Mitsubishi Terkena Skandal Uji Konsumsi BBM


image

Macantua.com – Kabar tidak baik terdengar dari pabrikan asal Jepang Mitsubishi. Mitsubishi diduga melakukan kecurangan untuk test efesiensi bahan bakar. Pemalsuan data hasil tes efisiensi pada 600 ribu mobilnya yang membuat para pejabat kementerian transportasi Jepang melakukan penggerebekan kantor Mitsubishi Motors pada Kamis 21 April 2016.

“Ini telah kritis karena rusak kepercayaan konsumen dan tidak akan ditoleransi,” kata juru bicara pemerintah Yoshihide Suga, seperti dilansir BBC. “Ini adalah masalah yang sangat serius. Kami sudah memerintahkan perusahaan untuk menyerahkan laporan lengkap.”

Pemerintah Jepang telah menetapkan 27 April sebagai batas waktu bagi Mitsubishi Motors untuk menyerahkan laporan pengujian yang tak akurat tersebut.

Kami ingin mengungkapkan sejauh mana ketidakakuratan sesegera mungkin. Kami akan menghadapi situasi dengan cara yang ketat dan ingin memastikan keselamatan mobil,

Mitsubishi diketahui curang dengan melakukan manipulasi data efisiensi bahan bakar pada empat produk mobilnya yang diproduksi untuk Nissan yakni eK Wagon, eK Space, Dayz, dan Dayz Roox . Mitsubishi Motors disebutkan menyalahgunakan prosedur pengujian, di mana produsen mobil itu mengakali mobil yang diuji sedemikian rupa agar kinerja efisiensi bahan bakarnya terlihat lebih baik.

President & Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation Tetsuro Aikawa sudah angkat bicara. Dia mengaku menyesal atas apa yang terjadi saat ini. Dia mengakui jika kasus tersebut merupakan kesalahan yang disengaja.

“Kesalahan itu memang disengaja. Hal ini jelas pemalsuan, dilakukan untuk membuat jarak tempuh terlihat lebih baik. Tapi mengapa mereka melakukan penipuan hal ini masih belum jelas,” kata Tetsuro Aikawa seperti dilansir Reuters.

Karena peristiwa ini, Mitsubishi  menyampaikan permohonan maaf kepada konsumen dan seluruh pihak terkait. Nampak Aikawa bersama sejumlah pejabat Mitsubishi Motors lainnya membungkuk dan menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat di depan para jurnalis saat menggelar jumpa pers, Rabu, 20 April 2106. Semoga segera terselesaikan ya… karena ini terkait dengan nama besar Mitsubishi di dunia otomotif tentunya.

Sumber : vivanews

Advertisements
This entry was posted in mobil and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to Mitsubishi Terkena Skandal Uji Konsumsi BBM

  1. I like FBY says:

    Jooosss….

  2. NuKasev says:

    Wah LCGC Jepang aja dimanipulasi, di Indonesia?

  3. handoyo25 says:

    1. “..kementerian transportasi Jepang melakukan penggerebekan kantor Mitsubishi Motors..”
    Hal tsb dipicu oleh apa ya? Apakah ada pihak yg mengadukan? Atau investigasi lain sebelumnya? Pihak mana yg pertama kali menemukan “kecurangan” ini?

    2. “…. pada empat produk mobilnya yang diproduksi untuk Nissan yakni eK Wagon, eK Space, Dayz, dan Dayz Roox….”
    Jadi Nissan punya 4 produk yg dibuat di pabrik Mitsubishi? Outsourcing produk?
    Mosok sekelas Nisan melakukan praktek spt ini?

  4. joni_hack says:

    kalo di indonesia mah aman2 aja.. asal udah lolos uji KOMISI!!!! ngahngah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *