Electric Scooter Gesits Menurut AISI…


image

Macantua.com – Kehadiran scooter electric bertajuk Gesits buatan Garasindo bersama ITS memang menggemparkan dunia maya beberapa waktu belakangan kni. Ga hanya para pecinta otomotif roda dua, AISI sebagai wadah produsen roda dua Indonesia pun angkat bicara. Apa kata AISI mengenai diperkenalkannya Gesits?

“Tugas yang harus dilakukan keduanya masih sangat panjang dan berat. Paling utama adalah bagaimana mengedukasi masyarakat serta menyiapkan layanan purna jual dan infrastruktur”, kata Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata kepada Kompas.

“Kalau lihat industrinya baru dapat berjalan 2018-2019. Kalau infrastrukturnya belum ada, konsumen mau beli tidak? Sama seperti mobil hibrid. Kalau kesiapan infrastrukturnya belum ada akhirnya konsumen juga berpikir ulang kan”, ujar Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala.

Dari ungkapan perwakilan AISI di atas jelas   bahwa harus ada persiapan matang sebelum melepas skuter listrik Gesits yang meliputi hal regulasi, infrastruktur penunjang, dampak terhadap lingkungan sekitar dan keselamatan pengguna. Menurut ane ucapan itu memang  benar adanya, bagaimana bisa memuaskan konsumen? Ya faktor faktor yang bersinggungan langsung dengan konsumen harus dipersiapkan terlebih dulu. Yah kita bisa melihat beberapa kasus pabrikan motor yang harus meninggalkan konsumen setianya karena belum siap dengan layanan aftersalesnya. Atau pabrikan tua yang selama ini terkenal yang kini untuk menjual unit sekennya pun sulit diterima oleh masyarakat, bahkan oleh dealer motor bekas sekalipun.

image

Lalu apa kata Garansindo sebagai pemilik saham terbesar Gesits?

“Mengingat AISI adalah asosiasi yang seharusnya berperan tidak hanya untuk kepentingan bisnis para anggotanya, seharusnya juga bisa memberikan aspek positif secara luas kepada masyarakat dan bangsa Indonesia”, ujar CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah yang menyayangkan komentar negatif soal lahirnya Gesits, dikutip dari Dapurpacu.

“Dari segi akedemisi, gerakan kita yang kecil ini sampai terdengar AISI yang isinya pabrikan top di Indonesia, tentu merupakan apresiasi. Cuma bahasanya kurang pas kalau kita lihat. AISI seharunsya berterima kasih kepada kita, karena kita jadi pionir. Nanti kalau waktunya sudah tepat. Anggota AISI juga bisa siap, bersama-sama kita bisa mengembangkan kendaraan listrik bersama, sehingga bisa cepat tumbuh”, katanya.

Nah, kalau ane sih engga memandang ucapan perwakilan AISI sebagai sebuah ungkapan sinis, melainkan sebuah peringatan dimana pabrikan memang ga hanya dituntut bisa membuat produk yang baik, bagus dan berkualitas. Tapi pabrikan juga wajib memperhatikan aspek “kepuasan konsumen” setelah nanti produknya ada dan beredar di pasaran. Jadikan ucapan Perwakilan AISI ini sebagai penyemangat untuk mempersiapkan jaringan layanan after sales sebelum 2018 nanti dimana Gesits mulai dipasarkan. Ane yakin kok, kalau Gesits berhasil tidak menutup kemungkinan pabrikan anggota AISI pun bakal melirik segment ini. Ayo semangat! Ganbatte!

Sumber : Kompas dan Dapurpacu

Advertisements
This entry was posted in berbagi, matic, motor, opini pribadi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Electric Scooter Gesits Menurut AISI…

  1. supra 2002 ku awet rajet says:

    Garasindo jualannya agak nyeleneh. Tapi baguslah mau invest di produk lokal.

  2. Vario Pekgo says:

    Power banknya yg dibawa sebesar apa…?

  3. dsd23dxd says:

    Modelnya New Vario banget dengan sedikit bumbu new soul GT. Semoga Sukses…minat juga nih dipikir-pikir buat komuter dalam kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *