Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Pakai Kendaraan Pribadi….



Macantua.com – Mudik memang jadi agenda tahunan buat para perantau di Indonesia. Aktifitas mudik (mulih ke udik) biasa dilakukan tiap menjelang Lebaran Iedul Fitri. Guna berkumpul dengan saudara saat Hari Raya. Mudik bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Buat yang mau simple tinggal tidur di jalan ya pakai kendaraan umum, tapi buat yang mau lebih santai dan bisa istirahat dimana saja jelas menggunakan kendaraan pribadi jadi opsi yang dipilih. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih saat mudik dengan kendaraan pribadi. Apa saja? Yuk ah kita ulas satu persatu.

  1. Cek kondisi kendaraan anda , ini wajib. Dimana kendaraan yang akan digunakan untuk mudik wajib dalam kondisi prima. Karena harus siap menghadapi segala kondisi mulai macet, sampai disiksa puluhan jam. Check mulai dari kondisi engine, sistem pendinginan, brakes atau pengereman dan yang tak lupa bahan bakarnya harus cukup hehehehe
  2. Peralatan keselamatan berkendara harus dalam keadaan baik.Buat yang naik mobil jangan lupa peralatan kesehatan standar alias P3K selalu siap sedia. Buat yang pakai motor usahakan pakai perlengkapan keamanan yang lengkap, seperti helm, jaket, sepatu, knee protector.

  3. Tetap fokus. Nah ini yang musti diperhatikan. Fokus dalam berkendara ini adalah intinya. Meleng saja sedikit bisa bahaya. Bisa nabrak atau nyungseb…

  4. Jaga emosi, ini yang sedikit banyak buat ane sendiri susah dikontrol. Jujur saja saat mudik rasanya pasti ingin cepat sampai. Kondisi perut lapar puasa ditambah padatnya jalanan membuat kita lebih mudah terpancing emosi. So, jangan buang energi buat marah marah. Mending lanjut riding atau driving plus fokus seperti poin nomor 3.

  5. Beristirahatlah ketika merasa lelah. Sudah banyak disediakan rest area disepanjang jalan menuju kampung halaman. Kalau buat pemudik menggunakan motor ada Bale Santai Honda  dan pos jaga Yamaha, buat roda 4 pun ada posko Mazda dan Mitsubishi di beberapa titik. Manfaatkan fasilitasnya jangan paksakan tubuh kamu untuk terus berkendara. Biar selamat sampai tujuan, bagaimana mau fokus riding atau driving kalau badan nya lemah letih dan lesu. Ya kan?
  6. Banyak minum air putih bukan minuman berenergi. Kondisi duduk selama perjalanan membuat kerja ginjal semakin berat. Baik rider atau driver semuanya akan banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Minum air putih yang banyak akan membantu membuat kinerja ginjal semakin ringan. Berbeda saat kamu minum minuman berenergi. Badan akan dipaksa bekerja lebih, ginjal pun akan lebih berat saat membersihkan “cairan konsentrat” yang mengalir dalam darah kita.

Last, berdoalah dan berkendaralah dengan aman, karena keluarga besar di kampung halaman sedang menunggu. Jangan sampai pulang tinggal nama. Selamat jalan buat yang mudik, hati hati di jalan. Salam buat semua keluarga di kampung. Pulangnya jangan lupa bawa oleh oleh ya hahahahhaha….Ciao…


Contact :

Email @ raza.rajendra@gmail.com

BBM @ 54A0B190

WA @ +6281223816399

Twitter @raza_rajendra

Line@ : @macantua

Advertisements
This entry was posted in adventure, berbagi, mobil, motor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Pakai Kendaraan Pribadi….

  1. COCODOT says:

    Dan jangan lupa kunci rumah sebelum berangkat mudik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *