Yamaha YZF R25 dan R15 Facelift?


image

Macantua.com – Issue kehadiran All New CBR 250RR yang katanya sebentar lagi memang mengusik pabrikan kompetitor Honda, sebut saja Kawasaki dan Yamaha yang sudah lebih dulu bermain di kelas 250cc twin cylinder di Indonesia. Ane dapat selentingan katanya Yamaha YZF R25 dan YZF R15 akan difacelift demi melawan CBR250RR dan CBR150R yang kemarin sudah diperkenalkan lebih dulu. Kira kira apa saja harapaj perubahannya?

image

Yah sebagai konsumen tentu saja banyak sekali keinginan akan motor baru dari Yamaha tersebut. Pertama untuk keduanya “LED headlamp is a must!” Yup jika dikomparasi dengan All New CBR150R, Yamaha YZF R15 dan R25 wajib menerapkan type lampu LED. Selain lebih terang, lampu jenis ini memang irit dalam penggunaan daya. Yah ini bisa jadi salah satu pengobat penyakit tekornya Accu di motor motor Yamaha selama ini kan. Selain itu tampilan akan lebih meruncing dan tipis bila dibandingkan dengan yang menggunakan bulb alias bohlam tentu saja.

image

Yang kedua dari sisi desain. Kalau YZF R25 mungkin ga perlu banyak dicolek, desain current pun sudah ganteng maksimal sampai ada yang kloning saking gantengnya. Tapi untuk YZF R15 memang harus direfresh sedikit di area headlamp. Bentuk headlamp yang terlalu besar melolot ini berefekpada lebarnya “muka” sang motor yang berimbas jadi bahan ledekan. Nah dengan penerapan poin pertama di atas hal ini pasti bisa diatasi. Yang kedua adalah ukuran tangki yang terlihat imut, sepertinya R15 mesti seperti R25 menggunakan kondom tangki biar terlihat gagah maksimal.

image

Masuk ke performa, untuk YZF R25 performa memang sudah mumpuni, mungkin hanya sedikit colek pun sang motor sudah bisa naik beberapa HP dan siap diadu. Mesin dohc 2silinder dengan sistem tanpa rocker arm membuat transfer energi langsung tepat pada sasaran . Begitu juga dengan R15 degan mesin LC4V andalannya, tapi mengingat umur LC4V yang dipakai R15 sudah terbilang jadul meski ada perbaikan di sisi engine demi memperbaiki performa. Pilihan pertama adalah penyematan VVA alias variabel valve actuation seperti yang digunakan pada Nmax 155. Dimana posisi pelatuk akan berubah seiring putaran mesin. Yah mirip mirip vtec di mesin mobil Honda. Ataauuu….. ikuti Honda menggunakan mesin DOHC. Itu pun kalau gamau dibilang ketinggalan dan tentu saja dengan syarat power harus jauh di atas CBR150R!

Sistem kendali, dan masuk sistem kendali pasti akan terkait juga dengan bantingan suspensi. Untuk saat ini YZF R15 sudah jauh lebih unggul dibanding sang kakak dengan menggunakan swing arm alumunium. Sedangkan sang kakak hanya menggunakan swing arm biasa tanpa link. Upgrade kaki kaki ini wajib buat YZF R25 agar tampilan dan handling semakin mantap! Dan untuk keduanya agar bisa memberikan sesuatu yang beda dengan kompetitor utamanya : Honda adalah suspensi up side down pada bagian depan.

Last, harga memang menjadi kunci segalanya. Batasannya adalah “jangan lebih mahal dari Honda”. Mumet kan dengan segala keunggulan dari kompetitornya tapi mesti menempatkan harga yang bersaing. Tapi ane yakin ini bisa dilakukan Yamaha karena semua produknya sudah dikerjakan di dalam negeri. Bagaimana menurutmu sob? Ada tambahan harapan untuk YZF R25 dan R15 facelift? Ciao….

Advertisements
This entry was posted in motor, motor baru yamaha, yamaha and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Yamaha YZF R25 dan R15 Facelift?

  1. Pengamat Otomotif says:

    R15 keliatan Culun binggo ..???
    keren R125.

    CBR lumayan

  2. ardiantoyugo says:

    projie ples led drl kayak kloningan cakep tuh…

    Fitur paling asik matic Honda: http://wp.me/p1eQhG-1Hq

  3. ardiantoyugo says:

    ini pindahan to…??

  4. barrabaa says:

    Iya nih, R15 harus banyak revisi, maklum pasarnya gemuk… Dan untuk mengalahkan Honda,, memang Yamaha harus ngasih fitur lebih dengan harga lebih terjangkau…

    ————-
    https://travelmotoblog.com/2016/04/28/kekurangan-satria-fufi-2-gak-enak-dibawa-santai-nyundul-nyundul/

  5. KurniawanRR says:

    Buat R15..
    Buntutnya di bikin kayak R6 aja.. lebih seksiii.. walaupun yang current secara lampu memang mirip.. tapi lebih seksi R6..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *