran ada kartel. trus harga matik baru mengalami koreksi. yang kemarin2 beli matik jadinya beli matik overprice dong.

  2. goozir says:

    motor 125 cc udah 17 juta je…

    Pendaftaran Asia Talent Cup 2017 sudah di buka >>goozir.com

  3. handoyo25 says:

    2 (dua) alat bukti?
    Jadai penasaran, apa sih yg dijadikan alat bukti dalam kasus ini? 😀
    (mosok price list sih?)

  4. inot says:

    klo menurut ane malah ujung ujungnya duit…

  5. anonimus says:

    Denda 25M? Uangnya lumayan tuh buat dikorupsi :v

  6. John Travolta says:

    Asek nih klo dikabulin.. Jadi bisa beli r25 harga 30jt an.. Wkwkwkw #ngimpi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *