Akibat 3 Komponen Yamaha Motors Recall YZF R25, R3, MT25 dan MT3


image

Yamaha Jepang Recall

Macantua.com – Ada Informasi dari Yamaha Motors Jepang nih Sob… Yamaha mengumumkan akan me-recall sebanyak 15,072 unit motor Yamaha YZF R25, R3, MT 25 dan MT 3 yang merupakan produksi dari 6 Oktober 2014 – 23 Mei 2016. Hmmm ini bukti keseriusan Yamaha Motors untuk menjaga kepuasan Konsumennya nih…

Terdapat 3 komponen penting yang menjadi dasar kenapa Yamaha melakukan recall yang terindikasi bisa mengakibatkan kegagalan fungsi dan berpengaruh pada safety bagi pengendaranya. Komponen-komponen itu meliputi Prime mover (pompa oli), Perangkat transmisi (pressure plate) dan Perangkat rem (selang rem).

image

Pompa oli

Pompa oli ini seperti yang pernah ane bahas sebelumnya dimana di Malaysia terdapat kerusakan gear oil pump YZF R25 yang rompal alias kehabisan giginya. Ternyata hal ini diakui Yamaha Motors Jepang sebagai sebuah kesalahan desain. Dimana part tidak dapat bekerja secara maksimal dalam putaran mesin yang tinggi. Hal ini berakibat fatal seperti kejadian rompal yang mengakibatkan oli tak dapat terpompa ke head. Hasilnya, jelas mesin akan mengalami panas berlebih alias over heat.

image

Transmisi (pressure plate)

Nah pada bagian ini ternyata masalahnya terletak pada bearing kopling (clutch) yang dianggap kurang kuat menekan kopling yang bisa mengakibatkan cepat aus-nya komponen kopling.

image

Selang rem depan (Hose Brake)

Nah untuk temuan ketiga adalah posisi selang rem alias hose brake pada ban depan yang posisinya dekat dengan radiator. Hal ini dikhawatirkan akan merubah kekuatan hose brake akibat efek panas dati Radiator yang dapat membuat karet menjadi getas dan beresiko kebocoran pada selang rem.

Bagaimana dengan di Indonesia? Mungkin YIMM akan melakukan hal yang serupa dimana ini sudah masuk ranah “safety” yang selalu menjadi poin utama di setiap pabrikan Jepang.

     

Contact :
Email @ raza.rajendra@gmail.com
BBM @ 54A0B190
WA @ +6281223816399
Twitter @raza_rajendra
Line@ : @macantua

Advertisements
This entry was posted in berbagi, moge, motor, safety, yamaha and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Akibat 3 Komponen Yamaha Motors Recall YZF R25, R3, MT25 dan MT3

  1. babe_umar says:

    kuduna mah semua pabrikan dengan gentle melakukan perbaikan produk yang cacat dan masif … silahkan sebut dengan recall, perbaikan gratis terencana bla bla bla
    asalkan gratis dan garansi pabrik, insya Allah konsumen akan makin percaya dengan si pabrikan karena tanggung jawabnya

  2. Mang Atse says:

    Untung motor urg kawas aki mang laen yamah mud 😀

  3. Rocketroll says:

    Yamaha mah pilih kasih mang, piksen urg busing arm na rada oblak teu di recall ???

    Jemuran perdana :
    Opini, Jika Kawasaki Merilis Ninja 250 4silinder :
    http://www.selamatpagiterang.com/blog/2016/06/15/911/

  4. Agung says:

    Gimana caranya tau motor qt produksinya tanggal tersebut… Saya bru seminggu lalu ambil r25. Mohon perncerahaannya…

    • macantua.com says:

      Biasanya kalau pabrikan diambil datanya berdasarkan VIN alias nomer identifiksi kendaraan Kang (nosin noka). Dr situ ketauan tanggal produksinya. Tapi yang tau ya hanya pabrikan.

  5. Are wege says:

    RECALLL again… yimm

  6. Yanto says:

    Bagaimana Yamaha Indonesia? Kalau Yamaha Jepang sangat fair ya.. enak sekali disana, orang2nya jujur, berdedikasi dan punya prinsip kebaikan

  7. Pingback: Recall Pada R25 Dan MT25 Akan Dilaksanakan Mulai 12 Juli 2016 - macantua.commacantua.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *