Saklar Kawasaki Z250 SL Anti AHO? Nih Versi Murah Meriahnya xixixixi


image

Namanya L (baca : EL)

Macantua.com – Kawasaki Z250 SL memang dilahirkan dengan sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah Indonesia dimana semua motor produksi baru sudah Auto Headlamp / Headlight On alias AHO. Ane sempat pusing juga sih gimana caranya agar si L (Kawasaki Z250 SL milik ane) bisa On lampunya saat dibutuhkan saja. Akhirnya setelah konsultasi ringan dengan bengkel langganan ane mendapat ilham untuk memusnakan AHO pada diri si L. Tentu saja dengan biaya semurah murahnya dan ga banyak merusak barang aselinya. Mau tau gimana? Yuk kita bahas yuk…

image

Saklar lampu Sign sebagai saklar utamanya

Bermodalkan sebuah saklar lampu sign supra ane mulai berkreasi. Lho kok saklar supra? Yup ane pilih saklar supra karena luas penampangnya. Hal ini ane lakukan agar saklar aseli tidak harus ane bolongi. Cukup dengan menempelkan saklar tambahan di bawah saklar aselinya. Makanya ane memilih saklar supra hehehehe… oia saklar supra ini sekalian sama kabel soketnya ya… jangan lupa… harganya ga lebih dari 20rb perak kok…

Pertama tama siapkan dulu peralatannya :

  1. Obeng
  2. Tang potong atau gunting
  3. Solder plus timahnya
  4. Isolasi
  5. Double Tape tebal
  6. Rokok sama es Kuwut Bali buat yang ngerjainnya hehehehe
image

Buka dengan obeng plus saja sob....

Yuk kita mulai! Tahap pertama buka saklar utama sebelah kiri. Hal ini ane lakukan untuk mengetahui jalur kabel masa dan arus untuk masing masing lampu jauh dan dekat. Nah yang ane ambil di sini adalah ground di saklar hi beam dan low beam. Mungkin banyak yang menyarankan untuk by pass langsung di socket lampu. Tapi hal ini tidak ane lakukan karena Kawasaki z250 SL dibekali dengan pass beam. Kalau di by pass langsung takutnya saat lampu off pass beam pun tak berfungsi.

image

Potong kabel masa di saklar hi beam low beam

Tahap kedua, copot socket saklar utama. Posisinya ada di bawah tangki di balik radiator. Setelah dicopot kita bawa saklar ke dekat sumber listrik dimana solder sudah dipanaskan sebelumnya.

Tahap ketiga potong kabel biru muda garis kuning. Dimana kabel biru muda garis kuning ini adalah masa. Untuk saklar Supra silakan sibuat menjadi 2 jalur. 2 kabel digabungkan saja atau malah jangan difungsikan (kalau ane kabel hitam dibiarkan sendiri dan kabel oranye dan biru disatukan,kalau ingin dibuat saklar kanan kiri berfungsi kabel hitam dan oranye disatukan ya sob). Sambungkan kabel hitam dari saklar supra dan kabel lainnya menyambung dengan kabel biru dari saklar utama (kabel biru garis kuning).

image

Solder dan tutup dengan isolasi.

Nah selanjutnya silakan tutup sambungan dengan isolasi yang sudah kita siapkan sebelumnya. Rapikan dan buat jalurnya agar sesuai posisi mengingat panjang kabelnya hanya sekitar 10cm. Jangan lupa untuk ditest terlebih dahulu sob… kemudian gunakan double tape untuk merekatkan saklar tambahan tepat di bawah panel saklar utama.

image

Hasilnya bisa kita lihat saat sign ditekan ke kiri lampu akan menyala dan dengan menekan saklar lampu akan mati. So bisa awet accu dan awet bohlam. Minimal saat memanaskan motor lampu ga ikut menyala hehehehe….

image

Sudah bebas AHO....

Mau liat hasilnya dalam video silakan liat di link video berikut ya sob….

Semoga bermanfaat… Ciao…

Advertisements
This entry was posted in berbagi, hobby, iseng, Kawasaki, lights, motor and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

44 Responses to Saklar Kawasaki Z250 SL Anti AHO? Nih Versi Murah Meriahnya xixixixi

  1. benmotor says:

    pake broco ue meh tambah murah

  2. alief says:

    Boleh tuh…! Hiji ge maung na kamana mang..

  3. alief says:

    Ohh. Ngono tohhh

  4. skidrow2nd says:

    Wuah es kuwutnya muantep tuh

    Btw kalo ditekan ke kanan ngga ada efeknya?

  5. din says:

    Asiiikk motornya sama om macantua pake z250sl juga bisa curhat donk om seputar z250sl,,,,,soalnya disini bs komen bebas gk kyk blog enoanderson menyebalkan moderasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *