Mencoba Sulitnya Test Safety Riding Bareng Daya Adicipta Motora


image

Macantua.com – Sabtu kemarin ane dapat kesempatan yang jarang sekali bisa ane dapatkan dimana pun. Yup mencoba merasakan menjadi salah satu peserta yang mencoba rintangan dalam safety riding competition Honda Jabar yang diadakan oleh PT. Daya Adicipta Motora di Lottemart Bandung Sabtu 10 April 2016 lalu. Seru sumpah seru dan bikin gregetan hahahaha…

image

Yah meski ane ga sejago para kontestan apalagi para pemenang di ajang Honda Safety Riding Competition Jawa Barat itu, tapi setidaknya ane bisa dapat pelajaran yang besar. Dimana testnya setelah ane mencobanya sulit banget Sob! Ga segampang saat nonton dipinggir lapangan. Kita harus bisa menghapalkan track yang akan dilewati dalam sesi slalom, serta menjaga keseimbangan di papan keseimbangan yang dinamakan narrow plank selama 20 detik!.

image

Di sesi slalom kita harus menghapalkan track dan mengikuti arah track dengan memperhatikan arah cone yang terjatuh sebagai patokan dimana dan ke arah mana kita harus berbelok. Dan di setiap memulai sesi harus menoleh ke kanan, maksudnya agar terbiasa menoleh ke belakang kanan untuk memastikan kendaraan dari arah belakang (karena kita menganut RIght Hand Drive a.k.a RHD).

image

Contoh yang benernya saat melakukan pengereman akhir

Oia di setiap sesi hanya dianjurkan untuk menggunakan rem belakang! Dan rem depan hanya digunakan saat posisi berhenti di akhir sesi. Cara memegang rem dan tuas kopling pun wajib menggunakan keempat jari. Waduh sedikit kerepotan nih ane karena terbiasa menggunakan 2 jari serta lebih sering menggunakan rem depan hahahahaha… Sekali gagal tapi beberapa kali mencoba selanjutnya mulai terbiasa juga…

Yah sekedar pembelajaran ane sempat merekam beberapa aksi di narrow plank alias papan keseimbangan nih. Ada 2 contoh, yang pertama adalah contoh yang salah. Dimana posisi badan berubah dan tidak seiring dengan posisi motor. Posisi kaki pun terbuka sehingga menyebabkan motor sulit dikendalikan.

Coba kita lihat nih video contoh cara melewati narrow plank yang salah :

Nah kita bandingkan dengan cara yang benar sob, dimana posisi badan tetap sejajar dengan motor dan menggunakan rem belakang dengan smooth, kaki pun tetap menempel pada tangki motor. ane akui ini susah banget dah…. :

Nah bandingkan deh dengan ane yang baru pertama kali mencoba, not bad lah ya… (menghibur diri sendiri) hahahahha

Last, namanya juga pengalaman pertama wajar lah ya kalau masih oon oon dikit hahaha…. Sumpah bikin gregetan, mau cobain? Silakan deh pasti gregetan…Ciao….

     
    
   
 

Advertisements
This entry was posted in ahm, dam, honda, On The Spot, opini pribadi, prosedur, prosedure, safety and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

29 Responses to Mencoba Sulitnya Test Safety Riding Bareng Daya Adicipta Motora

  1. RichardGN says:

    Brrti buat safety riding, ngerem harus pake belakang ?

  2. bescorpio says:

    Honda CB nya kenapa tidak pakai spion? padahal ini kompetisi safety riding lho, catatan buat Panitia nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *